Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Hubungan Kakak-Adik Kim Jong Un dan Kim Yo Jong

Hubungan mereka dibilang sangat dekat

Andhina Effendi

Nama Kim Yo Jong kini mencuat sejak pemberitaan simpang-siur mengenai kesehatan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Sebelumnya, Kim Jong Un dikabarkan sedang dalam keadaan kritis setelah menjalani operasi.

Pemberitaan tersebut diperkuat dengan absennya Kim Jong Un di sejumlah acara penting Korea Utara baru-baru ini. Kim Jong Un tidak hadir di peringatan ulang tahun kakeknya, Kim Il Sung, pria yang mendirikan rezim komunis di Korea Utara pada 15 April lalu. Padahal Kim Jong Un tidak pernah melewatkan hari perayaan tersebut sejak dia berada di tampuk kepemimpinan pada 2011 lalu.

Sejak kabar mengenai kesehatan Kim Jong Un tersebut, nama Kim Yo Jong pun mencuat ke permukaan dan disebut-sebut bakal menjadi penerus Kim Jong Un. Tapi sebenarnya bagaimana hubungan kakak-adik di antara mereka?

1. Kim Jong Un dan Kim Yo Jong memiliki ibu yang sama

Asianews.com

Kabarnya, ayah Kim Jong Un, Kim Jung Il, memiliki tujuh anak dari empat perempuan berbeda. Kim Jong Un merupakan anak dari Kim Jung Il bersama Ko Yong Hui, seorang penari yang lahir di Jepang. Kim Jong Un dan Kim Yo Jong berasal dari ibu yang sama. Di antara keluarga mereka, Jong Un dan Yo Jong kabarnya memiliki hubungan yang paling dekat.

2. Sama-sama sekolah di Swiss

Dailymail.co.uk/AFP

Kim Yo Jong yang kabarnya berusia 4 tahun lebih muda dari Kim Jong Un, sama-sama mengenyam pendidikan di Swiss antara tahun 1996 hingga 2000. Sama-sama merasakan di perantauan menyebabkan hubungan keduanya sangat akrab.

Selanjutnya, Yo Jong menjalani pendidikan lebih lanjut di Universitas Militer Kim Il Sung dan mempelajari pendidikan Ilmu Komputer di Universitas Kim Il Sung.

3. Sosok Kim Yo Jong dianggap misterius

Newsfeeds.media.com

Jarang terlihat di publik, sosok Kim yo Jong dianggap misterius. Yo Jong akhirnya muncul dalam publikasi ketika dia tampil di konferensi partai pada 2010. Sejak itu, dia selalu aktif dalam dunia perpolitikan.

Yo Jong juga diketahui telah menikah dengan Choe Song, putra dari pejabat militer terkemuka di Korea Utara, Choe Ryong Hae. Mereka juga kabarnya memiliki satu anak yang lahir pada bulan Mei 2015.

4. Turut membantu mengatur suksesi sang kakak sebagai Pemimpin Tertinggi

Aljazeera.com

Perannya di pemerintahan juga cukup besar. Kim Yo Jong diketahui ikut membantu mengatur pengangkatan kakaknya, Kim Jong Un, untuk menjadi Pemimpin Tertinggi di Korea Utara setelah ayah mereka meninggal dunia. 

Jabatannya yang pertama adalah pejabat senior di partai, namun pada 2014 Yo Jong diangkat menjadi Wakil Direktur Pertama dari Departemen Propaganda dan Agitasi Partai Pekerja. Dengan begitu, Yo Jong punya peran penting dalam publikasi sekaligus penyensoran dalam media di Korea Utara.

Pada 2017, dia diangkat menjadi anggota politbiro, komite partai paling senior, yang memberinya kekuasaan lebih besar, termasuk soal keamanan negara.

5. Memiliki peran penting dalam kepemimpinan Kim Jong Un

Thesun.co.uk

Posisi Kim Yo Jong yang dekat dengan kakaknya, membuat dia dikenal sebagai orang kepercayaan Kim Jong Un. Dia pun kerap menemani sang kakak dalam sejumlah pertemuan tingkat internasional.

Pada 2018, misalnya, dia mewakili kakaknya dan Korea Utara saat menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan. Yo Jong juga ikut mendampingi sang kakak saat melakukan pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump di tahun yang sama.

Walaupun nama Kim Yo Jong disebut-sebut sebagai penerus seandainya Kim Jong Un meninggal dunia, tetap saja hal itu belum tentu, mengingat di Korea Utara sendiri memiliki budaya patriarki yang kuat. Selama ini sosok laki-laki lebih dianggap lebih pantas untuk memimpin, sedangkan perempuan hanya menjadi pendamping.

IDN Media Channels

Latest from Single