Nama pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, tentu sudah tidak asing lagi. Tapi bagaimana dengan sang istri, Ri Sol-ju, yang kehidupannya penuh misteri dan kerap tidak muncul di publik.

Beberapa kali, istri cantik sang pemimpin Korea Utara itu muncul mendampingi suaminya. Namun mengenai kehidupannya sebelum menjadi istri Kim Jong Un, jarang bahkan hampir tak pernah dibicarakan.

1. Dikabarkan menikah pada tahun 2009

7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong UnTheirishtimes.com

Tidak ada yang tahu pasti kapan Kim Jong Un dan Ri Sol-ju menikah, namun kabarnya mereka menikah pada 2009 dan Ri melahirkan anak pertama pada 2010. Menurut berita yang dilansir The Korea Times, ayah Kim Jong Un, Kim Jong-il, buru-buru mengatur pernikahan anaknya setelah dia terkena serangan stroke pada 2008.

Meski menikah pada 2009, Ri Sol-ju pertama kali diidentifikasi sebagai istri dari Kim Jong Un pada Juli 2012, ketika media Korea Utara mengumumkannya secara resmi.

2. Kehidupan Ri Sol-ju sebelum menikah juga tersembunyi

7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong UnDailymail.co.uk/AFP

Tak banyak yang tahu soal kehidupan Ri Sol-ju sebelum menikah dengan Kim Jong Un. Namun menurut laporan intelijen Korea Utara, Ri pernah sekolah menyanyi di China, berpartisipasi dalam orkestra Korea Utara, dan pernah berkunjung ke Korea Selatan pada 2005 sebagai salah satu anggota cheerleader dari Korea Utara.

Selain itu, laporan itu juga menyebut kalau Ri lahir dari sebuah keluarga elite. Ayahnya adalah seorang profesor dan ibunya adalah seorang dokter. Selain itu, tidak ada data lainnya yang menyebut secara detail mengenai keluarganya.

3. Usia pastinya tidak diketahui

7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong UnBussinessinsider.com/Reuters

Tidak ada yang tahu pasti mengenai usia Ri Sol-ju. Bahkan di laman Wikipedia, usia Ri Sol-ju adalah kisaran antara 30-35 tahun, kira-kira lahir pada tahun 1985-1989. Sehingga diperkirakan dia menikah dengan Kim Jong Un, ketika dia berusia 20-24 tahun.

4. Punya selera fashion mewah

7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong UnDailymail.co.uk

Saat tampil di depan umum, Ri kerap menjadi perbincangan terutama dalam pilihannya berpakaian dan memakai aksesori mewah. Ri sempat terlihat menenteng tas merek mahal, seperti Chanel dan Dior.

Kebiasaannya memakai barang mewah ini tentu saja langsung mendapat kritikan dari dunia internasional, yang menyebut masih banyak rakyat Korea Utara yang hidup miskin dan kelaparan.

5. Selalu tampil memesona di hadapan publik

7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong UnArubatoday.com

Setiap kali tampil di hadapan publik, Ri selalu tampil stylish. Saat berkunjung ke China pada 2018, misalnya, sejumlah rakyat China melalui media sosial Weibo memuji penampilan sang Ibu Negara. Ri digambarkan sebagai wanita yang “anggun dan cantik”.

Media setempat juga membahas soal penampilan Ri yang kerap berganti-ganti busana. Bahkan selama dua hari berada di China, dia sampai tiga kali berganti busana.

6. Tiba-tiba menghilang dari publik dalam jangka waktu cukup lama

7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong UnMirror.co.uk

Ri memang sesekali terlihat mendampingi suaminya dalam banyak acara, seperti kunjungan keluar negeri atau saat Kim Jong Un melakukan uji coba misil. Namun Ri sempat menghilang dari sorotan publik dalam jangka waktu yang lama, yaitu pada 2015, 2016, dan 2017.

Pada 2017, Ri tidak muncul di depan publik selama beberapa bulan, sehingga banyak yang berspekulasi soal kesehatannya. Di bulan Agustus tahun tersebut, intelijen Korea Selatan melaporkan bahwa dia tidak muncul di depan umum karena sedang hamil dan kabarnya melahirkan seorang anak perempuan.

7. Punya tiga anak tapi tidak pernah diperlihatkan

7 Fakta Misteriusnya Ri Sol-ju, Istri Pemimpin Korea Utara Kim Jong UnCheatsheet.com

Kabarnya juga, Ri Sol-ju dan Kim Jong Un memiliki tiga anak. Informasi yang detail mengenai anak-anak mereka justru datang dari pemain basket NBA Dennis Rodman yang pernah datang ke Korea Utara. Dennis memiliki persahabatan yang cukup kontroversial dengan Kim. Menurut Dennis, dia pernah bertemu dengan anak kedua Ri dan Kim pada 2013, seorang bayi perempuan bernama Ju Ae.

Saya sempat menggendong Ju-ae dan bicara dengan nona Ri. Kim seorang ayah yang baik dan memiliki keluarga yang harmonis,”kata Dennis kepada The Guardian. Meski begitu, detail tersebut tidak pernah dikonfirmasi oleh Kim dan Ri.

Sebuah laporan menyebut Ri ditekan untuk memiliki anak laki-laki untuk melanjutkan kepemimpinan Kim Jong Un. Meski begitu laporan lainnya menyebut anak pertamanya yang lahir pada 2010 adalah laki-laki, sementara anak keduanya yang lahir pada 2013 adalah perempuan, dan anak bungsunya, lahir 2017, juga berjenis kelamin perempuan.

Baca Juga: Perbandingan Gaya Makeup Perempuan Korea Utara vs Korea Selatan