Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Artis yang Menikah dengan Adat Betawi, Bikin Kagum!

Siapa pasangan favoritmu?

Windari Subangkit

Meski pernikahan dengan konsep internasional kini semakin diminati calon pengantin. Namun, bukan berarti menikah dengan mengusung adat tradisional sudah ditinggalkan begitu saja, lho. Sebagian artis masih memegang teguh budaya asalnya dan memilih konsep tradisional untuk hari pernikahannya. 

Seperti lima pasangan artis berikut ini. Memiliki darah keturunan Betawi, mereka pun memutuskan menggelar pernikahan dengan adat Betawi. Siapa sajakah itu?  

1. Angga Putra dan Hafna Alliya

Instagram.com/anggaptrh

Bagi kamu pecinta sinetron Anak Langit pasti nggak asing dengan sosok Angga Putra yang berperan sebagai Jay. Laki-laki berlesung pipit ini resmi menikahi kekasihnya bernama Hafna Alliya Gusman pada 29 Oktober 2019. Di hari pernikahannya, mereka mengusung konsep adat Betawi yang sangat kental. Sebelum masuk ke rumah Hafna dan mengucap ijab kabul, Angga pun harus melalui prosesi pernikahan khas Betawi, yaitu tradisi palang pintu. Di situ, Angga harus bisa melewati palang pintu yang dijaga oleh jawara Betawi. Seru, ya! 

2. Intan Nuraini dan Donny Azwan

Dok. internet

Pernikahan Intan Nuraini dan Donny Azwan Putra yang digelar pada 30 Oktober 2011 terbilang unik. Pasalnya, mereka menggabungkan dua budaya di pernikahannya, yakni Padang dan Betawi. Di akad nikah, mereka memakai iring-iringan dengan gendang tabuik, sementara untuk resepsi mereka memakai tanjidor khas Betawi. Selain itu, Donny juga membawa roti buaya sebagai lambang saat akan mempersunting pujaan hatinya. 

3. Chua ‘Kotak’ dan Firmansyah

Instagram.com/chuakotak

Bassist grup band Kotak, Chua, resmi melepas lajang dengan Firmansyah Mahidin Putra pada 7 September 2014. Seminggu setelah akad nikah, keduanya menggelar resepsi pernikahan di Jakarta dengan mengusung adat Betawi yang kental. Hal ini dipilih lantaran Firman berasal dari keluarga Betawi. Selain busananya, mereka juga menjalani semua prosesi pernikahan adat Betawi. Mulai dari palang pintu, silat, hingga lantunan alat musik tradisional. 

4. Tistha Nurma dan Afif Kalla

Instagram.com/ini_niel, venemapictures

Sehari setelah melangsungkan akad nikah dan resepsi pertama, Tistha Nurma dan Afif Kalla menggelar acara resepsi kedua pada 10 Desember 2012. Di acara tersebut, mereka menggunakan adat Betawi, lengkap dengan oplet dan kereta kencana yang dibawa ke dalam ruangan resepsi. Tistha mengenakan busana pengantin berwarna hijau tua dengan hiasan warna emas. Tak lupa, pemain film Romansa: Gending Cinta di Tanah Turki ini juga memakai hiasan kepala siangko Betawi. 

5. Chef Aiko dan Saugi Balfas

Instagram.com/aiko_sarwosri

Chef Aiko menambah deretan artis yang menikah dengan adat Betawi. Celebrity chef ini resmi menjadi istri Saugi Balfas pada 7 April 2018. Sebelum melangsungkan akad nikah, rombongan keluarga Saugi harus melalui tradisi palang pintu yang berisi adu pantun hingga adu silat khas Betawi. Di hari pernikahannya, Chef Aiko mengenakan kebaya putih lengkap dengan veil berwarna senada. Sedangkan, Saugi memakai busana panjang berwarna putih a la pengantin Betawi. 

Nah, itu dia 5 artis yang mengusung adat Betawi di momen pernikahannya. Kalau kamu sendiri ingin menikah dengan adat apa nih, Bela? 

6. Assyifa Nuraini dan Nanda Fachrizal

Instagram.com/aliencophoto

Adik Ayu Ting Ting, Assyifa Nuraini, resmi menikah dengan Nanda Fachrizal pada 20 Februari 2022. Pernikahan mereka digelar dengan mengusung adat Betawi modern. Acara sakral itu diawali dengan tradisi palang pintu, sebagai tanda menyambut kedatangan pengantin laki-laki. Pelaminan mereka juga didekorasi dengan unsur budaya Betawi dengan menampilkan backdrop bermotif rumah adat Betawi.

7. Bintang Emon dan Alca Octaviani

Instagram.com/bintangemon, imagenic

Komika, Bintang Emon, resmi melepas masa lajangnya dengan mempersunting sang kekasih, Alca Octaviani. Pernikahan mereka dilangsungkan pada 27 Juli 2022 dengan mengusung adat Betawi yang kental. Alca memilih siger Betawi dengan hiasan mirip tirai yang menjuntai menutupi wajah. Sebelum ijab kabul, Bintang lebih dulu melakukan tradisi pernikahan Betawi, yaitu palang pintu.

IDN Media Channels

Latest from Married