Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Berdarah Tionghoa, 9 Artis Ini Lakukan Prosesi Sangjit Sebelum Menikah

Tetap melestarikan tradisi nenek moyang

Windari Subangkit

Pernikahan adalah suatu momen sakral dan istimewa. Biasanya, ada beberapa ritual yang dilakukan oleh kedua calon pengantin sebelum menginjak hari H pernikahan. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak kebudayaan sehingga memiliki prosesi sebelum menikah yang cukup beragam. Salah satunya ialah tradisi dalam kebudayaan Tionghoa. 

Dalam masyarakat Tionghoa, terdapat prosesi sebelum pernikahan yang dikenal dengan istilah Sangjit. Nah, Sangjit merupakan prosesi lanjutan setelah lamaran di mana calon mempelai laki-laki mengantarkan seserahan pada pihak perempuan. Rupanya, beberapa artis Indonesia juga ada yang melakukan prosesi Sangjit sebelum menikah, lho! Siapa saja, ya?

1. Tina Toon dan Daniel

instagram.com/tinatoon101

Mantan artis cilik, Tina Toon, sukses bikin heboh setelah membagikan momen saat dirinya menggelar prosesi Sangjit dengan sang kekasih, Daniel. Pasalnya, selama ini Tina selalu menutupi kisah cintanya dari publik, tapi mendadak mengabarkan bahwa dirinya sudah naik pelaminan. Sebelum menikah pada Juni 2023 lalu, Tina yang berdarah Tionghoa melakukan prosesi Sangjit dengan busana dan aksesori serba merah. Acara tersebut dilangsungkan secara tertutup dengan dihadiri keluarga terdekat.

2. Yuanita Christiani dan Indra Wiguna

Instagram.com/yuanitachrist, aspictura_

Yuanita Christiani melangsungkan prosesi Sangjit bersama sang kekasih, Indra Wiguna, pada 9 Februari 2019. Acara lamaran dalam adat Tionghoa ini digelar cukup meriah dan dihadiri oleh keluarga serta sahabat dekatnya. Dalam balutan cheongsam berwarna emas, Yuanita terlihat anggun layaknya seorang puteri kerajaan. Pembawa acara Take Me Out ini akhirnya resmi dipersunting Indra pada 7 Maret 2019.

3. Edric Tjandra dan Venny Chandra

Instagram.com/edrictjandra

Memiliki darah Tionghoa yang kental membuat Edric Tjandra turut melakukan prosesi Sangjit sebelum menikah dengan pujaan hati, Venny Chandra. Keduanya menggelar acara lamaran dalam adat Tionghoa ini pada 12 Januari 2019 di Pakuwon Imperial Ballroom, Surabaya. Pada momen Sangjit ini, Edric tampil gagah dengan balutan cheongsam warna abu-abu, sedangkan Venny tampak menawan dengan mengenakan cheongsam warna pink dan head pieces yang cantik.

4. Marcel Chandrawinata dan Deasy Priscilla

Instagram.com/deasypriscilla

Sebelum menikah pada 24 November 2017 lalu, Marcel Chandrawinata dan sang kekasih, Deasy Priscilla, lebih dulu menjalani Sanjit. Nuansa merah terasa kental menghiasi prosesi sakral yag digelar pada 28 Oktober 2017 tersebut. Dalam acara ini, Marcel terlihat tampan dengan kemeja batik berwarna merah, sementara Deasy tampak cantik dalam balutan gaun merah bermotif bunga sakura. 

5. Dion Wiyoko dan Fiona Anthony

Instagram.com/fionaanthony

Menjelang hari pernikahannya yang digelar pada 1 September 2017 di Bali, Dion Wiyoko dan Fiona Anthony lebih dulu melaksanakan upacara tradisional leluhur mereka berupa Sangjit. Dari foto-foto yang diunggah mereka ke Instagram, baik Dion maupun Fiona terlihat begitu serasi dengan nuansa mewah nan elegan. Kebaya cantik berwarna emas melekat dengan manis di tubuh Fiona, sementara Dio terlihat tampan mengenakan cheongsam berwarna biru tua dalam tradisi Sangjit ini.

6. Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia

Instagram.com/chelseaoliviaa

Artis lain yang menggelar prosesi Sangjit sebelum menikah ialah Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia. Pasangan yang sudah berpacaran selama 8 tahun ini melangsungkan acara lamaran dalam adat Tionghoa pada 28 Juli 2015. Dalam prosesi tersebut, Chelsea tampak memberikan secangkir teh sebagai simbol hormat, cinta, dan kepedulian kepada Glenn. Nggak hanya itu, Glenn pun memberikan sebuah kalung kepada kekasihnya tersebut sebagai tanda pengikat sebelum menikah.

7. Felly Young dan Mario Kacang

Instagram.com/fellyyoung21

Mantan personel girlband Cherrybelle, Felly Young, juga melakukan tradisi Sangjit sebelum resmi menikah dengan Mario Kacang pada 10 Februari 2018 lalu. Dengan nuansa serba merah, kedua pasangan selebriti ini terlihat bahagia dalam prosesi sakral tersebut. Dalam foto yang diunggah Felly ke Instagram, terlihat beberapa seserahan mewah yang diberikan oleh Mario sebagai simbol pengikat.

8. Wendy Walters dan Reza Arap

Instagram.com/ybrap

Memiliki darah Tionghoa, Wendy Walters tak lupa menggelar prosesi Sangjit sebelum menikah dengan Reza Arap. Acara tersebut digelar di salah satu restoran Tiongkok pada 2 Januari 2021. Jika biasanya calon pengantin perempuan mengenakan cheongsam untuk acara Sangjit, beda halnya dengan Wendy. Ia lebih memilih mengenakan gaun modern rancangan Ivy Sie Atelier. 

9. Nita Sofiani dan Vin Rana

Instagram.com/bundanakhayladiva78

Perbedaan budaya sangat kental terlihat dari pasangan Nita Sofiani dan aktor asal India, Vin Rana. Nita yang berdarah Tionghoa memiliki adat khusus saat seorang laki-laki ingin melamarnya, yakni dengan prosesi Sangjit. Miss Earth Indonesia 2013 ini pun terlihat bahagia bersanding dengan Vin Rana saat melangsungkan Sangjit pada November 2015 lalu. 

Siapa lagi artis yang melakukan prosesi Sangjit sebelum menikah? Beri tahu lewat kolom komentar ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married