Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Bergantung ke Suami! Ini yang Perempuan Harus Tahu Soal 'Uang'

Karena kita tidak tahu apa yang terjadi di masa depan

Fera Nur Aini

Semua pasangan yang menikah tentu ingin hidup bersama selamanya, tapi kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Menggantungkan urusan sepenting keuangan hanya pada satu orang akan memberikan risiko yang sangat besar. Ketika terjadi perpisahan atau ketika suami berpulang lebih dulu, perempuan akan menjadi pihak yang paling sulit bertahan jika tak memiliki penghasilan. 

Jadi perempuan memang harus melek keuangan, meski sudah jadi istri, kamu wajib tahu hal-hal ini!

1. Penting punya rekening sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Entah diisi oleh penghasilanmu sendiri atau penghasilan suami, buatlah kesepakatan bahwa kamu harus punya rekening sendiri yang terisi sejumlah uang tertentu. Penggunaan uangnya juga harus disepakati kalau itu merupakan hakmu.

2. Pahami semua harta yang dimiliki

pexels.com / rawpixel

Jangan abai dan nggak mau tahu soal investasi apa saja yang dimiliki. Harta-harta seperti rumah, emas, dan semacamnya kamu wajib tahu. Pelajari juga soal pajak dan dokumen-dokumen hukum seperti surat tanah dan surat berharga lainnya.

3. Buat perjanjian soal aset

qudosbank.com.au

Mana yang ditulis atas namamu, atas nama dia, atau bisa dinegosiasikan berdua. Semua harus disepakati, kalau perlu hitam di atas putih dan disahkan secara hukum seiring bertambahnya aset yang dimiliki. 

4. Ikutlah dalam tugas pembayaran

Pexels.com/Humphrey Muleba

Jangan menyerahkan semua tugas pembayaran pada suami, entah itu kredit rumah, kendaraan, hutang, pajak, atapun lainnya. Ikutlah berpartisipasi agar kamu memiliki pengalaman mengenai hal-hal itu, yang suatu saat nanti mungkin harus kamu urus sendiri.

5. Buat rencana masa depan

unsplash.com / austin distel

Dana pensiun dan asuransi adalah dua hal penting yang harus dimiliki. Pastikan kalian menyiapkannya untuk masing-masing. Jangan sampai hanya salah satu pihak saja yang disiapkan dana pensiunnya.

6. Pertahankan jejaring profesional

https://www.pexels.com/@moose-photos-170195

Bahkan ketika kamu memilih untuk di rumah saja setelah menikah, jejaring profesionalmu tetap harus dijaga. Suatu saat mungkin kamu akan membutuhkannya ketika harus kembali ke dunia kerja. 

Jadi jangan biarkan pengetahuanmu tentang keuangan meredup hanya, karena sekarang kamu mengurus rumah tangga saja! Sebagai perempuan kamu juga wajib tahu, lho.

IDN Media Channels

Latest from Married