Mengetahui pasangan kita mencintai perempuan lain mungkin menyakitkan, tapi kalau tahu suami punya kartu kredit atau rekening lain, sakit nggak? Ini namanya selingkuh finansial Bela, ketika pasangan kita tidak jujur dengan pendapatan atau pengeluarannya.

Parahnya ternyata 2 dari 5 pria, mengaku selingkuh finansial, lho! Dan karena perempuan biasanya fokus pada perselingkuhan romantis, perselingkuhan finansial jadi jarang dicurigai. 

Kamu harus kenal tanda-tandanya, jangan sampai dia bermain uang di belakangmu.

1. Punya banyak barang baru

Jarang Dicurigai, Kebanyakan Suami Ternyata 'Selingkuh Finansial' Lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tiba-tiba dia punya dua sepatu lari, tiga kemeja bernada biru, dan sebuah dompet yang tak pernah kamu lihat sebelumnya. Padahal anggaran untuk kebutuhan pribadinya tidak berubah dan tidak mungkin cukup untuk membeli semua itu? Kemungkinan besar dia membelanjakan sejumlah uang rahasia, yang dia miliki tanpa sepengetahuanmu.

2. Emosi saat bicara 'uang'

Jarang Dicurigai, Kebanyakan Suami Ternyata 'Selingkuh Finansial' Lho!Popbela.com/Ayu Utami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Padahal kamu cuma mengingatkan soal pembayaran listrik, tapi dengan emosi dia meresponsmu. Penjelasannya jadi sangat panjang. Kalau dia sudah bersikap defensif duluan seperti ini, bukan tidak mungkin dia sedang menyembunyikan 'kesalahan' keuangan yang tak pernah kamu duga.

3. Tiba-tiba sering pakai cash

Jarang Dicurigai, Kebanyakan Suami Ternyata 'Selingkuh Finansial' Lho!Pixabay.com/Bruno Glätsch

Tahu kan cash itu paling sulit dideteksi ke mana larinya, sedangkan pembayaran cashless pasti tercatat rapi digunakan untuk apa saja. Kalau dia tiba-tiba lebih bayak bertransaksi secara tunai dalam segala hal, patut dicurigai apa yang membuatnya tak ingin terlacak.

Untuk menutupi perselingkuhan finansialnya, biasanya para suami juga akan membuai istrinya dengan hadiah. Kadang saat sudah dapat hadiah kamu suka lupa, kan, Bela, kalau sebenarnya sedang mencurigai sesuatu.

Baca Juga: Perencanaan Finansial yang Harus Kamu Siapkan Bahkan Sebelum Menikah

Baca Juga: Setelah Bersama, Inilah Cara Berbagi Hal tentang Finansial ke Pasangan

Baca Juga: Jika Kamu dan Pasangan Berbagi Pengeluaran, Perhatikan 6 Hal Ini