Ada beberapa tahapan momen antara kamu dan pasanganmu hingga sampai di detik ini. Mulai dari bagaimana saat berkenalan, masa penjajakan, mengungkapkan perasaan, hingga akhirnya bersama. 

Momen-momen itu berjalan begitu cepatnya. Di hubunganmu yang semakin serius ini apakah kamu tipe perempuan yang menggantungkan semua pengeluaran ke pasanganmu, misalnya dia yang selalu membayar makan malam saat kencan, atau kalian melakukan split bill alias membagi pengeluaran bersama. Jadi ada kalanya dia mentraktirmu makan malam, lalu kamu kemudian mentraktirnya nonton film di bioskop.

Sebenarnya di budaya Indonesia, kebiasaan berbagi pengeluaran ini tergolong sah-sah saja. Namun tentu saja ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, berikut ini di antaranya.

1. Jujurlah ke pasanganmu

Jika Kamu dan Pasangan Berbagi Pengeluaran, Perhatikan 6 Hal Inifreepik.com/ ingram

Untuk hubungan yang sudah serius, membicarakan tentang uang, ataupun pengeluaran bersama sudah nggak tabu lagi. Justru hal ini disarankan karena rasa keterbukaan satu sama lain tentang pembagian pengeluaran. Diskusikan dan sampaikan pikiranmu keuangan di hubungan kalian. Jika kalian sampai ke jenjang pernikahan, seharusnya masalah keuangan kalian tidak akan jadi masalah, karena sudah dibicarakan sejak masa pacaran.

2. Diskusikan tentang tujuan

Jika Kamu dan Pasangan Berbagi Pengeluaran, Perhatikan 6 Hal Inifreepik.com/ freepik

Berbicara tentang uang juga berkaitan tentang rencana masa depan. Pasti kamu dan pasangan menginginkan hidup bersama dengan kondisi keuangan yang matang. Sampaikan bahwa pembagian pengeluaran juga bisa membawamu dan pasangan lebih hemat dan nggak terbebankan satu sama lain. Selain itu juga kamu dan pasangan bisa berlatih mandiri dan nggak bergantung satu sama lain.

3. Bagilah tagihan mana yang akan dibayar

Jika Kamu dan Pasangan Berbagi Pengeluaran, Perhatikan 6 Hal IniPopbela.com/Ayu Utami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Setelah kamu dan pasangan membicarakan tentang gambaran besar, saatnya untuk membagi tagihan bersama pasanganmu. Sebagai contoh kamu dan pasangan sedang melakukan traveling, pasanganmu menanggung semua akomodasi dan kamu menanggung untuk makanan serta kebutuhan di sana.

Membagi pengeluaran nggak harus sama ya, Bela. Ini bisa disesuaikan dengan proporsi keuangan yang ada. Hal tersebut penting untuk dibicarakan sejak awal dan terperinci.

4. Kamu dan pasangan bisa lebih menghargai uang

Jika Kamu dan Pasangan Berbagi Pengeluaran, Perhatikan 6 Hal Inifreepik.com/ freepik

Walaupun uang nggak bisa membeli semuanya, akan tetapi kamu harus bisa menghargai uang. Dengan adanya pembagian pengeluaran, akan membuatmu dan pasangan lebih bertanggung jawab akan pengeluaran masing-masing. Intinya, sih, kalian akan lebih menghargai uang dan nggak dengan mudah menghambur-hamburkannya.

5. Bisa memiliki tabungan untuk biaya tak terduga

Jika Kamu dan Pasangan Berbagi Pengeluaran, Perhatikan 6 Hal Inifreepik.com/ rawpexel

Daripada dibuat untuk membeli hal-hal yang nggak diinginkan, kamu dan pasangan bisa menabung bersama untuk kebutuhan yang lebih penting. Jika kalian sama-sama menabung, bukan tidak mungkin kalian akan lebih mandiri dan akhirnya tak bergantung pada orangtua lagi. Kalian punya dana lebih, misalnya untuk membeli rumah seandainya kalian menikah atau menyiapkan pesta pernikahan sendiri tanpa harus meminta dana dari orangtua.

6. Realistis dengan kemampuan

Jika Kamu dan Pasangan Berbagi Pengeluaran, Perhatikan 6 Hal Inifreepik.com/ kuprevich

Menjalani hubungan bukan berarti kamu harus melakukan apa pun demi pasanganmu. Penting juga untuk mengetahui kemampuan yang kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan bisa mengisi satu sama lain, ketika pasanganmu sedang banyak pengeluaran karena kesehatan, kamu bisa back up untuk biaya berdua kalian. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: 6 Pertanyaan Penting yang Harus Kamu Tanya ke Pasangan Sebelum Menikah