Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Ide Romantis Saat Hamil Tanpa Berhubungan Seks dengan Suami

Karena seks bukan satu-satunya cara menjadi romantis.

Elga Windasari

Salah satu cara untuk menjaga ikatan antara suami istri adalah dengan berhubungan seks, di mana kamu dan suami bisa sama-sama saling mengekspresikan rasa cinta lewat pelukan, ciuman, dan sentuhan fisik yang dilakukan saat hubungan intim.

Memang, kehamilan tidak menghalangi perempuan untuk berhubungan seks. Ibu hamil masih diperbolehkan untuk bercinta dengan suaminya, selama kehamilan aman dan dokter memperbolehkan.

Namun, banyak juga ibu hamil yang dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan intim, demi keselamatan janin dalam kandungannya. Kalau sudah seperti ini, biasanya ibu hamil jadi lebih sensitif, karena merasa nggak bisa sayang-sayangan dan berbuat romantis dengan pasangan.

Nah, di bawah Popbela akan memberikan rekomendasi ide romantis saat hamil tanpa berhubungan seks dengan suami.

1. Makan malam atau piknik romantis

Pexels.com/Andie Venzl

Saat hamil trimester pertama, kamu mungkin merasa mual atau mengalami morning sickness. Akibatnya, nafsu makan menurun dan sulit menemukan makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Begitu memasuki trimester kedua dan ketiga, saat mual dan morning sickness mulai menghilang, selera makan biasanya akan membaik. Inilah waktunya untuk makan yang enak-enak dengan suami.

Untuk mempererat hubungan dengan suami, cari waktu yang tepat untuk melakukan makan malam atau piknik romantis dengannya. Nggak perlu dilakukan di luar rumah. Makan malam romantis di meja makan atau piknik di halaman rumah, sudah bisa menciptakan suasana yang romantis.

2. Masak bersama suami

Freepik

Masih berhubungan dengan makanan, ternyata masak bersama dengan suami juga bisa menciptakan suasana romantis dengan suami, lho.

Kondisimu yang nggak selincah sebelum hamil membuat beberapa urusan rumah tangga sedikit terbengkalai, termasuk memasak. Jadi, dibutuhkan kerja sama yang baik dengan suami untuk mengurus rumah dan memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Kamu bisa meminta suami untuk membantumu memasak, khususnya saat weekend atau hari libur. Menurut penelitian, masak bersama pasangan bermanfaat untuk meningkatkan rasa kedekatan dan membuat waktu yang dihabiskan lebih berkualitas.

3. Nonton serial televisi atau drama Korea

https://www.pexels.com/

Saat hamil, para istri biasanya lebih manja dan suami juga akan lebih memanjakannya.

Jika sebelum hamil kamu sulit mengajaknya untuk menonton serial televisi atau drama Korea favoritmu, ini saatnya kamu melakukannya. Suami dijamin susah menolak karena nggak ingin mengecewakan kamu yang sedang hamil.

Sambil menonton, kamu bisa sambil bermanja-manja dengan suami sehingga sesi menonton bisa menjadi kegiatan romantis tanpa berhubungan seks.

4. Cuddling di tempat tidur

Pexels.com/William Fortunato

Saat malas beraktivitas di luar rumah, maka tempat tidur adalah pilihan tepat untuk menghabiskan waktu romantis dengan suami.

Kamu bisa melakukan cuddling dengan suami di tempat tidur di pagi hari atau bahkan seharian jika kamu memang benar-benar ingin bermalas-malasan. Apa itu cuddling? Ini adalah posisi memeluk erat pasangan dalam waktu lama.

Selain bisa membuat tubuh lebih rileks dan nyaman, beberapa keluhan akibat kehamilan ternyata juga bisa diatasi dengan cuddling, lho. Tapi, pastikan kamu dan suami melakukan cuddling dengan posisi terbaik jadi bisa merasakan kenyamanan maksimal, ya.

5. Berciuman dengan suami

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak bisa berhubungan seks, bukan berarti kamu dan suami nggak boleh berciuman, dong. Ini tetap penting dilakukan karena berciuman memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menjaga keintiman hubungan, serta menjadi salah satu lambang cinta dan perlindungan. 

Namun, pastikan saja kamu dan suami sudah berkomitmen untuk nggak meneruskan sesi ciuman yang panas dengan hubungan seks, ya. Meskipun ciuman memang seringnya berujung pada hubungan intim di ranjang. 

Daripada seks, kamu dan pasangan bisa saling memberikan pijatan atau menyentuh titik rileks di tubuh, seperti bahu dan tengkuk, yang juga bisa menciptakan chemistry yang kuat dan menciptakan suasana romantis.

6. Belanja perlengkapan bayi bersama

Popbela.com/Andhina Effendi

Saat menanti kelahiran buah hati, tidak ada yang lebih romantis dibandingkan dengan mempersiapkan berbagai hal untuk menyambutnya.

Daripada hanya sekadar berjalan-jalan di mall, lebih baik sambil belanja perlengkapan bayi, mulai dari baju, popok, gendongan, hingga berbagai peralatan bayi seperti ranjang bayi, stroller, dan bak mandinya.

Percaya, deh, belanja perlengkapan bayi bersama suami tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa menjadi salah satu ide romantis saat hamil tanpa berhubungan seks.

7. Lakukan couple spa atau couple massage

Dok. Bergencountyacupuncture.com

Selain bisa membuat tubuh lebih rileks dan melenturkan otot-otot yang kaku, couple spa atau couple massage juga membuatmu dan suami memiliki lebih banyak waktu untuk saling bercerita. 

Khusus untuk kamu yang sedang hamil, spa atau massage dapat mengurangi rasa pegal dan nyeri akibat perut yang semakin membesar, membuat tubuh rileks, dan mengurangi stres. Pastikan kamu melakukannya di tempat yang terpercaya dengan pemijat yang profesional, ya.

8. Ikut kelas yoga kehamilan berdua

Gustavo Fring/Pexels

Meskipun yoga kehamilan memang ditujukan untuk para ibu hamil, tapi nggak ada salahnya jika suami ikut menemani. Bahkan, sekarang sudah ada sesi yoga kehamilan yang  juga bisa dilakukan oleh pasangan suami istri, lho.

Yoga kehamilan dilakukan mengurangi nyeri dan pegal sekaligus melancarkan proses persalinan. Dukungan suami saat yoga kehamilan bisa membuatmu lebih bersemangat dan percaya diri untuk menghadapi persalinan. Tak hanya itu, suami juga dapat mengetahui hal-hal yang harus dilakukan selama menemani masa kehamilan atau proses persalinan nantinya. 

9. Staycation ke penginapan bernuansa alam

Trung Nguyen/Pexels

Kehamilan bisa membuat perempuan stres dan salah satu cara untuk mengatasi stres adalah lebih sering berada di alam terbuka, seperti gunung, hutan, dan pantai. Nah, staycation ke penginapan bernuansa alam bisa menjadi pilihan tepat.

Selain bisa melihat pemandangan alam dan menghirup udara segar, kamu juga bisa menghabiskan waktu yang lebih berkualitas dengan suami saat staycation. Meskipun tanpa berhubungan seks, ini bisa menjadi kegiatan romantis yang bisa dilakukan saat hamil, lho.

Hanya saja jangan mencari penginapan yang sulit diakses oleh ibu hamil atau terlalu banyak melakukan kegiatan yang justru bisa membuatmu merasa lebih lelah setelah staycation.

10. Babymoon ke tempat impian

Rahul Puthoor/Pexels

Jika setelah menikah pasangan biasa melakukan honeymoon, maka saat hamil kamu dan suami bisa melakukan babymoon, liburan sekaligus untuk menyenangkan ibu hamil.

Berbeda dengan staycation yang biasanya dilakukan hanya saat weekend, kamu dan suami bisa melakukan babymoon untuk waktu yang lebih lama, misalnya 5-7 hari. Ini bisa membantu mengobati stres akibat kehamilan sekaligus membuat perasaanmu lebih bahagia dan tumbuh kembang janin pun menjadi lebih baik. 

Saat melakukan babymoon inilah keromantisan dengan suami akan lebih terjalin karena kalian berdua melakukan hampir segalanya bersama-sama. Pastikan saja lokasi yang akan kamu kunjungi tetap memudahkan kamu yang sedang berbadan dua, ya. Beda dengan traveling saat masih single, saat kamu hamil dan melakukan traveling tentu ada batasannya tersendiri.

Itu dia beberapa ide kegiatan romantis yang bisa kamu lakukan saat hamil. Jadi, tanpa perlu berhubungan seks, kamu tetap bisa menjadi romantis dengan pasangan, kan?

IDN Media Channels

Latest from Married