Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Menghadapi Perempuan yang Selingkuh dengan Suami

Kamu harus tenang dan jangan mudah emosi

Citra Purnamasari

Mengetahui pasangan yang kita cintai berselingkuh dapat diibaratkan bak dunia runtuh menimpa kepala. Sakit hati karena dikhianati pastinya tak bisa dielakkan, apalagi jika pernikahan sudah berjalan selama bertahun-tahun.

Kesetiaan tentu merupakan hal yang mahal dan wajib dipertahankan pada sebuah ikatan pernikahan, tapi ternyata kita tidak bisa ‘memaksa’ pasangan untuk menjaga kesetiaan itu. Noda perselingkuhan tentu membuat kita berang dan bahkan gelap mata. Apalagi jika harus berhadapan dengan perempuan yang berselingkuh dengan suami.

Sering kali kita sebagai perempuan tersulut emosi hingga akhirnya melakukan hal-hal buruk terutama kepada perempuan yang terlibat perselingkuhan dengan suami. Kamu berhak untuk marah, tapi tetaplah berpikir jernih.

Nah, agar tidak salah langkah berikut ini beberapa cara menghadapi perempuan yang selingkuh dengan suami.

1. Cari tahu fakta sebenarnya dari perselingkuhan

Pexels.com/Ron Lach

Langkah pertama yang tentu wajib kamu lakukan adalah mencari tahu fakta sesungguhnya dari perselingkuhan yang dilakukan suami. Latar belakang perselingkuhan jelas harus kamu ketahui, jangan gelap mata dan menyalahkan suami dan perempuan tersebut secara membabi buta.

Usahakan untuk tetap tenang dan cari tahu awal mula pertemuan suami dengan perempuan tersebut. Jika bisa kamu juga harus membicarakan hal ini dengan pasangan. Tanyakan kenapa dia bisa berselingkuh, apa yang memicunya untuk mengkhianatimu.

Siapa yang menghubungi terlebih dahulu? Sejak kapan mereka mulai berhubungan? Hal-hal seperti ini wajib kamu ketahui. Fakta-fakta ini bisa menjadi bekal ketika kamu bertemu dengan perempuan itu. Alih-alih meluapkan emosi secara membabi buta tanpa informasi apa pun, kamu justru bisa membicarakannya dengan cara yang lebih dewasa.

Kamu bisa mengorek fakta dari banyak pihak, namun utamakan untuk membicarakan dengan pasangan. Mengumpulkan fakta tentu bisa menentukan langkah apa yang sebaiknya kamu ambil ketika kamu menemui perempuan itu nantinya.

2. Pastikan alasan mengapa kamu perlu bicara dengan perempuan itu

Pexels.com/Rodnae Productions

Setelah mengumpulkan fakta valid dari berbagai sumber, pastikan kamu untuk meyakinkan diri apakah berbicara dengan perempuan tersebut merupakan sebuah keputusan yang tepat.

Tentukan juga alasan mengapa kamu perlu bicara dengan perempuan itu. Apakah untuk meluapkan emosi? Mengorek fakta lain? Kamu tentu berhak untuk bicara dengan perempuan itu apalagi statusmu yang merupakan istri sah. Tapi, pikirkan juga apakah dengan melakukan pertemuan dapat membuat kondisinya jadi lebih baik, atau justru sebaliknya?

3. Atur pertemuan dan jangan lupa perhatikan bahasa tubuhnya

Pexels.com/Immortal Snapshots

Jangan melabrak perempuan itu secara tiba-tiba, cara ini justru akan memperburuk kondisi. Sebaiknya atur pertemuan tatap muka dengan perempuan tersebut. Berbicara lewat telepon apalagi chat justru rentan menimbulkan kesalahpahaman.

Berbicara langsung justru dapat memudahkanmu mengorek lebih banyak fakta atau bahkan mendeteksi bahasa tubuhnya, terutama saat dia berbohong. Kamu juga bisa sedikit memojokkannya apabila dia tidak kooperatif.

4. Pertimbangkan apakah perlu memberitahu suami atau tidak

Pexels.com/Mikhail Nilov

Ketika memutuskan untuk menemui perempuan itu kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memberitahu suami atau tidak. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan akibat jika memberi tahu pasangan soal ini, dia mungkin akan menghalangi pertemuan kalian.

Jika kamu bersikeras untuk memberi tahunya, kamu juga harus menjelaskan alasan mengapa kamu harus bertemu dengan perempuan itu. Jelaskan sejelas-jelasnya bahwa kamu berhak tahu dari kedua belah pihak mengenai permasalahan ini.

5. Tetaplah tenang dan jangan mudah emosi

Pexels.com/Engin Akyurt

Cara menghadapi perempuan yang selingkuh dengan suami berikutnya pastinya sulit apalagi jika kamu sudah berhadapan tatap muka dengan perempuan itu. Namun, tetaplah tenang dan kendalikan emosimu.

Jika kamu marah-marah apalagi sampai memakinya dengan kata-kata kasar justru kamu tidak akan mendapatkan apa-apa. Ya, mungkin kamu memang bisa melampiaskan perasaan sakit hati jika melakukan hal itu, namun emosi bisa saja membuat keadaan tambah runyam.

Kembali pikirkan tujuan utama mengapa kamu ingin bertemu dengan perempuan itu, korek sebanyak mungkin informasi yang bisa kamu dapat. Kamu tak perlu emosi apalagi berbuat kasar. Tunjukan bahwa kamu bisa menangani situasi dengan cara yang elegan dan berkelas.

6. Yakinkan diri apakah menemui perempuan itu merupakan tindakan yang tepat

thehealthy.com

Terkadang emosi semata membuat kita menggebu-gebu ingin bertemu dengan perempuan yang sudah menghancurkan pernikahan, tapi cobalah untuk yakinkan diri apakah menemuinya merupakan langkah yang tepat?

Apalagi jika kamu tidak bisa mengendalikan emosi dengan baik, lebih baik untuk menunda atau tidak menemuinya daripada kamu malah melakukan hal-hal kurang baik yang justru malah memperburuk keadaan dan dirimu sendiri.

7. Tidak perlu merasa insecure

pexels.com/ Juan Pablo Arenas

Ketika bertemu dengan perempuan yang sudah selingkuh dengan suamimu tersebut kamu juga perlu mengendalikan rasa insecure-mu. Situasi di mana kamu berhadapan dengan perempuan lain bukan tak mungkin akan membuatmu membandingkannya dengan diri sendiri.

Jangan fokus pada penampilan fisik perempuan tersebut ketika bertemu. Jangan membandingkan wajahnya, gaya rambut, hingga gaya berpakaiannya dengan dirimu. Tetap fokus pada tujuanmu dan mau secantik apa pun dia tentu dia tak bisa dibandinganmu.

8. Berpikir secara rasional dan tentukan rencana selanjutnya

Shutterstock/metamorworks

Setelah bertemu dengan perempuan yang selingkuh dengan suami, tetaplah untuk berpikir secara rasional. Jika memang situasi terlalu menekanmu secara mental kamu bisa mengistirahatkan pikiranmu sejenak sebelum memutuskan seperti apa langkah selanjutnya.

Nah, setelah kondisimu membaik mulailah untuk merencanakan langkah berikutnya secara matang. Apakah kamu akan berpisah dari suami? Apakah kamu akan memberitahu keluarga soal perselingkuhan ini? Bagaimana dengan anak?

Hal-hal di atas haruslah masuk ke dalam pertimbanganmu, jangan sampai kamu salah langkah ketika memutuskan rencana yang tepat untuk hidupmu kedepannya. Namun, jangan terlalu terbebani, kamu haruslah kuat dan sehat secara fisik dan mental ketika menghadapi permasalahan ini.

Itulah beberapa cara menghadapi perempuan yang selingkuh dengan suami. Ingat, ya, Bela, hadapilah dengan kepala dingin dan tunjukkan bahwa kamu perempuan berkelas dan terpelajar ketika menghadapi situasi seperti ini.

IDN Media Channels

Latest from Married