Ketika menjalin hubungan, pasti kamu menginginkan agar pasangan bisa setia. Sayangnya, kesetiaan pasangan nggak hanya bisa dilihat dari selingkuh atau tidaknya. Karena meskipun dia nggak berselingkuh dengan pihak ketiga, bila sudah menunjukkan sikap-sikap berikut ini, maka sama saja sudah menodai kesetiaan.

Yuk, kenali tanda pasangan yang sudah nggak lagi setia di hubungan yang kalian sedang jalani. Apa aja cirinya? Simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini, ya.

1. Menganggap hubungan sebagai beban

Walau Tak Selingkuh, Ini 5 Tanda Pasangan Mulai Nggak SetiaPexels.com/Ketut Subiyanto

Kesetiaan hanya akan timbul apabila kalian memandang serius hubungan, dan itu akan tercermin dalam sikap yang ditunjukkan sehari-hari.

Ciri dari pasangan sudah nggak loyal lagi terlihat sekali bahwa bagi dirinya, hubungan sudah seperti beban. Jadi ogah-ogahan menjalaninya! Ketika ada masalah, dia malas-malasan untuk membicarakan, apalagi mengatasi. Saat berkencan pun sesuka hatinya, nggak sengaja dialokasikan. Itu disebabkan memang dia sudah nggak menganggap penting hubungan kalian.

2. Bersikap seolah-olah masih lajang

Walau Tak Selingkuh, Ini 5 Tanda Pasangan Mulai Nggak SetiaPexels.com/Shvets Production

Melepas cincin pasangan tanpa ada alasan masuk akal, misalnya jarinya sudah kebesaran, adalah bukti otentik bahwa pasangan sudah nggak loyal lagi. Hal tersebut bisa disebabkan ia ingin dianggap masih lajang oleh orang lain yang sedang ia sukai.

Hal lain yang lebih “sepele”, tapi juga bisa menandakan kalau pasangan sedang bermasalah, yakni nggak menyebut sama sekali bagaimana hubungan kalian ketika sedang mengenalkanmu ke koleganya. Padahal, itu baru pertama kali, kamu bertemu dengan mereka. Nggak selingkuh, sih, tapi tetap saja menyakitkan hati! Apalagi jika sepanjang pertemuan, sikapnya biasa saja seolah-olah hubungan kalian berdua cuma berteman.

3. Tidak menghormati pendapatmu

Walau Tak Selingkuh, Ini 5 Tanda Pasangan Mulai Nggak SetiaPexels.com/Polina Zimmerman

Loyalitas dan saling menghormati adalah dua hal yang nggak bisa dipisahkan. Rasa hormat pada pasangan berarti kamu berusaha untuk memahami sudut pandangnya yang mungkin saja berbeda darimu.

Bila yang terjadi, kamu sering diremehkan oleh pasangan. Opinimu nggak dianggap setiap kali mengambil keputusan selalu sepihak, maka hal tersebut bisa menandakan kalau loyalitasnya padamu sudah memudar.

4. Nggak memikirkan tentang masa depan kalian berdua

Walau Tak Selingkuh, Ini 5 Tanda Pasangan Mulai Nggak SetiaPexels.com/Rodnae Production

Bila pasangan selalu menghindar ketika membahas tentang nasib hubungan kalian di masa depan, bisa menandakan bahwa dia nggak berkomitmen sepenuhnya. Ia memandang jalinan asmara denganmu bersifat sementara.

Meskipun selama ini dia nggak pernah sama sekali menunjukkan tanda-tanda perselingkuhan, akan tetapi loyalitasnya pada hubungan nggak bisa kamu andalkan. Akan sulit seseorang bisa benar-benar loyal kalau dia nggak memandang serius hubungan yang sedang kalian jalani.

5. Sering tebar pesona

Walau Tak Selingkuh, Ini 5 Tanda Pasangan Mulai Nggak SetiaPexels.com/Mike Jones

Berpasangan bukan berarti kamu nggak bisa berteman dengan lawan jenis. Saling lempar bercanda sesekali, masih dianggap wajar. Beda halnya, kalau sudah bersikap genit dan sering tebar pesona.

Meski status kalian masih pacaran, tetap saja sikap seperti itu bentuk ketidaksetiaan. Bukan hanya sudah nggak setia, tapi juga menginjak harga dirimu. Punya pasangan, kok, genit dengan orang lain!

Mengetahui pasangan setia atau tidak memang nggak mudah. Karena kalau salah duga, akhirnya malah jadi prasangka buruk. Namun yang jelas, kalau dia sudah nggak menghormati atau berpura-pura kalian nggak ada hubungan, maka kamu perlu bicarakan ke pasangan. Perkaranya sudah serius!

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Meski Tak Selingkuh, Ini 5 Ciri Kesetiaan Pasangan Sudah Memudar"

Baca Juga: Anti Selingkuh! 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Setia dengan Pasangan

Baca Juga: Waduh! Jangan Ngaku Setia Kalau Kamu Masih Melakukan 5 Hal Ini

Baca Juga: 7 Cara Elegan Hadapi Pasangan yang Berselingkuh dan Tak Setia