Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Minta Putus Sama Pacar dengan Baik-Baik Lewat Chat

Ungkapkan dengan bijak

Nafi' Khoiriyah

Hubungan pacaran memang tidak selalu berhasil. Ada kalanya kamu harus mengakhiri hubungan jika memang kamu dan pasanganmu sudah tidak cocok lagi. Namun, biasanya kamu tidak sanggup untuk mengatakannya secara langsung karena takut menyakiti hatinya. 

Padahal, tak ada putus hubungan yang tak menyakitkan. Meski demikian, kamu bisa menggunakan cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat supaya tidak terlalu menyakitkan. 

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu terapkan kalau memilih untuk putus lewat chat. Simak ulasan berikut ini ya, Bela!

1. Bicara to the point

unsplash.com/Olena Kamenetska

Cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat yang pertama adalah bicara to the point. Sebab, banyak orang yang tidak suka dengan obrolan basa-basi tentang persoalan yang serius. 

Oleh karena itu, tulislah pesan seperlunya langsung pada intinya bahwa kamu ingin putus. Meski menyakitkan, tetapi akan lebih baik untuk membuatnya lebih singkat supaya tidak membingungkan dan berujung pada kesalahpahaman. 

Berikut adalah contoh chat yang to the point untuk putus. 

"Aku senang menghabiskan waktu denganmu, tapi sepertinya kita tidak bisa bersama seterusnya." 

2. Ucapkan kata terima kasih

pexels.com/Kat Smith

Dalam hubungan yang sudah terjalin cukup lama, kamu pasti sudah mempelajari banyak hal dari hubungan tersebut. Jadi, meskipun kalian akan berpisah, jangan sampai lupa untuk mengucapkan kata terima kasih. 

Ucapan terima kasih itu ditujukan kepadanya karena telah menemanimu selama ini. Bukan hanya itu saja, selama pacaran kamu tentu pernah merasakan hari-hari yang membahagiakan. 

Berikut adalah contoh kata-kata terima kasih saat putus. 

"Terima kasih sudah memberiku waktu untuk mengenal kamu lebih jauh, tapi rasanya kita tidak cocok."

3. Jangan gunakan emoji atau sticker

pexels.com/Anete Lusina

Cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat selanjutnya yaitu dengan tidak menggunakan sticker atau emoji. Hal ini akan membuat chat terkesan tidak serius. Pasangan kamu pun akan merasa bahwa ucapan itu hanya candaan semata. 

Jika kamu memang benar-benar sudah yakin dengan keputusanmu, persiapkan chat yang serius dan to the point. Jangan sampai kamu membuatnya bertanya-tanya dan kebingungan dengan sticker atau emoji. 

Berikut adalah contoh kata-katanya. 

"Kecocokan antara dua orang memang tak bisa dipaksakan. Sekarang, kita harus bisa menerima kenyataan bahwa hubungan ini memang tidak bisa dilanjutkan."

4. Jelaskan dengan pesan suara

pexels.com/Anete Lusina

Memutuskan hubungan lewat chat sering kali membuat pasangan kebingungan dan salah paham. Untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kamu jelaskan dengan lebih lengkap lewat pesan suara atau voice note. 

Pesan suara itu bisa berisi tentang keputusanmu untuk putus dan alasan kamu tidak bisa melanjutkan hubungan dengannya. Jangan lupa buat statement yang jelas dan tidak berbelit-belit. 

Berikut adalah contoh pesan suara yang bisa kamu sampaikan. 

"Kamu orang yang sangat baik dan aku senang melewati hari-hari denganmu. Tapi, rasanya kita tidak cocok satu sama lain. Aku yakin di luar sana ada seseorang yang mencari orang sepertimu. Terima kasih atas waktunya selama ini."

5. Jangan ungkit tentang masa lalu

pexels.com/George Pak

Mengungkit masa lalu bukan cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat yang tepat. Masa lalu yang dimaksud bisa berupa kenangan buruk atau baik. 

Sebab, mengungkit masa lalu hanya memicu perdebatan dan membuat kamu dan pasanganmu ragu untuk mengakhiri hubungan. Lebih baik, ungkapkan kata putus dan alasannya secara singkat saja. 

Ini adalah salah satu contoh meminta putus tanpa mengungkit masa lalu. 

"Aku tidak bisa melanjutkan hubungan ini. Semoga kamu bisa menghormati pilihanku. Aku rasa ini adalah yang terbaik untuk kita. Maaf dan terima kasih."

6. Jangan beri kesempatan untuk balikan

pexels.com/Alena Darmel

Meskipun kamu memutuskan hubungan melalui chat, tetapi jangan sampai beri celah kesempatan untuk balikan. Memberi kesempatan untuk balikan itu biasanya ditunjukkan dengan kata-kata "semoga kita masih bisa berteman". 

Padahal, dua orang yang sudah putus akan sulit untuk berteman. Setidaknya, mereka akan membutuhkan waktu untuk selesai dengan perasaannya masing-masing.

Berikut adalah contoh kata-katanya. 

"Sepertinya jalan kita berbeda dan ke depannya mungkin akan terus begini jika kita memaksakan untuk terus menjalin hubungan. Aku perlu fokus pada tujuanku, semoga kamu memahami."

7. Ucapkan dengan sopan

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat bisa disampaikan dengan sopan tanpa memicu perdebatan. Kamu perlu mengingat bahwa tujuan awal kamu mengirim pesan kepadanya adalah untuk putus. 

Maksud dari sopan di sini bukanlah sopan seperti sikap kepada orang tua atau semacamnya, tetapi mengatakannya dengan kepala yang dingin dan tidak memicu perdebatan. 

Berikut adalah cara meminta putus yang sopan. 

“Aku senang pernah menghabiskan waktu dengan kamu selama ini, tetapi sepertinya kita tidak bisa terus bersama dan melanjutkan hubungan kita lebih jauh lagi.”

8. Jangan saling menyalahkan

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Terakhir, cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat adalah dengan tidak saling menyalahkan. Sebab, melempar kesalahan tidak akan menyelesaikan permasalahan. 

Kamu perlu mengingat kalau tujuan awalmu adalah untuk memutuskan hubungan. Jadi, ucapkan keputusan yang telah kamu buat itu tanpa menyalahkan pasanganmu.

Begini contoh kata-kata yang bisa kamu kirimkan. 

“Terima kasih telah memberikan waktu untuk mengenal kamu lebih jauh dan lebih dalam, tapi aku rasa kita tidak memiliki kecocokan selama ini.”

Itulah 8 cara minta putus sama pacar dengan baik-baik lewat chat yang bisa kamu lakukan. Namun, lebih baik kamu juga menjelaskannya secara langsung supaya lebih tuntas dan jelas.

Semoga membantu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating