Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Keluarga Member NewJeans, Ada yang Keturunan Vietnam

Semuanya memiliki saudara kandung

Natasha Cecilia Anandita

NewJeans merupakan girl group naungan label ADOR dan HYBE. Sejak debut pada Juli 2022, NewJeans langsung menyorot perhatian dan menjadi girl group populer karena konspenya yang unik, ceria, dan Gen Z banget. 

NewJeans beranggotakan 5 orang yang terdiri dari Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein. Salah satu membernya, Hanni, merupakan keturunan Vietnam, lho. Berikut fakta keluarga member NewJeans, si rookie yang mencuri perhatian.

1. Minji, keturunan keluarga kaya

twitter.com/NewJeans_ADOR

Diposisikan sebagai rapper dalam grup, Kim Minji merupakan member NewJeans pertama yang direkrut. Ia idol asli Korea yang lahir pada 7 Mei 2004 di Mancheon-ri, Dong-myeon, Chuncheon, Gangwon, Korea Selatan. 

Minji punya seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan. Minji suka sekali menghabiskan waktu dengan orangtuanya. Ia mengatakan makanan kesukaannya adalah semua masakan ibunya. 

Hal yang paling ia sukai pun salah satunya, yaitu berkendara bersama sang ayah. Mengutip dari KBIZoom, Minji dilaporkan lahir dari keluarga yang kaya. Ayahnya merupakan seorang pengusaha.

2. Hanni, berdarah Vietnam yang besar di Australia

twitter.com/NewJeans_ADOR

Hanni lahir di tahun yang sama dengan Minji, tepatnya pada 6 Oktober 2004. Bukan orang Korea, Hanni yang bernama asli Pham Ngoc Han, merupakan keturunan Vietnam-Australia. Ia lahir di Melbourne, Victoria, Australia. Hanni punya seorang adik perempuan bernama Jasmine yang lahir pada tahun 2007 atau berbeda tiga tahun darinya. 

Mengutip dari Korea Times, kewarganegaraan Hanni sempat memicu perdebatan karena beberapa orang bersikeras bahwa kakek dan nenek Hanni adalah “manusia perahu”—sebuah istilah yang merujuk pada ribuan pengungsi yang melarikan diri dari Vietnam dengan perahu kecil setelah Komunis Vietnam Utara mengalahkan Vietnam Selatan pada tahun 1975 dan mengambil alih negara tersebut.

Orangtua dan kakek-neneknya, yang semuanya berasal dari Vietnam, saat ini tinggal di Australia—salah satu negara yang menjadi tujuan para ‘manusia perahu’. Banyak dari para pengungsi ini diketahui telah menetap di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Prancis untuk menghindari penganiayaan politik dan etnis.

Melihat fakta-fakta ini, beberapa pengguna internet di Vietnam mengklaim bahwa anggota keluarga Hanni adalah para manusia perahu yang “meninggalkan negara mereka demi kepentingan mereka sendiri.”

Banyak netizen yang mengkritik Hanni dan meminta melepaskan kewarganegaraan Vietnam-nya, tapi para penggemar memberikan pembelaan dengan mengatakan bahwa Hanni bukanlah orang yang harus disalahkan.

3. Danielle, si bule di grup

twitter.com/NewJeans_ADOR

Danielle June Marsh atau pemilik nama Korea Mo Jihye ini lahir pada 11 April 2005. Berparas bule, Danielle lahir dari pasangan Korea-Australia di Newcastle, New South Wales, Australia. Ayahnya adalah orang Australia, sementara ibunya merupakan orang Korea. Danielle memiliki seorang kakak perempuan bernama Gyuna/Olivia yang lahir pada tahun 2000.

Nama belakang Danielle, Mo, termasuk marga yang langka di Korea. Hanya ada sekitar 20.000 orang yang memiliki nama belakang tersebut. Danielle sendiri adalah bagian dari marga Hampyeong Mo.

Idol satu ini kerap mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarganya sejak kecil. Beberapa vlog mereka tersebar di media sosial, mulai dari berlibur sampai memasak bersama. Di depan ayahnya, Danielle terlihat sangat manja. Ayahnya pun begitu menggemaskan sehingga penggemar mengatakan kalau sifat gemas Danielle diturunkan dari ayahnya.

4. Haerin, si Kitty Kang yang sayang keluarga

twitter.com/NewJeans_ADOR

Haerin memiliki nama asli Kang Haerin atau Vanessa Kang. Ia lahir di Seoul, Korea Selatan pada 15 Mei 2006. Haerin diketahui memiliki seorang adik perempuan yang berbeda tiga tahun darinya, yaitu lahir di tahun 2009. Haerin diketahui sangat menjaga privasi keluarganya. 

Sayang keluarga, saat menerima gaji pertama, Haerin langsung membelikan orangtua dan adiknya hadiah, lho. Mengutip dari KBIZoom, Haerin lahir dan dibesarkan dalam keluarga yang disiplin dan juga merupakan bagian dari keluarga Kristen. 

Menurut berbagai sumber, kedua orangtua Haerin adalah orang Korea. Ayahnya adalah seorang pengusaha dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Haerin menghabiskan masa kecilnya bersama saudaranya di Gimcheon.

5. Hyein, maknae di grup dan di keluarganya

twitter.com/NewJeans_ADOR

Terakhir ada maknae Newjeans, Lee Hyein atau Grace Lee. Berzodiak Taurus, Hyein lahir pada 21 April 2008 di Incheon, Korea Selatan. Ia memiliki seorang kakak perempuan yang lahir tahun 2003 dan seorang kakak laki-laki yang lahir tahun 2005.

Hyein cukup dekat dengan kakak laki-lakinya, bahkan muka mereka pun cukup mirip sehingga penggemar mengatakan kalau kakaknya adalah Hyein versi laki-laki. Idol yang suka dengan warna ungu ini juga dekat dengan neneknya dan sangat menyukai semua masakan neneknya.

Masih mengutip dari KBIZoom, idol yang sudah jadi model sejak usia 8 tahun itu dikatakan berasal dari keluarga kaya dan berkuasa. Ayahnya dikabarkan menjalankan bisnis di Incheon, dan ibunya yang bertanggung jawab dalam mengelola kegiatan Hyein dan tanggung jawab media lainnya.

Itulah fakta keluarga member NewJeans yang selalu menarik perhatian. Mereka dikabarkan akan segera comeback, lho!

IDN Media Channels

Latest from Single