Pernahkah kamu mendengar istilah open marriage?

Tahun lalu, Jada Pinkett Smith mengungkapkan dirinya pernah menjalin hubungan dengan penyanyi R&B August Alsina. Pengakuan ini menguatkan rumor lama kalau Will Smith dan istrinya sebagai “penganut” open marriage.

Lalu, apa sebenarnya open marriage itu? Apakah sama saja dengan melegalkan perselingkuhan?

Nah, Bela, sebelum membahas lebih jauh lagi tentang open marriage, paling nggak kamu harus memahami dulu konsep dari status ini.

1. Apa itu open marriage atau open relationship?

6 Fakta Seputar Open Marriage, Bukan Selingkuh

Open marriage atau open relationship adalah sebuah hubungan di mana kedua suami istri sepakat dan mengizinkan satu sama lain menjalin hubungan dengan orang lain.

Dalam buku A Happy Life in an Open Relationship, karangan Susan Wenzel, menyebutkan open relationship hanya untuk mengeksplorasi hubungan seksual saja dan tidak melibatkan emosi atau perasaan sama sekali.

Sebagian orang yang menjalani status ini sangat menghindari terciptanya hubungan romantis dengan pasangan seksualnya. Pasangan yang menjalani konsep open relationship hanya memprioritaskan hubungan utama mereka saja.

2. Apakah open marriage bisa menyelamatkan pernikahan yang buruk?

6 Fakta Seputar Open Marriage, Bukan Selingkuhfreepik.com/ user4891512

Tristan Taormino, sex educator dan penulis buku Opening Up: A Guide to Creating and Sustaining Open Relationships, mengungkapkan hubungan yang berlandaskan open marriage bisa saja sehat, tapi nggak bisa menyelamatkan pernikahan. Sebab, dengan membuka pernikahan saja itu sudah pasti masalah yang bakal memunculkan masalah lain yang jauh lebih besar.

Jika kamu atau pasangan ingin mencoba pernikahan terbuka seperti ini, sebaiknya komunikasikan dengan baik. Perlu dipahami juga, menjalani open marriage harus memiliki pengertian yang sangat besar. Komunikasi dengan pasangan pun harus dari hati ke hati agar saling memahami konsep ini sebelum menjalaninya.

3. Alasan orang menjalani open marriage

6 Fakta Seputar Open Marriage, Bukan SelingkuhPexels.com/cottonbro

Bila melihat dari konsepnya saja sudah terlihat jelas bahwa open marriage atau open relationship hanya mencari kepuasan seksual semata. Bukan berarti dengan pasangan sah tidak terpuaskan. Tapi lebih didasarkan kebutuhan masing-masing baik suami atau istri. Sebab dalam sebuah pernikahan, pastinya kebutuhan seks antar istri dan suami pasti berbeda. Misalnya aseksual, high libido, atau low libido.

Nah, karena itu apabila ingin menjalani open marriage harus dibuat batasan yang jelas. Tekankan pada safer sex dan sexual health. Nggak mau juga, kan, satu saat kamu atau pasangan terkena penyakit kelamin atau sebagainya, hanya karena hubungan seks yang nggak aman dengan orang lain?

4. Aturan main open marriage

6 Fakta Seputar Open Marriage, Bukan Selingkuhhttps://www.nbcnews.com

Biasanya bagi pasangan yang berstatus open marriage akan membuat aturan sendiri yang cocok untuk mereka berdua. Misalnya, nggak boleh cemburuan, dilarang mengatur, nggak boleh cek handphone pasangan, bahkan melarang membandingkan pasangan resmi dengan pasangan seksualnya itu.

Agar nggak terjadi hubungan romantis dengan partner seksnya, biasanya ada aturan yang membatasi kencan dan berhubungan seks dengan orang yang sama tidak boleh lebih dari sekali.

5. Untung rugi menjalani open marriage

6 Fakta Seputar Open Marriage, Bukan SelingkuhCcmarmenia.am

Melihat dari dua sisi, open marriage pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Keuntungan menjalani hubungan seperti ini hanya bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki pernikahan atau hubungan utama yang sehat dan kuat. Dengan menjalani open marriage, secara nggak langsung akan meningkatkan kualitas seks dan komunikasi antar suami dan istri.

Jika melihat dari kerugiannya, ada beberapa yang perlu kamu ketahui seperti kemungkinan tertular penyakit kelamin, ada perasaan bersalah, dan juga kemungkinan timbul rasa cemburu yang imbasnya membuat pasangan akan jadi nggak percaya diri.

6. Bukan perselingkuhan

6 Fakta Seputar Open Marriage, Bukan Selingkuhindependent.ie

Nah, melihat dari konsep tersebut sudah jelas kalau status open marriage atau open relationship sangat berbeda dengan perselingkuhan. Sebab, dalam konsep open marriage kedua belah pihak mengetahui dan setuju adanya hubungan di luar pernikahan.

Hanya saja, yang menjadi pertanyaan kemudian, mungkinkah open marriage ini menutup peluang suami atau istri terlibat asmara dengan partner seksnya?

Itulah beberapa fakta seputar open marriage yang bisa kamu ketahui. Memang sepertinya status pernikahan ini tidak umum di budaya Indonesia, namun bukan berarti tidak ada yang melakukannya. Hal itu kembali lagi pada kebutuhan masing-masing pasangan.

Baca Juga: Deretan Seleb Hollywood yang Ternyata Menjalani Open Relationship 

Baca Juga: Memiliki Banyak Kekasih, Ini Penjelasan tentang Hubungan Poliamori

Baca Juga: Syarat dan Hukum Poligami di Indonesia