Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tipe Laki-Laki yang Suka Umbar Janji Palsu

Menjual janji demi menaikkan harga diri

Astri Amalia

Di era kencan modern saat ini, nggak bisa dipungkiri bahwa banyak perempuan yang jatuh ke dalam perangkap laki-laki yang suka umbar janji. Ngakunya, sih, tertarik dan ingin punya hubungan serius, tapi ujung-ujungnya hanya menjual janji palsu dan berujung ghosting.

Bukan tanpa sebab mereka suka memberi janji palsu. Umumnya, rendahnya kepercayaan dan harga diri, hingga masalah akan komitmen membuat beberapa laki-laki memilih untuk menjual janji palsu. Tujuannya agar perempuan yang mereka dekati merasa terkesan, yang mana akan menaikkan harga diri mereka.

Nah, supaya kamu tahu laki-laki seperti apa yang punya kebiasaan menjual janji palsu, Popbela akan bahas 6 tipe laki-laki yang suka umbar janji palsu berikut ini. Keep scrolling!

1. Tipe Avoidant

pexels.com/Rafael Barros

Tipe laki-laki avoidant cenderung menghindari segala bentuk kerentanan dalam hubungan, karena mereka takut untuk punya hubungan yang dekat dan dalam. Hal ini berakar dari insecrue attachment style atau gaya keterikatan tidak aman yang mereka miliki dengan sosok orangtua atau pengasuh di masa tumbuh kembang.

Laki-laki avoidant biasanya suka memberikan janji-janji palsu pada perempuan, yang seolah memberikan harapan terhadap hubungan. Namun sebenarnya, mereka hanya menginginkan hubungan yang santai tanpa adanya keterikatan atau status apa pun. Karena secara alam bawah sadar, mereka meyakini bahwa jika mereka terlalu terikat, maka mereka akan menjadi rentan, di mana hanya akan membuat mereka merasa nggak aman.

2. Tipe 'Nice Guy'

freepik.com/fxquadro

Tipe 'nice guy' bukanlah tipe laki-laki yang benar-benar baik. Sebaliknya, laki-laki tipe ini sangat lihai mem-branding dirinya baik untuk mendapatkan hati perempuan. Biasanya, tipe 'nice guy' akan mengumbar janji palsu dan bersandiwara akan perilakunya kepada perempuan yang mereka inginkan.

Awalnya, janji-janji yang mereka tawarkan berhasil untuk membuat beberapa perempuan bertahan untuk sementara waktu, tapi lambat laun, mereka akan ditinggalkan.

Bisa dikatakan bahwa sikap mereka yang baik hanyalah demi mendapatkan apa yang mereka inginkan, bukan berasal dari kejujuran dan ketulusan hati.

3. Tipe Insecure

Freepik.com/wayhomestudio

Laki-laki insecure atau laki-laki dengan harga diri yang rendah biasanya sangat menginginkan pujian atau validasi dari perempuan yang mereka sukai. Untuk itulah, mereka kerap kali memberikan janji-janji palsu untuk membuat perempuan yang mereka sukai terkesan, yang mana hal tersebut akan menaikkan harga diri mereka.

Dengan kata lain, mendengarkan respons dari perempuan atas janji palsu yang mereka berikan akan membuat mereka merasa bahagia. Meskipun pada akhirnya, mereka akan membuat perempuan yang mereka dekati memiliki trust issue atau masalah kepercayaan pada laki-laki.

4. Tipe Pembohong Kronis

Unsplash.com/Ameer Basheer

Beberapa laki-laki ada yang memiliki masalah dengan perilaku kebohongan dan menjadi pembohong kronis. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah trauma yang belum tersembuhkan, sampai gangguan kepribadian.

Bagi laki-laki dengan tipe pembohong kronis, mereka merasa perlu untuk berbohong. Tentu bukan karena dorongan hati nurani, melainkan karena mereka sangat kesulitan untuk mengendalikan perilaku mereka.

Sehingga dalam hubungan romantis, tipe pembohong kronis sering kali membuat janji palsu pada perempuan. Ini dimaksudkan untuk menarik hati dan menahan perempuan yang mereka dekati agar nggak pergi meninggalkan mereka.

5. Tipe Playboy

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tipe laki-laki playboy sangat sulit untuk memiliki komitmen dengan satu orang perempuan saja. Maka dari itu, laki-laki tipe ini kerap menebar janji palsu ke banyak perempuan karena ingin menahan mereka.

Umumnya, para playboy akan memberi cukup perhatian dan banyak janji agar perempuan yang mereka dekati tetap berada bersama mereka. Namun, saat hubungan sudah semakin serius, mereka akan bergerak mundur dan tidak menepati janji. Harapannya agar para perempuan yang mereka dekati balik mengejar mereka.

6. Tipe Narsistik

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tipe laki-laki yang suka umbar janji palsu yang terakhir adalah laki-laki narsistik. Mereka adalah ahlinya dalam manipulasi dan sangat lihai mengintimidasi korbannya. Sering kali, laki-laki narsistik bergerak 'halus', sampai-sampai para korbannya sulit untuk melihat tindakan manipulatif mereka.

Sama halnya dengan laki-laki insecure, laki-laki narsistik suka membuat janji palsu agar para korbannya tetap berada di sisi mereka. Ini disebabkan karena laki-laki narsistik sangat haus akan perhatian dan pujian orang lain, yang merupakan 'bahan bakar' utama kepercayaan diri mereka.

Jadi itulah tadi 6 tipe laki-laki yang suka umbar janji palsu. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating