Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Makna Sakinah dalam Pernikahan Menurut Alquran 

Perasaan tenteram dalam rumah tangga itu penting

Citra Purnamasari

"Semoga pernikahannya Sakinah, Mawaddah, Warahmah ya!"

Kita tentu sering mendengar kalimat di atas terutama ketika berada di sebuah pernikahan. Tak hanya sekadar ucapan selamat, kalimat ini adalah sebuah doa yang kerap dipanjatkan untuk pengantin baru.

Meski begitu tak banyak yang mengetahui arti sesungguhnya dari kalimat ini. Nah, jika kamu penasaran mengenai arti makna ‘Sakinah’ dalam pernikahan menurut Alquran maka berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Makna Sakinah dalam Islam

Pexels.com/William Fortunato

Istilah ‘sakinah’ memang identik dengan umat Muslim, namun apa itu sakinah dalam Islam?

Makna dari sakinah sendiri merupakan kedamaian, dapat pula diterjemahkan sebagai ketenangan, atau ketentraman dalam rumah tangga.

Apa itu ketenangan dan ketentraman dalam rumah tangga? Tentunya hubungan antara suami dan istri akan terus terjaga dengan baik tanpa ada godaan, baik itu dari dalam ataupun orang lain.

2. Ketenangan yang dirasakan suami dan istri

Pexels.com/August de Richelieu

Ketenangan seperti apa yang dirasakan suami dan istri dalam sebuah rumah tangga?

Dikutip dari buku Qira’ah Mubaadalah, ketenangan yang dirasakan oleh suami dan istri meliputi banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Rasa tenteram yang dirasakan dapat dirasakan secara spiritual, ekonomi, personal, psikologi, dan pastinya hubungan antar sesama.

Ketenangan di atas haruslah diwujudkan dalam sebuah pernikahan, siapa pun tentu menginginkan kehidupan pernikahan yang tenteram, kan? Ketenteraman tak hanya semata-mata soal hubungan antara suami istri yang bersifat cinta dan kasih, tapi aspek lain juga haruslah diperhatikan.

3. Sakinah dalam Surat Ar-Rum ayat 21

freepik.com

Pembahasan mengenai rumah tangga juga ada dalam Alquran, terutama mengenai arti Sakinah. Misalnya saja dalam Surat Ar-Rum ayat 21 berikut ini.

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةًوَرَحْمَةً إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min ayatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī zalika la’ayatil liqaumiy yatafakkarụn.

Artinya :

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.

Ayat ini mengisyaratkan tentang betapa pentingnya kasih sayang dan ketenteraman dalam sebuah rumah tangga. Tentu, ini jadi pengingat bagi kita semua agar senantiasa menjaga rumah tangga agar senantiasa sakinah.

4. Sakinah dalam Surat Al-Fath ayat 4

Freepik.com/Free Picture

Tak hanya pada Surat Ar-Rum, arti makna Sakinah dalam pernikahan menurut Alquran pun tercantum pada Surat lainnya, yakni Al-Fath ayat 4 yang berbunyi:

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْٓا اِيْمَانًا مَّعَ

اِيْمَانِهِمْ ۗ وَلِلّٰهِ جُنُوْدُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۙ

Huwallazi anzalas-sakinata fi qulụbil-mu’minina liyazdadu imanam ma’a imanihim, wa lillahi junụdus-samawati wal-arḍ, wa kanallahu ‘aliman hakima

Artinya:

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka. Dan kepunyaan Allah lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah maha mengetahui lagi maha bijaksana.

Ayat ini mengandung makna bahwa Allah SWT senantiasa menurunkan ketenangan ke dalam hati setiap mukmin agar selalu beriman dan bertaqwa kepada-Nya.

5. Sakinah dalam Surat Al-Fath ayat 18

unsplash.com/TheDancingRain

Masih dalam Surat Al-Fath, masih ada satu ayat yang juga membahas mengenai makna Sakinah, yaitu pada ayat 18 dengan bunyi:

لَقَدْ رَضِيَ اللّٰهُ عَنِ الْمُؤْمِنِيْنَ اِذْ يُبَايِعُوْنَكَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ 

فَعَلِمَ مَا فِيْ قُلُوْبِهِمْ فَاَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ عَلَيْهِمْ وَاَثَابَهُمْ فَتْحًا قَرِيْبًاۙ

Laqad raḍiyallahu ‘anil-mu’minina iz yubayi’ụnaka taḥtasy-syajarati fa’alima ma fi qulụbihim fa anzalas-sakinata ‘alaihim wa asabahum fat ḥang qariba

Artinya :

Sesungguhnya Allah telah rida terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat.

Ayat ini menjelaskan bahwa Allah pun memberikan ketenangan di hati setiap Muslim yang hendak berperang. Ketabahan dan balasannya pun akan setimpal bagi mereka yang menjalaninya.

6. Menjaga rumah tangga agar senantiasa Sakinah

Pinterest.com/Kortni Ellett Photography

Setelah mengetahui arti makna sakinah dalam pernikahan menurut Alquran, kita tentu jadi lebih ingin mengetahui bagaimana menjaga rumah tangga agar selalu sakinah.

Sakinah yang berarti tenteram dan damai dapat diwujudkan dengan selalu adanya kasih sayang dalam rumah tangga. Cinta menjadi sesuatu yang perlu dijaga baik itu oleh suami dan istri. Tanpa adanya cinta tentu akan sulit mewujudkan rasa damai dalam rumah tangga.

Kesetiaan dan komitmen juga merupakan hal yang perlu dijaga jika ingin rumah tangga selalu sakinah. Jadilah pribadi yang menjaga kesetiaan, karena tak jarang rumah tangga berakhir dalam prahara karena salah satu tidak bisa menjaga kesetiaan.

Kejujuran juga merupakan salah satu kunci agar rumah tangga selalu damai. Kebohongan akan menjadi bom waktu yang suatu saat akan meledak dan menyebabkan ketidaktenangan dalam sebuah rumah tangga.

Itulah pembahasan mengenai arti makna sakinah dalam pernikahan menurut Alquran serta beberapa cara agar menjaga rumah tangga senantiasa damai dan berkah. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

IDN Media Channels

Latest from Married