Selain mencari nafkah, seorang suami juga memiliki kewajiban untuk mendidik serta memberikan perhatian kepada istri dan anak-anaknya. Hal-hal sederhana, seperti berkumpul bersama keluarga, bermain, dan bercanda dengan orang-orang terkasih dapat menghangatkan hubungan rumah tangga.

Namun, ada sebagian lelaki yang melupakan hal itu. Mereka terlalu sibuk dengan urusannya sendiri, bahkan serasa lebih betah di luar rumah. Padahal, kehadiran suami di tengah-tengah keluarga tentu sangat dibutuhkan. Apakah kamu mengalami hal seperti ini, Bela? Jika iya, kamu nggak perlu khawatir, ya. Coba lakukan beberapa cara berikut ini serta panjatkan kumpulan doa agar suami betah di rumah.

1. Doa agar suami betah di rumah

Doa agar Suami Betah di Rumah dan Tidak Pindah ke Lain HatiPexels.com/Rodnae Production

Doa adalah salah satu ibadah yang paling mudah dilakukan dan menjadi 'senjata' umat Muslim dalam situasi apa pun. Ketika kamu memiliki hajat atau permohonan tertentu, maka mintalah langsung kepada Allah lewat doa. Dalam Alquran surat Ghafir ayat 40, Allah berfirman agar manusia selalu memohon dan berdoa hanya kepada-Nya. Bahkan, Allah akan mengabulkan doa tersebut.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ   ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qoola robbukumud'ụunii astajib lakum, innallaziina yastakbirụuna 'an 'ibaadatii sayadkhuluụna jahannama daakhiriin.

Artinya:

“Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina’.” (QS. Ghafir: 60)

Pada dasarnya, setiap umat Muslim dapat memanjatkan doa dalam bahasa dan redaksi yang dibuat sendiri. Jadi, kamu dapat memohon doa agar suami betah di rumah kepada Allah dengan bahasamu sendiri. Namun, kamu perlu memperhatikan adab dalam berdoa agar dapat dikabulkan oleh Allah azza wa jalla.

2. Doa meminta keselamatan keluarga

Doa agar Suami Betah di Rumah dan Tidak Pindah ke Lain HatiPexels.com/Thirdman

Ketika suami keluar rumah di saat dia tidak sedang bekerja, sering kali hal ini memunculkan kecemasan di hati. Sebagai seorang istri, kamu merasa cemas pada suamimu sehingga timbul pikiran-pikiran buruk, seperti khawatir adanya perselingkuhan. Untuk menghilangkan kecemasan tersebut, kamu dapat memanjatkan doa ini di setiap pagi dan petang.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ، اَللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِيْ وَآمِنْ رَوْعَاتِيْ. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Allohumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fid dun-yaa wal aakhiroh. Allohumma inni as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dun-yaaya wa ahlii wa maalii. Allohumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allohummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’uudzu bi ‘azhomatika an ugh-taala min tahtii.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri, dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan bencana lain yang membuat aku jatuh).”

3. Doa agar suami selalu ingat keluarga

Doa agar Suami Betah di Rumah dan Tidak Pindah ke Lain HatiPexels.com/Monstrea

Sering kali seorang suami harus berpisah dengan istri dan anaknya karena sibuk dengan urusannya, entah itu pekerjaan atau yang lainnya. Bahkan, kesibukannya itu terkadang membuat sang suami tidak ingat dengan keluarganya. Tentu saja hal ini dapat membuat istri khawatir sang suami benar-benar melupakan keluarga.

Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin membaca doa yang tercantum dalam Alquran surat Ali Imran ayat 31 ini. Dengan begitu, suami yang sedang berada jauh darimu juga bisa tenang dan selalu mengingat keluarga di rumah.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ   ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Qul ing kungtum tuhibbuunalloha fattabi'uunii yuhbibkumullohu wa yaghfir lakum zunuubakum, wallohu ghofuurur rohiim.

Artinya:

"Katakanlah (Muhammad), jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS. Ali Imran: 31)

Cara agar suami betah di rumah

Doa agar Suami Betah di Rumah dan Tidak Pindah ke Lain HatiPexels.com/Monstrea

Ketika suami lebih sering berada di luar rumah meskipun tidak ada pekerjaan, tentu hal ini membuat seorang istri khawatir. Misalnya, cemas suami berselingkuh dengan perempuan lain sehingga tidak betah di rumah. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah perselingkuhan dalam rumah tangga. Selain itu, hal ini juga bisa menumbuhkan rasa cinta antara pasangan suami istri.

1. Taat kepada suami dalam kebaikan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Wanita yang paling baik yaitu wanita yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, menaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. An-Nasa’i)

2. Menuruti ajakan suami untuk urusan ranjang

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas si istri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu subuh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Suka dandan di hadapan suami

Doa agar Suami Betah di Rumah dan Tidak Pindah ke Lain HatiPexels.com/Cottonbro

Seorang istri harus menjaga penampilannya di depan suami dengan membersihkan diri, memakai minyak wangi, dan berdandan. Berhias untuk suami sangat dianjurkan, selama masih dalam batas yang tidak dilarang syari’at, seperti mencukur alis, menyambung rambut, atau mentato tubuhnya.

4. Rida pada pemberian suami

Istri harus memiliki sifat qana'ah atau merasa cukup agar bisa selalu bersyukur atas pemberian dari suami. Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah bersabda bahwa banyak wanita yang masuk neraka karena kurang bersyukur pada pemberian suami.

5. Mengingatkan suami ketika salah dengan cara yang lembut

Allah Ta'ala berfirman dalam Alquran surat Luqman ayat 17 bahwa setiap umat Muslim harus mengerjakan amalan yang baik dan mencegah perbuatan mungkar. Maka, kamu pun perlu mengingatkan suami ketika ia salah. Namun ingatlah, karena suami yang dinasihati, tentu kamu harus melakukannya dengan cara yang halus.

Itulah amalan dan doa agar suami betah di rumah. Semoga setelah kamu mengamalkannya, suamimu bisa makin betah berada di rumah, ya.

Baca Juga: Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Suami, Dapat Diamalkan Sehari-hari

Baca Juga: Mustajab! 10 Kumpulan Doa agar Anak Saleh Dunia dan Akhirat

Baca Juga: Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal