Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Artis yang Suaminya Dipenjara Karena Kasus Korupsi, Ada Sandra Dewi

Mereka berjuang menghadapi masa sulit

Adinda Tasya Mutiara

Pernikahan merupakan ikatan suci seumur hidup dengan menerima segala kondisi masing-masing, baik suka maupun duka. Namun, bukan hal yang mudah bagi setiap pasangan untuk memegang kesetiaan ketika sedang menghadapi permasalahan rumah tangga.

Salah satunya, saat mendapati pasangan terjerat kasus hukum dan sampai merasakan dinginnya jeruji penjara. Tentunya, musibah tersebut membawa dampak besar bagi kehidupan rumah tangga, seperti hancurnya finansial, menanggung malu, hingga perpisahan.

Namun, ternyata akibat dari musibah tersebut tak berlaku bagi deretan artis perempuan Tanah Air ini. Mereka memilih setia memberikan dukungan untuk sang suami yang sedang terjerat kasus mengenai keuangan atau korupsi. Siapa saja? Yuk, simak deretannya di bawah ini.

1. Eddies Adelia

Instagram.com/eddiesadelia

Eddies Adelia dan Ferry Setiawan menikah pada 27 Oktober 2012. Dua tahun membangun rumah tangga, Eddies harus menerima kenyataan pahit kalau sang suami harus ditahan pihak kepolisian dengan tindak pidana penipuan, penggelapan, dan pencucian uang.

Kemudian, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis lima tahun penjara dan denda Rp1 miliar kepada suami Eddies. Sang aktris pun mengaku pasrah dan mencoba tegar dengan permasalahan yang menimpa rumah tangganya.

2. Joy Tobing

Pinterest.com

Ketika masih menjadi istri Daniel Sinambela, Joy Tobing juga sempat merasakan permasalahan rumah tangga akibat kasus hukum yang dilakukan sang suami. Kala itu, Daniel menjadi tersangka atas kasus penggelapan uang senilai Rp25 miliar dalam proyek kerja sama pengadaan batubara. Oleh sebab itu, Joy Tobing harus merelakan Daniel mendekam di jeruji besi selama 1 tahun 4 bulan atas kasusnya.

3. Sefti Sanustika

Berbagai sumber

Penyanyi dangdut, Sefti Sanustika, harus mengalami musibah besar lantaran sang suami, Ahmad Fathanah, menjadi tersangka kasus korupsi. Sang suami dinyatakan terbukti menerima uang suap Rp1,3 miliar dari Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman, untuk pengurusan kuota impor daging sapi. 

Selama suami mendekam 16 tahun penjara, Sefti-lah yang menjadi kepala keluarga dan harus membiayai kebutuhan anak-anak mereka. Alhasil, Sefti kembali berkarier di industri dunia hiburan Indonesia.

4. Hetty Koes Endang

Instagram.com/hke47

Di tahun 2009 silam, penyanyi senior, Hetty Koes Endang, harus melewati fase yang berat dalam hidupnya. Pada saat itu, sang suami, Yusuf Erwin Faishal, terlibat dalam kasus korupsi senilai Rp5 miliar sehingga harus mendekam di balik jeruji besi selama 4,5 tahun.

Sebagai seorang istri, Hetty tetap setia mendampingi Yusuf dengan memberikan dukungan dan memperhatikan segala kebutuhan di dalam penjara. Kini, sang suami telah bebas dan rumah tangga mereka kembali mesra.

5. Sandra Dewi

Instagram.com/sandradewi88

Terbaru, suami dari Sandra Dewi, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka usai menjalani pemeriksaan bersama lima saksi lainnya di Gedung Kejaksaan Agung pada Rabu (27/3/2024).

Harvey langsung ditahan oleh pihak kepolisian atas kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 sampai 2022.

Sebagai informasi, pernikahan Sandra Dewi dan Harvey dilaksanakan di Gereja Katedral Jakarta pada 8 November 2016. Beberapa hari kemudian, pasangan ini mengadakan resepsi mewah di Disneyland Tokyo, Jepang.

6. Inneke Koesherawati

Pinterest.com

Tahun 2016 lalu mungkin adalah tahun yang berat bagi Inneke Koesherawati. Suaminya, Fahmi Darmawansyah, yang kala itu menjabat sebagai Direktur Utama PT. MFI (Melati Technofo Indonesia) terlibat kasus suap terhadap Badan Keamanan Laut sebesar Rp2 miliar atas pengadaan alat monitoring satelit. 

Lantaran perbuatannya, Fahmi Darmawansyah mendapatkan hukuman 1,5 tahun penjara.  Inneke pun memilih untuk tetap setia dan mendampingi sang suami saat proses persidangan hingga bebas.

Itulah keenam artis Indonesia yang suaminya pernah dipenjara karena terlibat kasus keuangan atau korupsi. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Married