Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Makin Langgeng, Ini 6 Cara Membangun Kepercayaan dalam Hubungan 

Beri si dia bukti lewat aksi..

Zahra Ramadhani

Dalam sebuah hubungan, kepercayaan adalah yang utama. Yang mana, rasa percaya terhadap pasangan ini sangat sulit untuk dibangun. Namun, dapat hancur begitu saja dalam sekejap mata. Padahal, tanpanya hubungan kamu dan pasangan akan lebih mudah terguncang ketika diterpa permasalahan, lho. 

Untuk itu, beberapa hal seperti kata Popbela ini, perlu kamu lakukan agar kepercayaan dalam hubungan dapat terbangun. Dengan begitu, jalinan cinta kamu jadi lebih langgeng, deh.

1. Prioritaskan quality time bersama si dia.

freepik.com/freepik

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubungan adalah dengan menghabiskan waktu yang berkualitas bersama pasangan. Untuk itu letakkan sejenak ponsel kamu, ya. 

Jangan biarkan kesibukan atau hal lain menginterupsi sementara waktu. Makan malam, duduk bersama, dan saling bertukar cerita tentang hari satu sama lain akan menjadi kencan yang sempurna!

2. Beri pasangan bukti bukan janji.

Pexels.com/Jonathan Borba

Yang satu ini dapat menjadi penyebab paling kuat dalam runtuhnya kepercayaan pada hubungan kamu, lho! Percayalah, membuat janji tanpa memberi bukti dapat membuatmu dan pasangan jadi bermasalah. So, hentikan segera kebiasaan buruk semacam ini, ya. Kelangsungan hubungan kamu jadi taruhannya, Bela.

3. Bersikaplah terbuka.

Pexels.com/Mikhail Nilov

Bersikap terbuka kepada pasangan merupakan salah satu cara paling ampuh untuk membangun kepercayaan dalam hubungan. Terkadang, membiarkan si dia melihat bagian rapuh dan tak berdaya dalam diri sangat penting untuk dilakukan, lho. 

Begitu pula sebaliknya, kamu harus dapat menciptakan situasi paling nyaman bagi si dia untuk mengutarakan sisi gelapnya. Dengan begitu, kamu dan pasangan jadi saling mengerti luar dan dalam, deh. Rasa percaya terhadap satu sama lain pun dapat meningkat karenanya.

4. Penuhi kebutuhannya.

https://www.pexels.com/@mikhail-nilov

Sebenarnya, membangun kepercayaan dalam sebuah hubungan bukanlah sesuatu yang sulit, lho. Pasalnya, ada begitu banyak cara untuk memupuk rasa saling percaya dengan pasangan. Salah satunya, adalah dengan menanggapi apa yang menjadi kebutuhannya. 

Mungkin, dalam hal ini kamu perlu melakukan berbagai penyesuaian dan kompromi. Namun, cukup sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan nanti, bukan? Kepercayaan si dia memang sangat mahal harganya!

5. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan.

freepik.com/look-studio

Memiliki batasan untuk diri sendiri meski tengah berada dalam sebuah hubungan merupakan hal yang wajar, kok. Jangan pernah membuat komitmen yang kamu tak senang bertahan di dalamnya, ya. Itu akan berdampak buruk terhadap hubungan kamu, Bela.Jadi, jangan sekali-kali terburu-buru dalam mengambil keputusan. Kamu perlu memikirkannya lebih dalam sebelum mengambil sikap.

6. Tumbuhkan sikap saling menghormati.

freepik.com/look-studio

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubungan adalah dengan menumbuhkan sikap saling menghormati. Meski yang satu ini tumbuh secara alami. Terkadang, rasa menghormati pasangan dapat hilang begitu saja, lho. Tak ingin hal ini terjadi, bukan? Hindari sikap bermusuhan, meremehkan si dia, atau mengkritik keputusannya tanpa alasan yang jelas, ya. 

Itulah beberapa cara membangun kepercayaan dalam hubungan. Dijamin, hubungan kamu makin langgeng, deh!

IDN Media Channels

Latest from Dating