Keinginan untuk menjadi sosok pasangan yang lebih baik bagi seseorang yang begitu kamu cintai merupakan hal yang wajar, kok. Semua orang nggak terkecuali kamu sepakat akan hal tersebut, bukan? Percayalah, bagian terpenting dari sebuah hubungan adalah saling bertumbuh! Tetapi, apalah arti sebuah keinginan jika tanpa usaha?

Segera tentukan sikap dan ambil langkah pasti untuk menjadi pasangan yang lebih baik, ya. Meski gerakan yang besar itu bagus, perubahan kecil yang stabil dan berkelanjutan itu nggak pernah terkalahkan, lho. Dengan berupaya menjadi sosok pasangan terbaik untuknya secara terus menerus, si dia akan merasa lebih dihargai dan dipahami olehmu.

1. Jangan anggap remeh cinta yang ia beri!

Bikin Langgeng! Ini 5 Cara untuk Menjadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@cottonbro

Langkah pertama untuk menjadi pasangan yang lebih baik adalah dengan nggak menerima cinta si dia begitu saja. Dalam hubungan, perhatian, cinta kasih, dan pengertian merupakan hal yang sangat wajar untuk dibagi. 

Namun, jangan sampai membuatmu merasa terbiasa atas pemberian si dia hingga menganggapnya remeh, ya. Sikap menghargai pasangan dapat menghilang karenanya, lho. Untuk itu, jangan pernah ragu dalam mengekspresikan rasa terima kasih atas cinta yang telah ia beri kepadamu!

2. Berikan validasi atas perasaan pasangan kamu

Bikin Langgeng! Ini 5 Cara untuk Menjadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@marina-abrosimova-3319804

Yap, memvalidasi perasaan yang pasangan kamu rasakan itu sangatlah penting. Jika kamu ingin menjadi pasangan yang lebih baik, jangan pernah sesekali mengabaikan perasaannya, ya. Percayalah, hal tersebut begitu menyakitkan untuk si dia!

Lagipula, nggak ada salahnya, kok, belajar untuk lebih memahami dan berempati terhadap pasangan. Dengan demikian, si dia juga akan merasa dimengerti olehmu, Bela. Sebagai bonus, hubungan jadi semakin langgeng, deh.

3. Upayakan untuk selalu menyelesaikan masalah dengan adil.

Bikin Langgeng! Ini 5 Cara untuk Menjadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@samson-katt

Meski memiliki empati dan nggak mengabaikan perasaan pasangan dapat membantumu mencegah terjadinya perselisihan, terkadang, permasalahan dapat tetap terjadi dan sulit untuk dihindarkan, bukan? 

Kalau sudah begini, inilah kesempatan bagimu untuk menjadi pasangan yang lebih baik dengan belajar bertarung secara adil. Pada dasarnya, kamu hanya perlu berhenti berdebat saat berada dalam sebuah pertikaian. Dengan begitu, kamu dapat mengontrol diri untuk nggak mengatakan sesuatu yang dapat menyakiti hatinya.

4. Tanyakan secara berkala tentang apa yang si dia butuhkan.

Bikin Langgeng! Ini 5 Cara untuk Menjadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@jonathanborba

Cara lain yang dapat kamu terapkan untuk menjadi pasangan yang lebih baik adalah dengan mengetahui apa yang si dia butuhkan. Jadi, jangan ragu untuk sekadar menanyakannya kepada pasangan, ya. Yang terpenting adalah fokus untuk memenuhi kebutuhan si dia. 

Mungkin, selalu berada dekat dengannya terdengar nggak realistis karena tentu saja kamu punya banyak hal lain untuk dikerjakan. Tetapi paling tidak, berusahalah untuk mendengar dan memenuhinya dengan konsisten. 

5. Ambil inisiatif untuk membuat perubahan baik.

Bikin Langgeng! Ini 5 Cara untuk Menjadi Pasangan yang Lebih Baikhttps://www.pexels.com/@jonathanborba

Selain itu, sikap penuh inisiatif juga dapat membantumu untuk dapat menjadi pasangan yang lebih baik, lho. Nggak perlu menunggu si dia untuk membawa perubahan baik dalam hubungan ketika kamu dapat melakukannya lebih dulu, Bela.

Pada intinya, kamu hanya perlu terbuka dengan fakta bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan. Tenang, mengesampingkan ego bukan berarti kalah, kok. Jika memang sebuah perubahan diperlukan dalam sebuah hubungan, terimalah. Bersikap defensif hanya akan jadi penghambat bagi kamu dan si dia.

Ternyata untuk menjadi pasangan yang lebih baik bagi si dia, nggak susah, kok. Yang penting harus ada usaha dari kalian berdua, ya.

Baca Juga: 12 Pasangan Zodiak ini Dilarang Berkencan di Tahun 2021!

Baca Juga: Ingin Hubungan yang Bahagia? Jangan Tuntut 5 Hal Ini pada Pasanganmu

Baca Juga: 7 Tes Ini Bisa Deteksi Kamu Sedang Dalam Hubungan yang Buruk