Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Pacaran untuk Kamu, Bisa Mendewasakan Diri

Hanya bisa didapat jika berada dalam hubungan yang sehat

Puspita Ramadhani

Sejak dulu, kata pacar dan berpacaran sudah tidak asing lagi di telinga semua orang. Bahkan, sebagian orang beranggapan bahwa setidaknya harus merasakan pacaran sekali seumur hidup sebelum memutuskan untuk menikah. 

Memang, pacaran sebelum menikah dimaksudkan untuk mengenal sifat dan sikap pasangan kita. Tapi, ternyata lebih dari itu., kamu bisa merasakan beragam manfaat pacaran yang tentunya menguntungkan bagi dirimu sendiri, lho. Apa saja itu? Yuk, langsung cari tahu jawabannya!

1. Mendewasakan diri

pexels.com/Katerina Holmes

Tanda bahwa kamu mulai dewasa adalah bisa menerima dan memahami keputusan orang lain, walaupun bisa jadi hal tersebut bertentangan denganmu. Salah satu tanda pendewasaan ini bisa kamu dapat dengan memiliki hubungan asmara dengan orang lain. 

Setiap perselisihan di antara kalian akan menuntunmu untuk menemukan cara dan jalan terbaik agar semua masalah yang timbul terselesaikan. Turunkan ego dan buka telinga serta hati lebih luas lagi. 

2. Mengatasi kesepian

unsplash.com/Andrik Langfield

Alasan terbesar mengapa seseorang memutuskan untuk pacaran adalah karena ia merasa kesepian. Hidup yang sulit dijalani, membuat kamu terdorong untuk mempunyai sosok yang bisa dijadikan sandaran. 

Pilihan tersebut adalah baik, sebab rasa kesepian bisa melemahkan daya tahan tubuh sehingga sangat rentan terkena penyakit. Selain itu, kesepian dan kesedihan yang berlarut tanpa diceritakan pada siapa pun juga bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi. 

3. Mengurangi stres

Freepik.com/Freepik

Masih berkaitan dengan manfaat pacaran sebelumnya. Selain mengusir rasa kesepian, kehadiran pacarmu juga bisa membantu mengurangi stres lho, Bela! 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti memberikan pelukan, mendengarkan cerita, atau sekedar berpegangan tangan, terbukti ampuh menurunkan kadar hormon pemicu stres. Tak perlu ragu, hal ini telah dibuktikan oleh banyak studi. 

4. Meningkatkan percaya diri

Freepik.com/Marymarkevich

Ada kalanya, sebagai makhluk sosial maka kita memerlukan dukungan, validasi, dan apresiasi. Kamu sangat ingin mendapat pujian ketika berprestasi, hingga mendapat support saat harus menghadapi suatu masalah. Ketiga hal yang tanpa disadari sangat dibutuhkan itu bisa kamu dapatkan jika memiliki seorang kekasih. 

Ketika kamu punya orang spesial, maka secara otomatis dialah yang akan pertama kali mengetahui kondisimu. Maka, saat orang tersayangmu memberikan support yang sangat kamu butuhkan, secara otomatis rasa percaya dirimu akan meningkat drastis. 

5. Meningkatan motivasi

pexels.com/Katerina Holmes

Bela, pernah nggak kamu berencana untuk olahraga bersama si dia setiap Minggu pagi? Kalau iya, itu artinya kamu dan dia sedang saling memberikan motivasi untuk menjadi lebih baik.

Tapi, nggak hanya dalam bentuk perjanjian. Saat kamu melihat si dia selalu giat dalam suatu hal baik dan kamu sangat ingin mencontohnya, maka secara nggak langsung pacarmu berperan sebagai motivatormu. A great man for a great woman! 

6. Meningkatan keterampilan komunikasi dan negosiasi

pexels.com/George Pak

Komunikasi dan negosiasi itu ada seninya. Komunikasi yang baik adalah ketika lawan bicaramu dapat paham apa yang kamu maksud. Sedangkan, negosiasi yang baik adalah saat kamu menemukan win win solution untuk kamu dan dia. Nah, tanpa disadari kamu bisa berlatih skill itu dengan pasanganmu. 

Menyesuaikan nada bicara dan cara menyampaikan informasi agar sampai dengan baik, itu kelebihan yang patut diapresiasi, lho! Belum lagi kalau kamu sukses bernegosiasi dengan dia. Itu artinya kamu sudah mengetahui apa yang pasanganmu inginkan dan juga keinginanmu. Tinggal diasah sedikit, mungkin kamu bisa menjadi bagian marketing sebuah perusahaan. Hihihi.

7. Mengenal dirimu sendiri

unsplash.com/Caleb Ekeroth

Memang benar dengan pacaran kamu bisa mengenal pasanganmu. Namun, yang nggak kalah penting, kamu bisa mengenal dirimu sendiri lebih jauh. Bagaimana bisa? 

Semua permasalahan dan pengalaman berpacaran yang kamu dapatkan akan membuatmu menyadari hal-hal apa saja yang kamu sukai dan tidak disukai yang kerap menimbulkan perselisihan antara kalian. Tanda kamu berada dalam hubungan yang baik adalah ketika kamu makin mengenal dirimu sendiri setiap harinya, dan bukan sebaliknya. 

Itulah tujuh manfaat pacaran yang bisa kamu rasakan. Manfaat-manfaat di atas hanya bisa terjadi ketika kamu berada dalam hubungan yang sehat. Jadi, pilihlah pasangan terbaikmu, ya, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Dating