Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Dampak Negatif Media Sosial dalam Hubungan Asmara

Apa saja?

Astri Amalia

Media sosial memang bisa memberikan banyak manfaat dalam kehidupan kita. Di antaranya mampu membantu kita kembali terhubung dengan teman yang telah lama terpisah, menemukan orang-orang yang punya kesamaan hobi, hingga mendapatkan berbagai macam informasi dan berita terkini.

Kendati demikian, di sisi lain media sosial juga bisa menimbulkan dampak negatif, seperti munculnya keinginan membandingkan kehidupan kita dengan orang lain, hingga dapat mengganggu hubungan asmara! Kok, bisa? Untuk menjawabnya, simak 5 dampak negatif media sosial dalam hubungan asmara berikut ini. Keep scrolling!

1. Memiliki sedikit waktu berkualitas dengan pasangan

pexels.com/Trinity Kubassek

Nggak bisa dipungkiri jika aktivitas scrolling di medsos memang menyenangkan. Namun, kalau sebagian besar waktumu dihabiskan untuk menggunakan media sosial, ini bisa memengaruhi kualitas hubungan dengan orang yang kamu sayangi.

Tanpa sadar, saat kamu begitu asyik menggulir linimasa dan terhanyut di dalamnya, mudah bagimu melupakan orang-orang di sekitar. Akibatnya, kamu pun jadi kesulitan untuk memiliki waktu berkualitas dengan pasangan karena terlalu sibuk online.

2. Kecenderungan membandingkan hubunganmu dengan hubungan orang lain

pexels.com/Anete Lusina

Kamu mungkin sering menemukan unggahan relationship goals di media sosial. Banyak pasangan yang terlihat begitu mesra dan bahagia di dalam foto yang mereka unggah. Jika saat ini hubunganmu sedang kurang baik dengan pasangan, hal ini bisa saja membuatmu membandingkan hubunganmu dengan mereka. Padahal, sering kali orang-orang hanya membagikan momen-momen bahagia mereka saja di media sosial.

3. Membuatmu rentan mengunggah hal tentang hubungan secara berlebihan

Pexels/Ron Lach

Media sosial juga rentan membuat kita tertarik membagikan begitu banyak hal alias oversharing. Padahal, nggak semua hal mesti kita bagikan secara online. Kamu bisa jadi terpicu untuk mengunggah momen kebersamaan dengan pasangan secara berlebihan hanya untuk mendapatkan validasi pengikutmu, hingga kemungkinan membagikan curhatan mendalam seputar hubunganmu di media sosial.

4. Menimbulkan kesalahpahaman dengan pasangan

pexels.com/Keira Burton

Jika kondisi hubunganmu sedang tidak baik dengan pasangan, kamu mungkin menjadi lebih sensitif terhadap setiap unggahan pasanganmu. Misalnya, saat kamu melihatnya mengunggah foto kebersamaan dengan teman-temannya, bisa saja menimbulkan asusmi bahwa dia nggak memedulikanmu.

Padahal, kamu sebenarnya terlalu berlebihan menganalisa aktivitas pasanganmu di media sosial, sehingga besar kemungkinan menimbulkan kesalahpahaman di antara kalian berdua.

5. Berpikir bahwa pasanganmu selingkuh

Freepik

Kalau kamu merasa pasanganmu selingkuh hanya karena melihatnya berinteraksi singkat dalam sebuah kolom komentar dengan rekan kerja perempuannya, bisa jadi kamu terlalu jauh berasumsi, Bela. Dengan memperhatikan gerak-gerik pasanganmu di media sosial secara berlebihan, hingga mengecek akun Instagram-nya berulang kali, hanya akan menimbulkan rasa curiga dan trust issue di dalam hubunganmu.

Jadi itulah 5 dampak negatif media sosial dalam hubungan asmara. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Dating