Terkadang, jatuh cinta memang bisa membuat dua insan lupa akan sekelilingnya dan dunia seolah hanya milik mereka berdua. Bahkan, tak cukup hanya dengan melakukan semua hal berdua, beberapa orang ada yang gemar sekali memamerkan hubungan dengan pasangan di media sosial. Entah itu sekadar posting foto romantis, momen liburan berdua, atau hal-hal lain yang menunjukkan bahwa mereka menjalin hubungan.

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti psikologi, mengunggah hal-hal yang berkaitan dengan hubungan secara online, baik itu foto, status hubungan, dan sebagainya, adalah bentuk ekspresi atau perilaku orang yang berkomunikasi bahwa mereka sedang menjalin hubungan romantis. Temuan menunjukkan bahwa ada alasan tertentu di balik ini. Hmm, apakah itu?

Dilansir dari laman Bright Side inilah kemungkinan alasan mengapa orang memamerkan hubungannya di media sosial.

1. Mereka sangat puas dengan hubungannya

6 Alasan Orang Memamerkan Hubungannya di Media Sosialfreepik.com/gpointstudio

Menurut sebuah penelitian, orang yang sangat puas dalam hubungan mereka lebih cenderung mengunggah foto diri mereka dan pasangannya sebagai foto profil utama mereka. Dengan begitu, saat melihat profil mereka sendiri, foto tersebut dapat mengingatkan mereka tentang hubungan bahagia mereka dan membuat mereka merasa lebih puas.

2. Mereka berkomitmen pada hubungan

6 Alasan Orang Memamerkan Hubungannya di Media Sosialfreepik.com/marymarkevich

Para peneliti juga menemukan bahwa pengguna yang menunjukkan kedekatan hubungan mereka dengan pasangan secara online, memiliki perasaan komitmen yang kuat terhadap pasangannya. 

Komitmen inilah yang bisa meningkatkan kemungkinan ia dan pasangannya untuk segera menikah dan tinggal bersama. Sebab, apa yang mereka bagikan di media sosial cenderung mendorong mereka untuk menganggap dirinya sebagai bagian dari hubungan yang romantis.

3. Beberapa mungkin merasa tidak aman dengan hubungannya

6 Alasan Orang Memamerkan Hubungannya di Media Sosialfreepik.com/standret

Tidak semua orang yang memamerkan hubungannya di media sosial berarti merasa begitu bahagia dan berkomitmen dengan pasangannya. Sebab, ada satu studi lainnya yang menemukan hal sebaliknya, yaitu orang yang mengunggah status hubungan mereka di Facebook justru merasa tidak aman dengan hubungan yang sedang dijalani. 

Hal ini lumrah terjadi, karena ketakutan mereka sendiri akan ekspektasi masyarakat tertentu, sehingga beberapa orang mungkin mengunggah hal-hal yang tidak selalu benar untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka bahagia. Yup, mereka merasa butuh validasi itu.

Studi tersebut adalah bukti nyata bahwa kita tidak boleh mempercayai media sosial sepenuhnya, Bela. Sebab, orang yang pamer mungkin tidak bahagia dalam kehidupan nyata.

4. Mereka memiliki kecemasan atau anxiety dalam gaya keterikatan hubungan

6 Alasan Orang Memamerkan Hubungannya di Media Sosialfreepik.com/mego-studio

Salah satu kemungkinan alasan beberapa orang membuat hubungan mereka terlihat secara online, mungkin terletak pada kecemasan atau anxiety mereka yang tinggi dalam gaya keterikatan hubungan. 

Orang-orang seperti itu biasanya memiliki harga diri yang rendah dan ketakutan yang kuat akan penolakan atau pengabaian. Jadi, semakin mereka merasa tidak aman tentang perasaan pasangannya, semakin besar kemungkinan mereka untuk membagikan hubungan mereka di media sosial. Ini mungkin salah satu cara yang mereka gunakan untuk merasa baik tentang diri mereka sendiri.

5. Mereka ingin melindungi hubungannya

6 Alasan Orang Memamerkan Hubungannya di Media Sosialfreepik.com/fxquadro

Salah satu kemungkinan lainnya, kenapa beberapa orang berbagi foto dengan pasangannya adalah karena mereka ingin melindungi hubungan mereka. Bukan bermaksud pamer, karena menurut mereka dengan melakukan ini, mereka bisa menunjukkan kepada banyak orang bahwa pasangannya itu adalah milik mereka untuk menghindari godaan dari pihak lain. 

Nah, dalam praktiknya, ini memang benar berhasil, Bela. Peneliti mengungkapkan bahwa orang-orang yang melihat profil pengguna dengan status “sedang menjalin hubungan” atau in a relationship merasa bahwa orang tersebut berada dalam hubungan yang baik dan tidak mau menerima ajakan romantis dari orang lain.

6. Memamerkan pasangannya meningkatkan harga diri mereka

6 Alasan Orang Memamerkan Hubungannya di Media Sosialfreepik.com/wavebreakmedia_micro

Terkadang, menunjukkan status hubungan bisa membuat orang merasa lebih percaya diri, lho. Sebab, bagi sebagian orang, individu yang sudah memiliki pasangan lebih cenderung tampil menarik dan disukai orang banyak. 

Dengan memamerkan pasangannya mereka bisa menunjukkan pada orang banyak kalau diri mereka itu layak untuk dicintai dan mereka tidak merasa kesepian akibat menjomblo.

Itulah dia kemungkinan alasan mengapa orang memamerkan hubungannya di media sosial. Kamu sendiri termasuk tipe yang seperti itu atau tidak, Bela?

Baca Juga: 10 Afirmasi Positif untuk Menarik Hubungan Romantis

Baca Juga: 5 Cara Melupakan Mantan Tanpa Menyindirnya di Media Sosial

Baca Juga: 5 Efek Negatif Stalking Mantan di Media Sosial