Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

27 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Wajib Kamu Beli, Cek Rekomendasinya!

Cek rekomendasinya di sini!

Nafi' Khoiriyah

Surabaya memang dikenal dengan wisata perkotaan yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa berkeliling kota seharian sambil mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Usai berkeliling kota, tak lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khas Surabaya. Oleh-oleh itu nantinya bisa menjadi buah tangan untuk keluarga serta orang terdekat lainnya.

Jika kamu berniat liburan ke Surabaya, kamu harus membeli beberapa oleh-oleh favorit berikut ini. Berikut oleh-oleh Surabaya rekomendasi dari Popbela.com.

Yuk, simak ulasannya!

1. Spikoe Resep Kuno

spikoeresepkuno.com

Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang populer di Indonesia adalah kue lapis Surabaya. Kue ini bahkan sering disajikan di kota-kota lainnya. Namun, rasa autentik kue lapis Surabaya tentu tak akan kamu temukan selain di kota ini. 

Untuk merasakan kue lapis Surabaya yang menggunakan resep orisinal dan tradisional, kamu bisa menemukannya di Spikoe Resep Kuno.

Toko roti ini menyajikan berbagai jenis kue lapis yang dibuat dengan resep tradisional dan orisinal. Bukan hanya itu saja, Spikoe Resep Kuno juga menggunakan bahan-bahan yang premium sehingga berbeda dengan kue lapis lainnya. 

2. Sambal Udang Bu Rudy

depotburudy.com

Bagi pecinta pedas, oleh-oleh Surabaya Sambal Udang Bu Rudy tidak boleh kamu lewatkan. Seperti namanya, oleh-oleh yang satu ini merupakan aneka macam sambal.

Kamu bisa menemukan sambal udang yang menjadi signature-nya, serta sambal lainnya seperti sambal bawang, sambal ijo, sampai sambal terasi. Bukan hanya sambalnya saja, kamu juga bisa menemukan lauk pendampingnya di toko yang sama. 

Dengan rasa yang sudah terjamin, Sambal Udang Bu Rudy ini layak kamu bawa sebagai oleh-oleh. Jangan khawatir jika kamu ingin membawa sambal ini ke luar kota karena sambal ini aman dalam kemasan dan bisa dimasukkan ke kabin pesawat. 

3. Guna-Guna Snack

gunagunasnack.business.site

Oleh-oleh khas Surabaya juga ada yang modern dan kekinian, salah satunya Guna-Guna Snack. 

Guna-Guna Snack merupakan toko yang menyediakan berbagai macam kue dan makanan yang dikemas dengan unik dan modern. Beberapa kue yang tersedia di antaranya adalah kue semprit keju, almond crispy, dan soes kering yang renyah. 

Makanan-makanan itu memang lekat dengan suasana lebaran, tetapi kamu tetap bisa mendapatkannya di hari biasa saat berkunjung ke Surabaya. 

4. Bandeng Asap

pxhere.com

Oleh-oleh Bandeng Asap pada dasarnya merupakan kuliner khas Sidoarjo, Jawa Timur. Namun, wisatawan di Surabaya juga gemar dengan kuliner satu ini. 

Seperti namanya, Bandeng Asap merupakan ikan bandeng yang dimatangkan dengan cara diasap. 

Dengan jenis pengolahan seperti itu, Bandeng Asap akan terasa lezat dan juga tahan lama. Kamu bisa membawa ikan ini sebagai oleh-oleh karena Bandeng Asap bisa tahan dalam beberapa hari. 

5. Almond Crispy

anekatempatwisata.com

Selanjutnya, oleh-oleh khas Surabaya yang paling favorit adalah Almond Crispy. Kue ini bertekstur sangat renyah dengan tambahan almond di atasnya.

Dibuat dengan campuran tepung, gula, susu, serta almond yang disajikan tipis, makanan ini menjadi camilan yang membuatmu ketagihan.  

Di Surabaya, kamu bisa menemukan oleh-oleh ini dalam berbagai cita rasa, mulai dari keju, cokelat, matcha, atau original. Toko kue yang menjual produk ini pun bermacam-macam. 

Dengan cita rasanya yang nikmat dan kemasan yang mewah, Almond Crispy cocok kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga, teman sekolah, hingga teman kantor.

6. Sirup Mangrove

antarafoto.com

Tanaman mangrove dikenal sebagai tanaman yang melindungi pantai dari abrasi. Ternyata, tanaman ini mempunyai buah yang bisa diolah menjadi sirup.

Di Surabaya, kamu bisa menemukan olahan tanaman ini di wilayah Wonorejo, Surabaya. 

Sirup Mangrove atau yang biasa disebut juga dengan Sirup Bogem ini mengandung berbagai manfaat. Sirup tersebut bisa mengobati panas dalam, sariawan, hingga flu yang menyerang tubuh.

Oleh-oleh Surabaya ini bisa kamu bawa jika ingin mengetahui khasiat dan keunikannya. 

7. Kerupuk Ikan Kenjeran

anekatempatwisata.com

Kerupuk Ikan Kenjeran menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang ringan jika kamu bawa sampai ke rumah. 

kerupuk ikan ini dijual di area Pantai Kenjeran sesuai dengan namanya. Oleh-oleh tersebut dijual dengan berbagai macam cita rasa, seperti kulit kakap, teripang, terung, dan udang khas pesisir. 

Kerupuk Ikan Kenjeran cocok kamu jadikan camilan pendamping yang rasanya sudah pasti nikmat. 

8. Suoklat Suroboyo

kulinerkota.com

Makanan kekinian yang cocok menjadi oleh-oleh selanjutnya adalah Suoklat Suroboyo Coklat. 

Ada tujuh variasi rasa yang bisa kamu rasakan, yaitu chocolate crispy, milk chocolate crispy, dark chocolate crispy, dark chocolate cookies mete, coklat kopi, coklat jahe, dark kurma mete, dan premium coklat.

Bukan hanya menjual cokelat, Suoklat Suroboyo Coklat mendirikan kafe yang ditujukan untuk para anak muda. Jika kamu ingin mengunjunginya, silakan datang ke Jalan Gubeng Kertajaya VIIC, Surabaya. 

9. Siropen Telasih

oleholehdarisurabaya.com

Siropen Telasih merupakan minuman khas Surabaya yang sudah ada sejak zaman Belanda. Minuman ini juga menjadi pabrik sirup pertama yang dibangun sejak tahun 1923 oleh warga Belanda. 

Sirup yang memiliki sejarah panjang ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, yaitu mawar, cocopandan, vanili,  jeruk keprok, frambosen, leci, arbei, dan melon. 

Kalau kamu penasaran dengan rasanya, silakan mencari Siropen Telasih di berbagai pusat oleh-oleh atau di kafe tertentu. 

10. Abon Sapi Padmosusastro

wordpress.com

Berikutnya, oleh-oleh khas Surabaya yang sangat melegenda adalah Abon Sapi Padmosusastro. 

Berbeda dengan abon sapi lainnya, olahan sapi ini sudah didirikan sejak tahun 1995. Mereka bahkan menjadikan kampungnya di Jalan Padmosusastro sebagai sentra abon sapi. 

Kualitas yang ditawarkan pun sangat terjamin. Bahkan, lauk ini bisa bertahan sampai enam bulan lamanya. Oleh karena itu, abon ini sangat cocok kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah

11. Bunarendang

twitter.com/bunarendang

Bunarendang merupakan akronim dari burger nasi rendang. Makanan ini merupakan inovasi dari sajian Padang yang dibuat dengan model cepat saji seperti burger. 

Burger tersebut terdiri dari nasi yang ditumpuk dengan isian rendang yang dibentuk menyerupai burger. Kamu bisa menemukan makanan unik ini di kawasan Manyar dan beberapa kawasan lainnya. 

Namun, dengan isian nasi dan rendang yang basah, makanan ini perlu cepat disantap setelah disajikan. Jika sudah dingin, kamu bisa menghangatkan oleh-oleh Surabaya ini dengan microwave. 

12. Kaus Cak Cuk

instagram.com/cakcuksurabaya

Beralih dari macam-macam makanan, oleh-oleh khas Surabaya kali ini berupa souvenir kaus. Seperti Dagadu di Jogja dan Joger di Bali, Surabaya juga mempunyai toko kaus khas bernama Kaus Cak Cuk. 

Kaus yang diproduksi oleh Cak Cuk kebanyakan merupakan kaus oblong dengan kata-kata hasil kreasi anak muda yang khas Surabaya. Hal itu seperti kata Cak dan Cuk merupakan sebutan untuk bahasa Surabaya yang kasar untuk memanggil Mas atau Bang.

Tak hanya kaus, kamu juga bisa menemukan pin, mug, tas, hingga patung di toko mereka yang salah satunya terletak di Jl.Mayjen Sungkono 35 Surabaya.

13. Keripik Buah Kane

kanefood.com

Kembali ke jenis oleh-oleh makanan yang bisa awet dalam jangka waktu yang lama, kali ini adalah keripik buah produksi Kane Kane. Keripik buah ini digoreng dengan minyak kelapa yang sehat. 

Kemudian, buah tersebut diproses dengan mesin vaccuum frying dan ada pula yang digoreng biasa sehingga membuatnya lebih renyah dan tahan lama tanpa pengawet. 

Berbagai jenis keripuk buah Kane di antaranya adalah keripik nangka, apel, salak pondoh, nanas, hingga keripik pisang utuh. 

14. Cakue Peneleh

instagram.com/cakue.peneleh

Cakue Peneleh merupakan salah satu jajanan legendaris khas Surabaya yang wajib kamu coba. Cakue ini bisa kamu temukan di daerah Pasar Atom yang menjadi pusat jajanan Surabaya. 

Cakue Peneleh sangat legendaris karena umurnya sudah 30 tahun lamanya, tepatnya sejak 1988. Kini, mereka terus berinovasi menghidangkan berbagai cakue dengan isian yang bervariasi. 

Tak hanya itu saja, tempat ini juga menyediakan aneka jajanan lainnya, seperti roti goreng sampai bika ambon. Jangan khawatir, kamu tetap bisa membawanya sebagai oleh-oleh khas Surabaya karena ada yang berbentuk frozen. 

15. Oseng Tuna Asap

instagram.com/otaji_surabaya

Oseng tuna asap merupakan makanan siap saji yang dibuat dari ikan tuna segar yang diolah dengan proses pengasapan dengan bumbu. Oseng tuna asap yang paling terkenal di Surabaya adalah OTAJI atau oseng tuna asap Jeng Intan.

Makanan yang cocok dijadikan lauk ini terdiri dari 2 varian rasa, yakni original yang tidak pedas dan rasa pedas. Ada pula varian lainnya seperti rica-rica tuna, kare tuna asap, dan peda lombok ijo. 

16. Kue Mente

wisatarasasurabaya.com

Selain almond crispy cheese, kue kering lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah kue mente. Kue ini merupakan makanan khas Surabaya dengan resep kuno berbentuk bulat seperti kastangel tanpa isi.

Seperti namanya, kue ini berbahan dasar kacang mete asli tanpa campuran yang dihaluskan. Kemudian, kacang yang dihaluskan tersebut dicampur dengan adonan lainnya. 

Cita rasa kue ini adalah gurih dan manis yang akan membuatmu ketagihan saat mencobanya. Selain itu, kue mente cocok menjadi oleh-oleh untuk keluarga. 

17. Belinjo Udang

tokobogajaya.com

Sedikit berbeda dari emping melinjo biasanya, oleh-oleh khas Surabaya Belinjo udang goreng merupakan makanan yang terbuat dari biji melinjo dan campuran daging udang. 

Melinjo merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan melinjo dengan bumbu rempah dan daging udang segar. 

Dengan begitu, cita rasa yang dihasilkan adalah lezat, gurih, dan nikmat. Kamu bisa memakannya sambil bersantai bersama keluarga. 

18. Bebek Djangkep

djangkep.co.id

Bukan hanya sambal dan oseng saja, di Surabaya terdapat kuliner sekaligus oleh-oleh Bebek Djangkep yang wajib kamu coba. Makanan ini dibuat dari bebek segar berkualitas yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia. 

Kamu bisa membeli dan menyajikannya kapan saja karena dibungkus dengan kemasan kedap udara. 

Bebek Djangkep tersedia dalam aneka varian, mulai dari bebek bumbu kuning sampai bebek betutu. Kamu juga bisa memilihnya sesuai dengan ukuran yang kamu mau lho!

19. Kue Bikang Peneleh

bikangpeneleh.com

Bikang Peneleh Surabaya merupakan salah satu tempat jajanan kue tradisional yang menjadi favorit para wisatawan. Di sana, kamu bisa mendapatkan berbagai jajanan pasar yang bervariasi dan cocok sebagai oleh-oleh Surabaya.

Makanan tradisional ini memiliki cita rasa yang otentik karena sudah didirikan sejak 1978. Berbagai makanan yang dijual di Bikang Peneleh mulai dari bikang, lemper, pastel, sus, sampai aneka bolu dan lapis. 

20. Surabaya Patata

surabayapatata.com

Selanjutnya, oleh-oleh khas Surabaya berupa kue ada Surabaya Patata. Seperti namanya, kue ini terbuat dari kentang atau dalam bahasa Spanyol adalah Patata. Kue ini merupakan bisnis yang didirikan oleh Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis. 

Ada berbagai varian kue yang tersedia di Surabaya Patata, yakni Cheese Patata, Green Tea Patata, Nutella Patata, sampai Tiramisu Patata. Semuanya tampak begitu premium dengan bahan dasar utama kentang dan bahan premium lainnya. 

21. Lapis Kukus Pahlawan

lapispahlawan.co.id

Kota yang dijuluki Kota Pahlawan ini memang sangat populer dengan kue lapisnya. Seperti pada umumnya, kue lapis terbuat dari campuran tepung terigu dan singkong.

Namun, hal yang membedakan Kue Lapis Pahlawan dengan kue lainnya ada di cara pembuatannya. Lapis Kukus Pahlawan menjadi kue lapis pertama yang dibuat dengan cara dikukus.

Teksturnya yang jauh lebih lembut membuatnya pas dikonsumsi untuk semua kalangan. Tidak hanya menyajikan rasa original, tetapi ada berbagai varian rasa kekinian yang bisa kamu coba, seperti rasa cheese cake, blackforest, choco cookies bahkan ada rasa terang bulan.

22. Almond Tart

lapispahlawan.co.id

Selagi berkunjung ke Lapis Kukus Pahlawan, jangan lupa untuk mencoba kue almond tart-nya. Tersedia dengan empat jenis varian, yaitu original, cokelat, keju, stoberi, dan abon. Isiannya pun juga cukup melimpah.

Teksturnya lembut di dalam, tetapi juga renyah di pinggiran crust-nya. Ditambah taburan almond di atas isiannya menjadikan rasa kue ini makin nikmat. 

Almond tart juga cukup tahan lama sekitar 14 hari. Karena itu, oleh-oleh Surabaya ini sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan.

23. Kue Blinjo

tokobogajaya.com

Olahan dari buah melinjo satu ini sayang jika dilewatkan ketika sedang berkunjung ke Kota Surabaya. Memiliki rasa yang cenderung gurih, Kue Blinjo cocok dinikmati bagi orang yang kurang begitu suka rasa manis. 

Kamu bisa menjadikan Kue Blinjo sebagai oleh-oleh khas Surabaya yang cocok dijadikan pendamping minum teh atau kopi. Perpaduan antara rasa gurih, asam, dan pahit menghadirkan cita rasa yang unik dan bisa dicoba.

24. Sambal CUK

sambalcukindonesia.co.id

Sambal CUK atau Cabe Ulek Kemasan adalah sambal tradisional rumahan yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas. Saat ini, ada 18 varian sambal yang memiliki cita rasa khas masing-masing.

Misalnya, varian ikan asin klotok yang memiliki rasa asin dan pedas yang nikmat disantap bersama nasi hangat.

Sambal memang menjadi olahan favorit orang Indonesia. Karena itu, Sambal CUK dapat menjadi oleh-oleh buat kamu pencinta sambal atau makanan pedas saat sedang berlibur di Kota Surabaya.

25. Pohong Tata

instagram.com/pohong_tata

Dalam bahasa Jawa, pohong berarti singkong. Bahan makanan tersebut merupakan bahan yang sering diolah orang Indonesia sebagai pengganti nasi atau untuk dimakan sebagai cemilan. Pohong Tata menjual produk olahan singkong dari Surabaya. 

Pohong Tata juga menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang sudah berjualan sejak tahun 1995. Mereka memiliki konsep street food, jadi bisa ditemukan di area publik atau acara bazar makanan serta bisa dipesan secara online.

Tidak hanya berjualan singkong goreng, ada varian snack lainnya, seperti bakso goreng, tahu isi jumbo, dan lainnya.

26. Kerupuk Udang Lobster

shopee.co.id/BHEK68

Oleh-oleh Surabaya selanjutnya adalah kerupuk udang lobster yang rasanya gurih dan renyah. Selain bisa dijadikan sebagai pelengkap saat makan, kerupuk udang ini juga cocok dijadikan camilan saat nonton. 

Berbeda dari kerupuk udang biasanya, kerupuk udang lobster dari Surabaya dibuat dari udang berukuran jumbo. Hal itu membuat cita rasa kerupuk ini lebih nikmat dan daripada kerupuk udang biasanya. 

27. Sepatu Khas Wedoro

jatim.antaranews.com

Kalau kamu mencari oleh-oleh yang awet, sepatu menjadi pilihan yang menarik. Di Sidoarjo, Jawa Timur, terdapat sentra produksi sandal tepatnya di Desa Wedoro.

Banyak pengrajin dan pekerja yang menggantungkan usahanya untuk bisnis ini. Bahan yang dipakai untuk membuat sandal dan sepatu di Wedoro kebanyakan dari kulit hewan.

Nah, kamu bisa mendapatkan sepatu dan sandal berbahan kulit dengan kualitas bagus namun harganya terjangkau di Wedoro. 

Itulah 27 oleh-oleh khas Surabayaa yang bisa kamu bawa untuk keluarga serta orang terdekat lainnya. Kamu bisa mencarinya di toko oleh-oleh di surabaya dan memilih mana yang praktis serta mudah dibawa selama di perjalanan. 

Kira-kira, apa saja oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang?

IDN Media Channels

Latest from Travel