Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Wisata Ungaran Favorit yang Indah dan Sejuk

Suasananya memukau

Nafi' Khoiriyah

Berwisata ke Semarang bukan hanya bisa di kotanya saja, tetapi juga bisa menjelajahi sekitar pegunungan di kawasan Ungaran. Wisata Ungaran tentu akan terasa lebih sejuk jika dibandingkan dengan wisata di Semarang kota. 

Destinasinya pun lebih bervariasi, mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner. Kalau kamu tertarik, simak 7 rekomendasi wisata Ungaran di bawah ini, ya!

1. Rawa Pening

instagram.com/bolang_rawapening

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Rawa Pening. Pemandangan alam di Rawa Pening ini tampak begitu eksotis karena keberadaan danau yang luas dan latar pegunungan di belakangnya.

Bukan hanya bisa menikmati pemandangan saja, kamu juga bisa mencoba aneka wahana permainan yang ditawarkan di sana. Selain danau dan wahana permainan, ada pula pemandangan hijau dari tumbuhan eceng gondok yang sangat luas.

Danau ini berada di antara empat kecamatan, yakni Kecamatan Bawen, Ambarawa, Tuntang, dan Banyubiru. 

2. Candi Gedong Songo

instagram.com/visit.candigedongsongo

Wisata Ungaran selanjutnya merupakan sebuah candi yang berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, tak jauh dari Ungaran. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang sudah dibangun sejak abad ke-8. 

Totalnya ada lima kumpulan candi yang berada di beberapa sisinya. Selain melihat dan mengabadikan foto di sekitar candi, pengunjung juga akan merasakan udara yang sejuk di sekitarnya. Sebab, lokasi candi ini ada di kaki Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian mencapai 1.200 mdpl. 

3. Watu Gunung Ungaran

instagram.com/watugunung_lerep_ungaran

Watu Gunung Ungaran merupakan lokasi pemandian yang memiliki nuansa Jawa. Lokasinya juga sering disebut sebagai Kolam Renang Lerep yang airnya jernih. Bukan hanya lokasi pemandian biasa, Watu Gunung ini memiliki air yang bersumber dari gunung. 

Maka dari itu, airnya akan terasa begitu dingin dan jernih, cocok untuk menyegarkan badan. Terdapat 3 pilihan kolam yang bisa dipakai untuk berenang maupun berendam dengan ketinggian kurang lebih 120 cm. 

4. The Fountain Waterpark

instagram.com/fountainungaran

Jika kamu berwisata bersama anak-anak, maka wisata Ungaran The Fountain Waterpark  jadi lokasi yang tepat. Tempat ini merupakan kolam renang yang bisa digunakan untuk semua usia. 

Ada beberapa pilihan kolam renang untuk digunakan wisatawan, mulai dari kolam renang balita sampai dewasa. Lokasinya pun masih berada di lereng Gunung Ungaran sehingga udaranya sejuk. 

5. Umbul Sidomukti

umbulsidomukti.com

Berada di Desa Sidomukti Jimbaran, Bandungan, Umbul Sidomukti menjadi destinasi yang tak boleh dilewatkan. Di sini, pengunjung bia berenang, outbound, atau sekadar menikmati pemandangan alam. 

Di kawasan Umbul Sidomukti juga tersedia penginapan, play ground, bahkan camping ground yang bisa digunakan. Namun, destinasi utamanya adalah Taman Renang Alam yang merupakan tiga kolam renang bertingkat dengan air dari pegunungan.

6. Gunung Ungaran

instagram.com/bariklanaa_99

Belum afdal rasanya kalau berkeliling wisata Ungaran tanpa berkunjung ke Gunung Ungaran. Gunung ini berada di ketinggian 2.050 mdpl dengan tipe gunung stratovolcano. Lokasinya itu cocok menjadi tempat pendakian bagi pendaki pemula. 

Nantinya, para pendaki bisa melewati tiga puncak Gunung Ungaran, yakni Botak, Gendol, dan Ungaran. Sementara itu, ada beberapa jalur yang bisa dipilih oleh para pendaki, yaitu jalur Medini dan Gedong Songo. 

7. Kampung Kopi Banaran

instagram.com/maryviolethan

Destinasi yang terakhir ini ditujukan untuk para pencinta kopi, yakni Kampung Kopi Banaran. Wisata ini berada di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan dengan ketinggian 480-600 mdpl. Suhu udara di sekitar destinasi ini cukup sejuk sehingga banyak yang singgah ke sana. 

Selain menyediakan kopi, di Kampung Kopi Banaran wisatawan juga bisa menaiki wahana ATV dengan menyewa sejumlah tertentu. Ada pula fasilitas glamping, villa, hingga resor yang bisa menjadi alternatif menginap menarik lainnya. 

7 destinasi wisata Ungaran di atas akan jadi tujuan yang menyenangkan saat liburan bersama keluarga. Suasana alamnya yang sejuk dengan berbagai pesonanya akan membuat wisata jadi lebih berkesan.

Selamat berlibur, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel