Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Lembah Tercantik di Indonesia untuk Wisata Alam

Barangkali bosan wisata alam mendaki gunung

Reyhan Putri

Meski terkenal memiliki banyak gunung dengan pemandangan indah serta jalur yang menantang, nyatanya Indonesia juga memiliki banyak lembah yang tak kalah cantik juga. Bahkan lembah-lembah ini tak kalah cantik dari lembah yang ada di luar negeri seperti Swiss.

Tahun 2023 sebentar lagi akan berganti dan juga akan memasuki musim liburan akhir tahun. Bagimu yang ingin berwisata alam namun bosan mendaki gunung, berikut Popbela jabarkan beberapa lembah di Indonesia dengan pemandangan paling cantik untuk dimasukan dalam daftar kunjungan wisatamu.

1. Lembah Anai

indonesiakaya.com

Jika biasanya saat menyetir kita bisa melihat gunung yang membentang di kejauhan, namun lembah satu ini akan menyajikan pemandangan berupa air terjun yang terlihat dari jalan raya. Hal ini disebabkan karena Lembah Anai terletak langsung di pinggir jalur utama Padang - Bukittinggi. Air terjun dari Lembah Anai berasal dari aliran Sungai Batang Lurah dengan dengan hulu di Gunung Singgalang.

2. Lembah Ramma

smartcity.gowakab.go.id

Meski harus dicapai dengan melalui jalur berliku bahkan mendaki gunung, namun pastinya Lembah Ramma akan memanjakan hasrat bertualangmu serta memberikan hadiah berupa pemandangan yang asri dan indah. Lembah ini terletak di kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Perjalanan menuju Lembah Ramma biasanya diawali di Desa Lembanna.

3. Lembah Baliem

unsplash.com/@linkay_

Lembah Baliem berada di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Uniknya, lembah ini menjadi tempat tinggal beberapa suku di Papua, salah satunya yang terkenal sejak zaman penjelajahan Eropa, yaitu Suku Dani. Setiap tahun di bulan Agustus, Lembah Baliem akan menaungi festival budaya bertajuk Festival Lembah Baliem. Selain itu, lembah ini juga terkenal dengan adanya pasir putih tanpa pantai.

4. Lembah Bada

commons.wikimedia.org / Tropenmuseum

Taman Nasional Lore Lindu, Poso, Sulawesi Selatan memiliki Lembah Bada di dalamnya. Lembah Bada juga terkenal karena menyimpan banyak bukti sejarah berupa patung megalitikum yang berasal dari abad ke-14 serta ratusan puing. Di tengah lembah ini juga mengalir Sungai Lariang yang pernah dijadikan tempat perlombaan arung sungai.

5. Ngarai Sianok

indonesiakaya.com

Ngarai Sianok merupakan jurang yang terbentang di sepanjang perbatasan Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Kedalaman jurangnya mencapai 100 meter dengan lebar 200 meter dan terbentang sepanjang 15 kilometer. Di tengah lembah ini dialiri sungai yang disebut Batang Sianok. Sungai ini sekarang bisa diarungi dengan kayak atau kano. Di tepi Batang Sianok juga menjadi habitat dari berbagai hewan liar seperti rusa dan babi hutan.

6. Lembah Pantunan

bangbangdesa.id

Meski terkenal dengan pantainya, namun Bali juga menyajikan wisata alam lain yang bisa kamu nikmati. Lembah Pantunan misalnya yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Lembah ini masih digunakan penduduk sebagai lahan sawah, sehingga pemandangan sawah yang luas akan memanjakanmu ketika berkunjung ke sini. Terdapat beberapa mata air di lembah ini yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan adat masyarakat Bali.

7. Lembah Harau

indonesiakaya.com

Kembali ke Sumatra Barat, terdapat sebuah ngarai yang terletak di Kabupaten Payakumbuh. Lembah ini diapit oleh dua bukit cadas terjal setinggi 100-500 meter. Lembah Harau menjadi suaka margasatwa serta cagar alam berbagai flora dan fauna seperti monyet ekor panjang serta hewan langka lainnya. Di daerah ini juga beredar legenda tentang Puti Sari Banilai yang menceritakan terbentuknya Lembah Harau ini.

Indah bukan lembah dari berbagai daerah ini? Kira-kira akhir tahun ini, mana yang ingin kalian kunjungi lebih dulu?

Disclaimer: artikel ini telah rilis di IDN Times dengan judul "[QUIZ] Bisa Tebak Nama Lembah Cantik di Indonesia Ini?", penulis: Fasrinisyah Suryaningtyas.

IDN Media Channels

Latest from Travel