Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Membersihkan Kepiting yang Baik dan Benar

Agar pengalaman makan kepitingmu semakin nikmat

Natasha P.

Daging yang lembut serta tinggi protein membuat kepiting kerap disulap menjadi olahan yang lezat kaya rempah dan bumbu. Misalnya saja, kepiting saus padang, kepiting asam manis, ketam kepiting dan bubur kepiting.

Walaupun dicintai banyak penikmat kuliner, nyatanya banyak sekali kepiting yang terjual dalam kondisi belum dibersihkan. Hal ini karena membersihkan kepiting membutuhkan tips khusus. Mengingat beberapa bagian tubuh kepiting harus dibuang lantaran mengeluarkan bau amis dan kotoran yang pekat

Namun, jangan khawatir! Kini kamu bisa membersihkan kepiting segar yang benar sebelum diolah menjadi makanan yang menggiurkan selera. Mengutip beberapa sumber, yuk simak 7 cara membersihkan kepiting di bawah ini!

1. Buang cangkang keras kepiting

Media Edukasi dan Informasi

Agar pengalaman kulinermu semakin afdol, sebaiknya buang beberapa bagian tubuh kepiting yang tak dibutuhkan. Termasuk bagian cangkang keras berbentuk segitiga yang terletak pada bagian bawah kepiting. Hal ini karena cangkang segitiga tak mengandung daging dan berisiko melukai mulut ketika disantap.

Untuk menghilangkannya, kamu cukup mencongkelnya menggunakan pisau. Biasanya cangkang keras pada kepiting jantang berkarakteristik lebih kecil, semput, dan runcing. Sebaliknya, kepiting betina berbentuk lebih besar, lebar, dan bulat.

2. Buang bagian tajam pada kepiting

Steemit.com

Beberapa bagian tubuh yang tajam pada kepiting seperti kuku, duri, dan capit dapat melukai mulut dan lidah. Karena itu, selalu potong kuku dan duri kepiting yang tak mengandung daging dengan gunting khusus. Jangan lupa selalu pukul capit kepiting dengan gagang pisau supaya bumbu lebih meresap dan mudah dilepaskan.

3. Lepaskan batok kepiting

Xantilicious.com

Jika kamu perhatikan, pada batok kepiting terdapat lubang kecil di antara tubuh dan cangkang atas. Pada bagian tersebut, tersimpan lemak kepiting yang bisa kamu manfaatkan sebagai saus dan kaldu alami.

Cabut batok kepiting dengan cara memasukkan jari di antara lubang kecil tersebut, lalu tarik batok kepiting ke atas. Simpan lemak kepiting di dalam cangkang ke dalam wadah dan gunakan cangkangnya sebagai tempat hidangan yang unik. Jangan lupa agar cangkang dibersihkan dahulu ya, Bela!

4. Membuang insang

The Spruce Eats

Selanjutnya, kamu bisa mencabut insang kepiting yang berbulu dengan cara menariknya seperti langkah di awal. Buang pula ujung kaki kepiting yang tak mengandung daging dengan memutarkannya hingga putus. Kamu bisa memulai dengan melepaskannya dari kaki kepiting yang paling besar dahulu. Untuk mempermudah proses pencabutan, kamu bisa memakai cracker khusus kepiting.

5. Bersihkan dengan air mengalir

Fathomseafood.com

Langkah di atas akan sia-sia saja jika kamu tak membersihkannya dengan air mengalir. Mengapa? Membilas kepiting dengan air bersih akan merontokkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal, baik di cangkang, sela-sela yang sulit terjangkau, dan daging kepiting.

Langkah ini juga sangat penting agar nantinya kepiting dalam kondisi segar dan bersih ketika akan dimasak.

6. Rebus atau kukus dulu

Youtube.com/Wall Street Journal

Mengutip laman The Spruce Eats, kamu bisa merebus atau mengukus kepiting segar terlebih dahulu untuk mematikan bakteri dan kuman yang tertinggal. Merebus kepiting juga dapat melembutkan daging dan memudahkanmu dalam membuka cangkangnya yang keras.

Langkah satu ini pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkannya ke dalam panci sampai badan kepiting terendam sempurna. Lalu rebus selama 10-15 menit hingga matang. Keluarkan kepiting rebus, angkat dan dinginkan dengan air mengalir. 

Sebagai tips tambahan, kamu bisa merebus kepiting dengan rempah, jeruk nipis, atau lemon untuk menghilangkan aroma amis sekaligus menambah rasa pada daging.

Itulah 6 tips membersihkan kepiting yang bisa kamu coba. Jika kepiting sudah bersih, kamu bisa langsung dimasak sesuai selera dengan bumbu atau rempah pilihan. Yuk, mulai terapkan!

IDN Media Channels

Latest from Food