Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menikmati Pesona Alam dengan Monyet Salju di Snow Monkey Park, Jepang

Pemandangan ikonik dengan monyet di onsen

Nabila Damaan

jepang memiliki beragam destinasi wisata yang menawarkan pengalaman unik dan berkesan. Belum lagi berbicara musim gugur yang romantis dan musim dingin yang menyenangkan. Salah satu tempat yang patut dikunjungi adalah Snow Monkey Park atau Jigokudani Yaen Koen, yang terletak di Prefektur Nagano.

Menjadi salah satu tempat yang menawarkan keindahan alam sekaligus keunikan di Negeri Sakura. Bagaimana tidak, taman terpencil di Nagano ini merupakan rumah bagi sekelompok kera liar Jepang. Lantas, apa istimewa taman ini? Yuk, kita telusuri pesona dan keunikan Snow Monkey Park Jepang!

1. Keunikan Snow Monkey Park Jigokudani

theworldtravelguy.com

Salah satu daya tarik utama Snow Monkey Park adalah suasana alaminya yang menakjubkan, terutama selama musim dingin ketika salju menutupi lanskap. Pemandangan pegunungan yang berselimut salju menciptakan suasana yang damai dan menenangkan. Tempat ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam Jepang yang memukau.

Selain pemandangan menakjubkan, taman ini menawarkan pengalaman tak terlupakan, yakni menyaksikan segerombolan kera liar dengan asyik menikmati kehangatan di dalam onsen (pemandian air panas).

Yup, taman ini merupakan rumah bagi kera liar Jepang. Para kera secara bebas berkeliaran di area taman dengan petugas yang rutin memberikan mereka makanan. Pemandangan ikonik dengan monyet di onsen yang dikelilingi salju dapat disaksikan mulai akhir Desember hingga awal April.

2. Konservasi dan edukasi lingkungan

thegate12.com

Selain menjadi tempat wisata, Snow Monkey Park juga berkontribusi pada konservasi dan edukasi lingkungan. Pihak pengelola berupaya untuk memelihara lingkungan alami monyet salju dan memberikan informasi kepada pengunjung tentang pentingnya pelestarian habitat alamiah. Ini menciptakan kesadaran tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem untuk keberlanjutan masa depan.

3. Lokasi dan cara menuju Snow Monkey Park

tokyocheapo.com

Snow Monkey Park Jigokudani berada di Yamanouchi, distrik Shimotakai, Nagano, Jepang. Letaknya di dalam Taman Nasional Shiga Kōgen yang luas, tempat yang biasanya digunakan untuk hiking, serta bermain ski dan selancar salju. 

Dibutuhkan minimal 4 jam untuk sampai ke Snow Monkey Park Jigokudani dari Tokyo, tergantung moda transportasi dan kondisi lalu lintas atau cuaca. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan dapat menggunakan transportasi umum seperti kereta dan bus, diikuti dengan pendakian sekitar 30 menit dari stasiun terdekat. Meskipun perjalanan bisa menjadi tantangan, pemandangan indah di sepanjang jalan membuatnya sepadan.

4. Aturan dan pengingat

thetravelmentor.com

Seperti yang dikatakan di atas, taman ini merupakan rumah bagi kera liar Jepang. Para kera di sana  mungkin suka mandi, tetapi mereka belum bisa dijinakkan. Seperti hewan liar lainnya, penting bagi pengunjung untuk tidak mencoba menyentuh atau memberi makan mereka. 

Kamu dilarang membawa makanan  dan minuman, ingatlah untuk selalu menjaga jarak aman, dan hindari menatap mata manusianya (mereka akan menganggapnya sebagai ancaman). Jangan mencoba mandi bersama mereka. Kamu cukup menikmati saja pemandangan mereka memanfaatkan pemandian luar ruangan yang 100% gratis.

5. Jam buka, biaya masuk dan waktu terbaik berkunjung

tokyocheapo.com

Snow Monkey Park Jigokudani buka setiap hari mulai, Bela. Dibuka pada pukul 08.30 hingga 17.00 pada bulan-bulan hangat, dan pukul 09.00 hingga 16.00 antara bulan November dan Maret. Biaya masuk taman adalah ¥ 800 untuk dewasa, dan setengahnya untuk anak-anak.

Nah, waktu terbaik berkunjung ke taman ini adalah di antara bulan Januari dan Februari. Wilayah Yamanouchi menerima hujan salju lebat di musim dingin, dan umumnya berwarna putih dari bulan Desember hingga Maret. Namun, bulan Januari dan Februari dikatakan sebagai waktu terbaik dalam setahun untuk mengunjungi Snow Monkey Park Jigokudani. Waktu dan tempat yang tepat untuk melihat pepohonan yang tertutup salju menjadi latar belakang sekelompok kera Jepang yang sedang mandi.

Itulah beberapa informasi mengenai Snow Monkey Park Jigokudani Jepang. Tertarik mencoba sensasinya?

IDN Media Channels

Latest from Travel