Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Netizen Kompak Blokir Media Sosial Selebriti Hollywood Usai Met Gala

Sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina

Zikra Mulia Irawati

Met Gala 2024 menuai kontroversi. Warganet menyoroti perhelatan acara ini yang dilakukan bersamaan dengan serangan Israel di Rafah, Palestina. Sebagai bentuk protes, mereka pun melakukan aksi blokir massal terhadap media sosial milik sederet artis Hollywood yang mereka rasa tidak mau bersuara untuk hal ini.

"Ada sebuah gerakan baru untuk meng-cancel selebriti dan influencer, khususnya memblokir mereka, di semua platform media sosial," ujar akun TikTok @Jpall20.

Hal apa saja yang memicu gerakan yang juga disebut Blockout 2024 atau Blocking Boycott ini? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Video kontroversional Haley Baylee

instagram.com/haleybaylee

Haley Baylee alias Haley Kalil merupakan salah satu bintang media sosial yang kontroversional dalam kasus ini. Ia hadir di Met Gala 2024 dengan busana bunga-bunga dengan konsep era 1600–1700-an.

Akan tetapi, salah satu videonya membuat netizen geram karena ia menyebutkan kalimat "let them eat cake." Kalimat tersebut populer karena diucapkan oleh Ratu Marie Antoinette saat Revolusi Prancis. Saat itu, ia diberitahu bahwa kelaparan yang melanda negaranya membuat rakyat tak memiliki roti. Ia lalu membalas dengan "let them eat cake."

"Pilihan suara yang kamu pakai hari ini begitu LIAR. Kita benar-benar hidup di dunia distopia," tulis salah satu warganet di kolom komentar akun Haley.

Wujud solidaritas netizen untuk Palestina

instagram.com/trtworld

Sejumlah akun TikTok lalu menginisiasi gerakan untuk memblokir media sosial artis dan influencer yang tidak menggunakan platform dan pengaruhnya untuk membela Palestina. Mereka sadar bahwa perhatian netizen lah yang membuat deretan selebriti tersebut memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, memblokir media sosial selebriti tersebut dinilai jadi langkah yang paling tepat.

"Blokir sampai mereka mendukung Palestina. Kita mengontrol uang milik selebriti. Perhatian dan data dari kita adalah mata uang mereka," kata akun TikTok user7372009182618.

Daftar selebriti lain yang diblokir

Nama selebriti lain yang juga jadi sasaran pemblokiran media sosial ini adalah Justin Bieber, Taylor Swift, Selena Gomez, Gal Gadot, Kim Kardshian, Kylie Jenner, Kendall Jenner, Khloe Kardashian, Kris Jenner, hingga The Rock dan Oprah Winfrey. 

"Aku akan membagikan daftar pemblokiran selebriti dan influencer milikku beserta alasannya. Pertama, Justin Bieber. Aku tidak akan pernah lupa dia secara tidak sengaja mengunggah potret Gaza dan berkata, 'berdiri bersama Israel,'" ungkap akun TikTok @littleyeg.

Apakah kamu turut meramaikan gerakan ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from News