Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Fakta Kota Matera di Italia, yang Memiliki Pemandangan Spektakuler

Pernah dengar nama kota ini?

Cynthia Claudia

Matera adalah sebuah kota di kawasan Basilicata, italia. Kota yang disebut sebagai Kota Gua ini menyajikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung untuk tinggal di sebuah gua.

Popularitas kota Gua ini dimulai dari berbagai lokasinya yang dijadikan lokasi syuting film-film terkenal. Meskipun disebut sebagai Kota Gua, namun pemandangan di sekitarnya sangat spektakuler. 

Jadi, kamu yang berlibur ke Italia wajib banget mampir ke Kota Matera. Seperti apa, ya, Kota Matera ini? Berikut ini telah Popbela rangkum deretan fakta-fakta yang perlu kamu ketahui tentang Kota Matera di Italia.

1. Matera dulu dikenal sebagai kota termiskin dan banyak penyakit yang meluas di distrik-distrik Sassi kuno, hingga tahun 1950-an.

instagram.com/conquermilesandsmiles

2. Namun, seiring berjalannya waktu, kota ini sudah bertransformasi menjadi kota yang sangat indah dengan pemandangan yang spektakuler.

instagram.com/vivomatera

3. Kota Matera dianggap sebagai kota tertua ketiga di dunia setelah Kota Aleppo dan Jericho.

instagram.com/lucian_25ro

4. Kota Matera merupakan tempat tinggal tertua di zaman Paleolitikum, lho!

instagram.com/sarmaxi

5. Dinding setiap Kota Matera dicat berwarna cokelat. Jadi, warnanya benar-benar serasi dan kesannya teduh dan menenangkan!

unsplash.com/Giuseppe Mondì

6. Kota Matera menjadi salah satu bangunan warisan dunia UNESCO pada tahun 1993 dan menjadi Ibukota Kebudayaan Eropa pada tahun 2019. Jumlah pengunjung terus bertambah di kota ini sejak saat itu.

instagram.com/vivomatera

7. Wisatawan yang berkunjung ke kota ini diberi kesempatan untuk menghabiskan waktu di dalam gua. Mulai dari menginap di dalam gua, makan dan minum di dalam gua, dan mengunjungi museum gua.

trip101.com

8. Kota Matera di Italia memiliki jalanan yang sempit, hingga mirip seperti sebuah labirin.

instagram.com/fa.by.x

9. Jarang sekali terlihat kendaraan di kota Matera. Jika kita mau pergi ke suatu tempat, harus jalan kaki.

pinterest.com

10. Kota Matera sering dijadikan lokasi syuting untuk film, contohnya The Passion of The Christ dan Nativity Story.

unsplash.com/Giulia Gasperini

11. Film James Bond: No Time To Die, juga ternyata pernah syuting di kota ini!

orissapost.com

12. Film-film yang syuting di kota tersebut membawa peluang untuk mempromosikan budaya, sosial, dan wisata Kota Matera di Italia.

ew.com

Itulah deretan fakta tentang Kota Matera di Italia, Kota Gua yang ternyata memiliki pemandangan spektakuler. Gimana, nih, tertarik nggak berkunjung ke kota Matera?

IDN Media Channels

Latest from Travel