Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Barang yang Wajib Dibawa Saat Pertama Kali Liburan Musim Dingin

Supaya tubuhmu tetap hangat di saat liburan musim dingin

Audia Natasha Putri

Sulit sekali untuk berkata tidak saat pertanyaan "apakah kamu ingin merasakan musim salju yang dingin?" tertuju padamu. Sebagai penghuni negara tropis di Indonesia yang terbiasa hidup dengan musim kemarau dan hujan, maka sebuah impian besar bila ingin merasakan lembutnya salju yang putih.

Di pengujung tahun 2023 ini, banyak wisatawan Indonesia yang mulai mempersiapkan diri untuk liburan musim dingin di negara empat musim, seperti negara-negara di kawasan Asia Timur dan benua Eropa. Biasanya musim salju mulai terjadi di bulan Desember dan berakhir pada bulan Maret.

Nah, Jika ini adalah rencana liburan musim dingin pertama kalinya, sebaiknya kamu perlu melakukan persiapan matang, ya.  Termasuk mempersiapkan 8 barang wajib yang perlu dibawa liburan musim dingin. Barang-barang ini akan mempermudah aktivitasmu selama menikmati salju yang lembut di sana.

1. Obat-obatan

Unsplash.com/Christina Victoria

Tubuh kita yang terbiasa dengan iklim tropis yang hangat, bisa saja mendadak tidak enak badan saat berlibur ke negara bersalju. Ini normal, kok, karena tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan saat menghadapi cuaca dingin. Penyakit suhu dingin seperti radang tenggorokan, nyeri sendi, dan kulit kering pun bisa saja muncul.

Nah, supaya tetap sehat dan tubuhmu optimal, kamu perlu membawa obat-obatan yang dibutuhkan. Kamu tidak mau kan, liburan serumu akan terhambat karena sakit?

2. Pakaian hangat

unsplash.com/Altansukh E

Pakaian hangat punya fungsi utama untuk menghangatkan tubuh di tengah musim dingin yang menyerbak. Terlebih, tubuh yang terbiasa beradaptasi dengan lingkungan tropis yang hangat, akan sangat rentan terkena serangan udara kering yang dingin. Disarankan untuk memilih pakaian berbahan wol, supaya tubuhmu tetap hangat.

Sebagai pertimbangan, kamu bisa memilih jenis pakaian yang mampu menahan air dan butiran salju. Ini supaya butiran salju tak menyerap ke dalamnya. Bahkan merek fesyen tertentu merilis tipe yang mudah digulung dan dilengkapi teknologi penghangat.

Adapun deretan pakaian musim dingin yang wajib kamu masukkan ke koper adalah beanie, syal, winter coat, baju tebal, sepatu anti-air, kaos thermal, dan kaos kaki.

3. Pelembap kulit

pexels.com

Transformasi cuaca tropis dengan rentang 28° hingga 40° celcius ke musim salju yang bersuhu antara 20° sampai -5° celcius, akan membuat tubuhmu syok parah terhadap perubahan ini. Saat hal tersebut terjadi, biasanya tubuh akan memberikan tanda tertentu, seperti kulit kering dan bibir pecah-pecah.

Rekomendasi produk perawatan kulit  yang wajib masuk ke dalam koper adalah lip balm, moisturizer, body lotion, dan suncreen. Set perawatan kulit ini memberikan support kepada kulit supaya tetap lembap dan meminimalkan radikal bebas.

4. Tas anti air

Unsplash.com/Lucas Favre

Musim salju identik dengan butiran salju yang tebal dan dingin. Salju sendiri adalah hasil butiran uap air yang bertemu dengan suhu atmosfer berada pada atau di bawah titik beku (0 derajat Celcius). Maka itu, besar kemungkinan salju yang menempel pada barang bawaan milik kita akan meleleh saat berada di tempat yang lebih hangat.

Mendengar penjelasan singkat di atas, kamu sekarang mengerti kan, mengapa membawa tas anti air sangat penting di musim salju ini? Bukan cuma itu saja, tas anti air ini bisa mengamankan barang berhargamu, seperti dompet, smartphone, dan sebagainya. Jadi, kita pun nggak perlu khawatir deh barang milik kita bakal kebasahan!

5. Long John

Textfabshop.com

Pakaian musim dingin selalu serasi dengan baju long john, yang memang dikhususkan untuk menghangatkan badan dan menyerap keringat. Jenisnya pun banyak macam bahan. Pilihlah long john yang berbahan ringan dan strech, supaya kamu tetap leluasa saat beraktivitas.

6. Earmuff atau penutup telinga

Unsplash.com/freestocks

Hawa dingin yang menerpa dapat mempengaruhi kesehatan telinga. Pasalnya, alat indra pendengar ini sangat sensitif terhadap udara super dingin. Apabila tidak dilindungi dengan baik, udara menusuk ini akan menyebabkam infeksi gendang telinga. Penting sekali untuk menutup telinga dengan earmuff. Aksesori ini juga membuat tampilanmu terlihat lebih modis.

7. Heat pack

Matcha.jp

Keberadaan heat pack di Indonesia mungkin tak begitu terkenal di kalangan masyarakat. Karena, produk penghangat tangan ini memang banyak digunakan di negara empat musim serta suhu yang rendah. Penghangat ini juga banyak dilirik para pendaki gunung, sebagai penolong untuk menstabilkan suhu tubuh serta mencegah hiportemia saat sedang berada di puncak gunung. Didesain praktis supaya mudah dibawa ke mana saja, heat pack selalu hadir dalam kemasan saset dan sekali pakai. 

Itu tadi 7 barang yang wajib kamu bawa saat hendak liburan musim dingin. Nah, sekarang buka aplikasi notes di gawaimu, lalu catat semua deretan barang di atas. Jangan lupa untuk selalu check and recheck sebelum berlibur, supaya tak ada barang yang ketinggalan. Happy holiday!

IDN Media Channels

Latest from Travel