Surga destinasi nggak selalu berupa pasir putih dan sinar matahari yang hangat. Untuk sebagian orang, atau para traveler, wisata yang paling indah di mata mereka dapat berupa pemandangan langit biru, suhu udara yang dingin, dengan semua dataran diselimuti dengan salju putih. Dengan kata lain, mereka menyukai berwisata ketika musim salju tiba, yang biasanya terjadi di akhir menuju awal tahun.

Indonesia nggak memiliki musim salju, sayang sekali, bukan? Namun, kamu bisa menikmatinya di belahan benua lain, Bela. Ada beberapa negara yang terkenal dengan destinasinya ketika musim salju tiba. Melansir dari Traveller, ini daftar negara tujuan yang dapat kamu kunjungi jika ingin merasakan "surga putih" yang menawan.

1. Jepang

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim SaljuMy voyage - WordPress.com

Setiap musim di Jepang memiliki keunikannya sendiri untuk ditawarkan pada para traveler: Bunga Sakura yang bermekaran di musim semi, berbagai festival di musim panas, dedaunan penuh warna di  musim gugur, dan berseluncur di musim salju. Hakuba dan Niseko adalah dua destinasi yang menawarkan wisata ski serta papan seluncur terkenal di mata turis. Namun selain itu, kamu dapat menikmati musim salju dengan cara berbeda, seperti melihat monyet salju di Jigokudani, mengunjungi "rotenburo" atau pemandian air panas terbuka, menikmati festival musim dingin, serta menyantap kuliner khas seperti nabe dan oden! Jadi, apa yang kamu pilih?

2. New Zealand

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim Salju.j2ski.com

Nggak bisa terbang jauh-jauh? New Zealand jadi negara destinasi terdekat dari Indonesia untuk menikmati wisata musim salju. Selain dapat melakukan ski dan snowboard, kamu dapat melakukan aktivitas luar ruangan sepertii bungee jumping dan jet boat! Saat musim salju ini pun, kamu dapat mengunjungi kilang anggur dan menonton paus yang berenang di laut terbuka. Nggak lupa juga, kamu dapat menonton pertandingan rugby.

3. Kanada

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim Salju

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Kanada ketika musim salju tiba. Mulai dari melakukan ski atau snowboard di pegunungan terbaik British Columbia dan Alberta, melakukan pendakian es di lembah Johnston, berkendara di Icecfields Parkway, berseluncur dengan kereta peluncur atau toboggan di Quebec City, memancing ikan di kolam beku, atau hanya berdiri di memandangi langit belahan bumi utara yang memukau.

4. Amerika Serikat

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim SaljuWashington Post

Amerika Serikat terkenal dengan berbagai acara spesial musim saljunya. Mulai dari wisata salju ke Alaska, ski di arena terbuka atau di area dalam mall, berseluncur dengan sepatu salju ke mana pun. Selain itu, musim salju di Amerika Serikat dipenuhi dengan hiasan Natal. Jadi, kamu akan melihat banyak ornamen Natal menghiasi berbagai tempat.

5. Norwegia

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim Saljuheartmybackpack.com

Norwegia menjadi destinasi paling tepat jika kamu hanya ingin menikmati musim salju tanpa melakukan apapun. Cukup datang ke negara ini, dan berdiam di luar ruangan memandang langit di malam hari. Sebab saat musim salju, akan terjadi fenomena Northern Lights yang nggak ingin kamu lewatkan. Bak tirai yang turun ke bumi, kamu dapat melihat cahaya warna-warni memenuhi angkasa di atas Norwegia menari dengan anggun. Namun, bukan berarti nggak ada aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, lho! Kamu bisa mencoba kereta luncur yang ditarik anjing, menjelajah alam terbuka, menghabiskan waktu dengan rusa musim salju, bahkan memelajari olahraga biathlon.

6. Swiss

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim SaljuTwittter.com/@myswissalps

Jika ingin merasaka aktivitas olahraga musim salju, Swiss dapat menjadi destinasi yang tepat. Namun selain itu, negara itu memiliki kebudayaan musim dingin unik yang patut kamu rasakan. Ada hidangan fondue tradisional yang dibuat dari keju alp buatan lokal dan disajikan oleh rumah penginapan tua. Ada minuman kirsch, brandy ceri untuk menghangatkan tubuh di cuaca yang dingin. Ada kegiatan tobaggo menggunakan papan seluncur tradisional yang terbuat dari kayu. Juga, nggak lupa tradisi kuno Natal dan Tahun Baru. Dijamin, kamu bakal betah di sana!

7. Austria

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim Saljupond5.com

Berada di Austria saat musim salju, kamu dapat berkeliling di negara itu untuk menikmati pemandangan yang menawan, seperti pedesaan yang nampak seperti di dongeng, pegunungan berselimutkan salju putih, dan danau yang membeku. Nggak hanya itu, ada budaya yang dapat kamu nikmati di Austria saat musim salju. Mulai dari pasar Natal serta tradisi berkaitan lainnya, kuliner khas musim dingin seperti Kaiserschmarrn yang lezat, serta kebudayaan apres-ski yang terbesar di dunia terjadi di perkotaan resor--salah satunya di St. Anton.

8. Islandia

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim Saljuwakeupreykjavik.com

Pagi dan siang begitu singkat, dan malam menjadi lebih lama ketika berada di Islandia. Jika berniat mengunjungi Islandia saat musim salju, kamu dapat melakukan banyak hal, seperti mengamati fenomena Northern Ligths, mengunjungi wisata alam seperti air terjun Gullfoss, menikmati pemandian air panas dan geyser, mencoba berkuda, menonton paus di laut terbuka, bahkan menyelam dalam celah vulkanik Silfra.

9. Antartika

9 Negara Ini Jadi Destinasi Terbaik untuk Merasakan Wisata Musim Saljudanielkordan.com

Antartika boleh jadi destinasi paling dingin yang kamu kunjungi saat musim salju. Namun mengunjungi negara ini memberikan penngalaman yang berkesan, Bela. Mulai dari perjalanan menggunakan perahu ke Drake Passage, melihat ribuan pinguin, mengunjuni lokasi penelitian, memandangi glasier, sampai mengamati paus yang berenang di laut terbuka!

Ada banyak negara yang memiliki wisata musim salju seru, dan memiliki pemandangan alam yang menawan. Jika surga destinasimu adalah salju dan cuaca dingin, negara-negara di atas ini boleh jadi referensi tujuan wisatamu, Bela!

Baca Juga: Beda Banget! 7 Tempat di Seluruh Dunia ini Berubah Akibat Tertutup Salju