Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Menu Makan Siang Diet yang Sehat dan Padat Nutrisi

Tetap enak dan bernutrisi

Nafi' Khoiriyah

Salah satu tantangan saat akan menjalani diet adalah memilih menu makanannya. Sebab, kita perlu menakar nutrisi yang terkandung di dalamnya serta memilih mana yang benar-benar dibutuhkan tubuh. 

Nah, menu makan siang diet merupakan yang paling krusial di antara semuanya. Sebab, di waktu tersebut tubuh biasanya membutuhkan tenaga yang ekstra untuk bekerja atau aktivitas lainnya. 

Maka dari itu, menu makan siang untuk diet berikut ini bisa kamu pilih supaya tubuh tetap berenergi tapi juga tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. 

1. Salad sayur daging

endeus.tv

Menu yang pertama adalah salad sayur daging. Banyak orang memilih salad untuk diet karena kandungan serat di dalamnya. Namun, tak banyak yang menyadari kalau mengonsumsi salad sayur saja sebenarnya kurang mengenyangkan.

Maka dari itu, solusinya adalah dengan mengombinasikan salad dengan protein yang sehat, seperti daging ayam atau tuna.

Sayuran yang kamu pakai untuk membuat salad itu bisa terdiri dari dua sampai empat cangkir sayuran hijau. Lalu, tambahkan dengan 4 sampai 6 ons protein tanpa lemak dan irisan alpukat di dalamnya. 

2. Mie tumis ayam

cookpad.com

Kalau kamu bosan dengan roti gandum atau nasi merah, maka mie menjadi opsi lainnya yang menarik untuk dinikmati. Bukan mie biasa, mie yang cocok untuk orang yang sedang diet adalah mie shirataki. 

Mie tersebut bisa kamu campurkan dengan sayuran dan protein supaya makin bernutrisi. Untuk sayurannya, sawi atau brokoli akan cocok dipadukan dengan mie shirataki. 

Sementara untuk proteinnya, tambahkan potongan daging ayam atau bakso ke dalamnya. Mi tersebut dimasak dengan bawang putih, kecap, dan minyak secukupnya sehingga tetap terasa nikmat. 

3. Sandwich ayam alpukat

masakapahariini.com

Untuk pekerja kantoran, menyiapkan menu makan siang diet memang gampang-gampang susah. Hal itu karena mereka diburu waktu untuk segera pergi ke kantor. Solusinya adalah memilih menu makan siang yang praktis seperti sandwich ayam alpukat ini. 

Untuk membuat sandwich ayam alpukat, kamu hanya memerlukan roti gandum, alpukat, lemon, selada, tomat dan daging ayam yang sudah direbus sebelumnya. 

Sementara untuk rasanya, campurkan yoghurt plain dan lemon ke dalamnya. Cukup susun saja seperti sandwich, kamu bisa langsung membawanya ke kantor. 

4. Tumis udang brokoli

yummy.co.id

Meskipun sedang diet, bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsi nasi. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah lauk yang bernutrisi seimbang. Tumis udang brokoli adalah salah satu pilihan lauk makan siang yang cocok untuk diet. 

Brokoli memiliki kandungan kalori yang rendah untuk diet. Sementara udang juga merupakan protein yang sangat bergizi. Kamu bisa menumis kedua bahan makanan itu dengan minyak zaitun dan bumbu dasar lainnya. 

Tumis udang brokoli itu bisa kamu nikmati langsung atau ditambahkan dengan nasi merah. Jadi, kamu tak perlu khawatir akan kekurangan nutrisi. 

5. Urap sayur

endeus.tv

Kebanyakan makanan diet memang cenderung berupa makanan western. Padahal, masih ada banyak variasi makanan Indonesia yang bisa kamu modifikasi menjadi makanan diet yang sehat, lho. 

Urap sayur misalnya, makanan ini memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Biasanya, urap dibuat dengan berbagai macam sayuran, seperti kacang panjang, bayam, tauge, dan wortel. 

Lalu, sayuran itu dicampurkan dengan bumbu kelapa parut yang sudah dicampurkan dengan cabai rawit, bawang putih, garam, dan gula. Rasanya akan sangat nikmat meski dimakan tanpa nasi. 

Macam-macam menu makan siang diet di atas bisa kamu variasikan sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Selain menu di atas, menu apalagi yang biasa jadi andalanmu untuk diet? 

IDN Media Channels

Latest from Food