Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Menjemur dan Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan

Biar nggak bau apek

Rara Peni Asih

Belakangan ini cuaca lagi nggak menentu. Tiba-tiba bisa hujan deras. Kalau kamu mengandalkan jasa laundry untuk mencuci semua baju sih aman. Tapi bagaimana kalau belakangan ini kamu lebih memilih mencuci baju sendiri, lalu saat baru menjemur, langit terlihat mendung?

Hal yang kamu khawatirkan pasti baju jadi lembap dan takut jadi bau apek karena nggak ada cahaya matahari. Sedih sih, capek-capek cuci baju, tapi malah nggak ada matahari. Namun jangan keburu kecewa dulu. Soalnya ada kok tips dan trik menjemur serta mengeringkan pakaian di musim hujan yang solutif banget.

Cara Menjemur dan Mengeringkan Pakaian di Musim Hujan

Sinar matahari memang kita butuhkan untuk mempercepat keringnya pakaian setelah dicuci. Namun karena belakangan ini sering hujan, kita juga harus bisa berpikir kreatif gimana baju yang sudah dicuci tetap bisa kering sempurna.

1. Gunakan Pewangi Pakaian Saat Mencuci

Pixabay.com/Monfocus Monfocus

Meskipun sudah menggunakan detergen yang wangi, sebaiknya maksimalkan lagi dengan menggunakan pewangi pakaian dengan takaran lebih banyak dari biasanya. Ini menghindari bau apek ketika cuaca lagi nggak mendukung.

2. Gunakan Mode Pengering Mesin Cuci

Pixabaya.com/StockSnap

Jika kamu mencuci pakai mesin cuci, gunakan saja mode pengering. Meski hasilnya nggak benar-benar kering, hasilnya sangat membantu mempercepat proses ketika menjemur pakaian. Jadi baju yang dijemur nggak perlu memakan waktu terlalu lama.

3. Jemur di Ruangan Terbuka

Pixabay.com/HomeMaker

Jika matahari tak terlalu terik, jangan jemur baju di dalam ruangan. Meski sudah menggunakan pewangi, baju kamu akan bercampur bau lainnya jika dijemur di ruangan tertutup. Sebaiknya sempatkan untuk menjemur pakaian di luar rumah, misalnya seperti di teras atau balkon rumah.

4. Pakai Hanger

Unsplash.com/Marcus Chen

Agar semua sisi pakaian terpapar angin dan sinar matahari yang nggak terlalu terang, gunakan hanger agar baju lebih cepat kering. 

5. Beri Jarak Saat Menjemur Pakaian

Pexels.com/Skitterphoto

Nggak cuma kamu aja yang harus social distancing. Tapi juga pakaian yang akan dijemur wajib banget dikasih jarak, jangan rapat ya. Soalnya keringnya jadi nggak sempurna.

6. Gunakan Hair Dryer

Unsplash.com/Element5 Digital

Jika hujan turun deras sementara kamu baru selesai mencuci, andalkan hair dryer untuk mengeringkan pakaian. Namun risikonya biaya listrik bisa mahal nih kalau digunakan untuk mengeringkan semua pakaian.

7. Memanfaatkan Udara Panas dari Box Outdoor AC

Unsplash.com/Carlos Lindner

Menjemur pakaian tanpa matahari bisa diganti dengan memanfaatkan udara panas yang keluar dari box outdoor AC. Bahkan kamu bisa menggunakan cara ini saat pagi, siang, sore, hingga malam hari!

8. Gunakan Kipas Angin

Unsplash.com/Toshi Kuji

Jika kamu sangat membutuhkan satu baju yang harus dipakai, gunakan saja kipas angin. Cara ini lebih ampuh jika kamu mengeringkan baju terlebih dahulu menggunakan mesin cuci. Sehingga, saat mengeringkan pakaian menggunakan kipas angin jadi lebih cepat.

Menjemur dan mengeringkan pakaian di musim hujan jadi lebih mudah kan kalau sudah tahu trik di atas? Intinya, sedia payung sebelum hujan ya!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends