Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Gaya Presiden Jokowi & Iriana di Upacara HUT RI dari Tahun ke Tahun

Selalu curi perhatian

Nabila Marshanda Aliescha

Presiden Jokowi sering tertangkap kamera menggunakan pakaian adat di berbagai acara resmi kenegaraan. Kepala Negara Indonesia tersebut pernah memberlakukan aturan menggunakan baju adat Betawi bagi pegawai negeri sipil di lingkungan kerja ibu kota setiap hari Jumat sewaktu ia masih menjabat jadi Gubernur DKI Jakarta. 

Sampai hari ini, aturan menggunakan baju adat di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi masih diterapkan hingga jadi kewajiban untuk dikenakan saat perayaan HUT RI setiap tahunnya. Nggak hanya Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana juga nggak kalah manglingi dalam balutan baju adat dari berbagai provinsi di Indonesia, lho.

1. Pada upacara HUT RI 2015, Presiden Jokowi menggunakan classic suit lengkap dengan peci bewarna hitam. Sedangkan, Iriana terlihat stunning dalam balutan kebaya tradisional bernuansa ungu dengan kain songket sebagai selendang .

dok. Internet

2. Classic suit masih jadi andalan Presiden Jokowi pada upacara HUT RI 2016. Nggak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, Iriana memilih kebaya Jawa bernuansa floral yang colorful, rok kain batik dan selendang merah.

dok. Internet

3. Pada upacara HUT RI 2017, Presiden Jokowi hadir menggunakan baju adat khas Tanah Bumbu dari Batulicin, Kalimantan Selatan. Sang Ibu Negara mengenakan baju adat khas Minangkabau dari Sumatera Barat bewarna merah dengan detail bros di bagian tengah.

dok. Internet

4. Presiden Jokowi menggunakan baju adat khas Aceh pada upacara HUT RI 2018, sedangkan Ibu Iriana memakai pakaian adat Minangkabau, Sumatera Barat lengkap dengan hiasan kepala berdetail emas.

dok. Internet

5. Pada upacara HUT RI 2019, Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat Klungkung asal Bali dan Ibu Iriana mengenakan pakaian adat khas Simalungun dari Sumatera Utara.

dok. Biro Pers, Media, Dan Informasi Sekretariat Predisen

6. Pada upacara HUT RI 2020, Presiden Jokowi menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur (NTT), sedangkan Ibu Iriana menggunakan tunik warna cokelat muda berdetail floral dengan kerudung yang matching.

dok. Biro Pers, Media, Dan Informasi Sekretariat Presiden

7. Presiden Jokowi menggunakan pakaian adat Pepadun pada upacara HUT RI 2021, sedangkan Ibu Iriana menggunakan baju kebaya dan kain songket yang dipadu-padankan dengan pointed heels.

instagram.com/jokow

8. Warna merah dan biru kembali terlihat pada upacara HUT RI 2022. Tuai pujian dari warganet, Presiden Jokowi dan sang istri kompak menggunakan baju adat dari Buton, Sulawesi Tenggara.

instagram.com/jokowi

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends