Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Perbedaan Sifat Kain Katun dan Kain Sutra

Wajib tahu!

Dayang Puspita Ranupani

Kamu pasti sudah nggak asing dengan kain katun dan kain sutra. Keduanya memang jadi jenis kain yang paling sering digunakan untuk bahan dasar pakaian. Sama-sama ringan dan nyaman dipakai, kedua kain ini bisa dibilang lebih populer daripada jenis kain lainnya.

Meski keduanya kerap digunakan sebagai pakaian sehari-hari, tentu terdapat beberapa perbedaan yang jelas. Supaya lebih paham, yuk simak perbedaan sifat kain katun dan kain sutra!

1. Mudah menyerap keringat, nggak heran kalau kain katun biasa digunakan untuk pakaian sehari-hari. Bahan dasarnya ialah serat kapas sehingga terasa ringan dan lembut saat dipakai.

pinterest.com

2. Sementara itu, kain sutra terbuat dari serat kepompong larva ulat sutra. Diolah dengan proses yang panjang, kain sutra punya kualitas yang lebih tinggi dan tampak berkilau layaknya mutiara.

dalstonmillfabrics.co.uk

3. Dilihat dari teksturnya, kain katun cenderung mudah kusut dan mengerut. Meskipun begitu, bahannya lebih tahan suhu panas setrika yang tinggi.

pinterest.com

4. Di sisi lain, kain sutra punya jahitan yang lebih rapat dan terkenal awet hingga bertahun-tahun. Teksturnya pun tampak mewah karena punya efek glossy dari fibroin yang ada di dalam serat bahannya.

etsy.com

5. Jika kamu mencari kain dengan harga yang lebih terjangkau, kain katun jawabannya. Proses pembuatan yang tergolong rumit membuat kain sutra dijual dengan harga yang mahal.

newtess.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends