Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Mengeringkan Sepatu dengan Cepat dan Mudah, Bisa Dicoba!

Coba sebelum sepatumu bau!

Dayang Puspita Ranupani

Saat musim hujan, nggak jarang kamu pulang ke rumah dengan keadaan basah, termasuk pada sepatu. Walau sudah siaga bawa payung, sepatu bisa saja tetap basah karena cipratan air hujan.

Proses pengeringan sepatu yang cenderung lama tanpa adanya terik matahari sering kali buat sepatu malah jadi bau. Jangan khawatir, Popbela punya 10 tips dan cara mengeringkan sepatu dengan cepatLet's check!

1. Coba gunakan pengering mesin cuci

footwearnews.com

Cara mengeringkan sepatu dengan cepat yang pertama kamu bisa gunakan fitur pengering di mesin cuci. Walaupun praktis, kamu tetap harus hati-hati, Bela.

Hanya beberapa model sepatu yang boleh dimasukkan ke dalam pengering mesin cuci, seperti sepatu yang terbuat dari bahan kanvas, katun, dan sintetis. Selain itu, sebaiknya sepatu yang kamu keringkan di mesin cuci hanya sepatu dengan sol yang tidak keras dan bukan dibuat dari gel.

2. Nggak hanya untuk rambut, hair dryer juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan sepatu dengan cepat

freepik.com/boyarkinamarina

Menggunakan hair dryer untuk mempercepat proses pengeringan sepatu yang basah sebenarnya cukup praktis, lho. Kamu tinggal keringkan sepatu seperti layaknya mengeringkan rambut dengan hair dryer. Cukup mudah, kan?

3. Selain hairdryer, microwave juga oke

freepik.comjannoon028

Kamu bisa memanfaatkan panas dari microwave untuk cara mengeringkan sepatu dengan cepat lho. Panas yang ada di dalam microwave dapat menguapkan kandungan air yang ada di sepatu basah.

Caranya, tinggal memasukkan sepatu ke dalam microwave selama 15-30 menit dengan suhu sedang. Jangan terlalu lama karena sepatumu bisa rusak jika ditinggal terlalu lama di dalam microwave.

4. Kipas angin bisa digunakan untuk mengeringkan sepatu basah

pexels.com/AlirezaKaviani

Punya kipas angin meja atau lantai, kamu juga bisa manfaatkan untuk mengeringkan sepatu basah. Kamu bisa akali dengan menggantungkan sepatu di sela-sela jeruji kipas angin menggunakan alat bantu yang bisa kamu temukan di rumah. Cara ini akan lebih efektif jika ukuran kipas kamu sedikit lebih besar dibandingkan ukuran sepatu.

5. Coba masukkan sepatu basah ke dalam beras

pexels.com/polina-tankilevitch

Sama halnya ketika coba mengeringkan handphone yang basah, kamu juga bisa coba cara mengeringkan sepatu dengan cepat yang lembap ke dalam beras. Beras dapat menyerap kandungan air yang ada di sepatu.

Gunakan wadah yang besar dengan beras yang cukup banyak, kemudian masukkan sepatumu dan tutup wadahnya. Jangan masukkan sepatu yang terlalu basah ya, supaya beras tidak banyak menempel di sepatu.

6. Keringkan dengan alat pengering sepatu elektrik

caremax.com

Cara yang paling cepat dan efektif dalam mengeringkan sepatu yang basah ialah dengan alat pengering sepatu elektrik yang sekarang sudah bisa kamu beli di mana-mana. Alat pengering sepatu mampu mengeluarkan udara panas yang dapat cepat mengeringkan sepatu dalam kondisi sangat basah sekalipun.

Memiliki teknologi fast dry, alat ini mampu mengeringkan sepatu yang lembap dalam waktu 1 jam, sedangkan sepatu basah dapat memakan waktu 3 jam. Selain itu, alat ini juga dapat menghilangkan bau dan bakteri yang ada di sepatu.

7. Mengeringkan sepatu tanpa merusaknya dengan koran

freepik.com

Salah satu cara mengeringkan sepatu dengan cepat dan tanpa merusak sepatu adalah dengan memakai koran serta handuk. Kamu bisa memasukan koran yang sudah kamu remas dan bentuk bulat ke dalam sepatu.

Ganti koran secara berkala agar tidak lembap. Kurang lebih sepatu bisa kering sekitar setengah hari atau bisa lama tergantung dengan tingkat kelembapannya.

8. Keringkan di dekat ventilasi kulkas

pexels.com/CharlotteMay

Cara satu ini mungkin sudah tidak asing lagi digunakan untuk menjaga sepatu tetap kering dan tidak lembap. Kamu cukup meletakkan sepatu basah di belakang kulkas dekat ventilasi.

Udara panas yang keluar dari sana akan membantu sepatu cepat kering dalam semalam. Cara ini jadi alternatif terbaik bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengeringkan sepatu.

9. Hilangkan kelembapan pada sepatu dengan handuk

freepik.com/aopsan

Handuk menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan kelembapan pada sepatu. Cara mengeringkan sepatu dengan cepat mirip dengan koran. Caranya, kamu cukup menggulung handuk kecil yang benar-benar kering.

Kemudian, masukkan gulungan handuk ke dalam sepatu. Taruh sepatu di tempat yang kering. Jika sudah dirasa cukup kering, kamu bisa mengeluarkan handuk tersebut.

10. Coba gunakan tisu toilet untuk keringkan sepatu

freepik.com

Terakhir, cara mengeringkan sepatu dengan cepat bisa dengan memanfaatkan tisu toilet. Jika sepatu kamu tidak terlalu basah, kamu bisa menggunakan tisu.

Caranya, masukkan tisu toilet yang cukup banyak ke dalam sepatu. Jangan lupa juga untuk melapisi bagian luar sepatu dengan tisu agar lebih cepat kering. Dengan cara ini, kamu meminimalisir risiko sepatu rusak.

10 cara mengeringkan sepatu dengan cepat di atas bisa kamu praktikkan dengan mudah di rumah. Jangan tunggu sampai sepatumu jadi berbau tidak sedap!

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends