Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Deretan Fakta Menarik Gaun Artis Hollywood di Met Gala 2024

Ada gaun yang terbuat dari pasir

Hafidhza Putri Andiza

Met Gala 2024 mengangkat tema dresscode “The Garden of Time,” yang terinspirasi dari cerita pendek JG Ballard tahun 1962 dengan judul yang sama. Dresscode ini mendorong para tamu untuk mengenakan pakaian tematik yang menghormati alam.

Kompak tampil totalitas dengan gaya berpakaian masing-masing, deretan artis di bawah ini memiliki cerita menarik di balik gaun yang dikenakannya. Mulai dari gaun basah kuyup hingga gaun yang terbuat dari 3 jenis pasir.

1. Tyla

wwd.com

Spesial untuk debutnya di Met Gala, Tyla tampil totalitas dengan gaun yang terbuat dari pasir. Penyanyi lagu "Water" ini menggunakan gaun strapless rancangan Balmain yang dibuat dengan tiga warna pasir dan dipadukan dengan kancing kristal mikro. Menyempurnakan penampilan di Met Gala, Tyla mengenakan tas jam pasir dan menyebarkan pasir di salah satu bagian bahunya.

2. Doja Cat

vogue.com

Doja Cat langsung mencuri perhatian sesaat tiba di Met Gala 2024 dengan keadaan basah kuyup. Bukan tanpa alasan, ternyata Doja Cat memang sengaja mengusung konsep tersebut sebagai tema outfit-nya tahun ini. Met Gala 2024 yang mengangkat tema Garden of Time ini memembuat Doja Cat menggunakan pakaian basah. "Saya tahu orang-orang akan menggunakan bunga, tapi bunga pilihan saya adalah bunga yang paling sering digunakan. Dan itu adalah kapas," ujar Doja Cat pada wawancara yang dilakukan oleh Entertainment Tonight.

Pada wawancara tersebut Doja Cat juga mengungkapkan bahwa pakaian putih mencerminkan keabadian serta rahasia di balik penampilannya yang sebenarnya tidak benar-benar diguyur air. "'Saya seharusya tidak memberikan rahasia ini, tapi ini adalah gel rambut. Ini adalah gel rambut."

3. Lana Del Rey

vogue.com

Lana Del Rey mengenakan gaun korset berbahan sutra rancangan Alexander McQueen dari koleksi Fall 2006. Seluruh detail pakaian disulam dengan tangan menggunakan cabang hawthorn perunggu batangan yang dipalu. Hal ini terinspirasi dari patina dan bentuk pahatan yang dibuat oleh seniman Swiss Alberto Giacometti. Penampilannya semakin dramatis dengan hiasan kepala menggunakan cabang hawthorn alami dan kerudung tulle tipis yang dibuat khusus untuk Lana Del Rey.

4. Zendaya

vanityfair.com

Met Gala tahun ini, Zendaya tampil ekstra dengan mengenakan 2 gaun berbeda. Pada penampilan pertama, Zendaya tampil dramatis menggunakan gaun biru rancangan John Galliano dari Maison Margiela yang disempurnakan dengan headpiece dan perhiasan dari Bvlgari. Penampilannya ini terinspirasi dari fashion show Couture 2024 Margiela.

Gaun kedua, Zendaya tampil dengan pakaian vintage dari koleksi Fall Couture tahun 1996, yang merupakan salah satu dari dua koleksi yang dirancang John Galliano untuk Givenchy. Gaun hitam tersebut dilengkapi dengan topi berdetail bunga-bunga dari koleksi Alexander McQueen tahun 2017.

5. Gigi Hadid

people.com

Gigi Hadid mengenakan gaun yang dirancang oleh Thom Browne. Pada wawancara yang dilakukan oleh Vogue, Gigi Hadid membocorkan bahwa gaun itu terbuat dari lebih dari dua juta manik-manik dan membutuhkan 5.000 jam pengerjaan. Pada lapisan luarnya membutuhkan 40 orang selama 8.500 jam untuk menyulamnya. Gaun korset dibuat oleh 20 pengrajin menghabiskan 5.000 jam untuk menyulam 2,8 juta manik-manik terompet mikro ke gaun itu.

Keseluruhan gaun ini membutuhkan waktu lebih dari 13.500 jam untuk tim yang terdiri lebih dari 70 orang untuk membuat seluruhnya dengan tangan dan akan disimpan dalam arsip permanen Thom Browne setelah Met Gala.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends