Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Model Kebaya dari Kain Batik untuk Tampil Fashionable

Nyaman dan tetap elegan

Anindita Hanadhyas

Kebaya dan kain batik jika disatukan menghasilkan perpaduan yang kaya akan budaya Indonesia. Terlebih lagi, busana batik yang identik dengan kain yang ringan dan juga adem membuat kebaya jadi lebih nyaman dipakai.

Nggak hanya untuk acara formal, kebaya dari kain batik bisa menjadi busana sehari-hari yang cocok dikenakan saat hangout hingga pergi ke kantor. Daya tarik lainnya dari berkebaya adalah penampilan jadi elegan seketika hanya dengan satu jenis atasan.

Kamu bisa memilih model serta warna yang sesuai dengan momen dan personal style kamu, Bela. Simak deretan model kebaya dari kain batik untuk tampil fashionable berikut ini.

1. Kebaya Batik Desain Kebaya Kartini Modern

shopee.co.id/kartinis.label

Model yang pertama berupa kebaya kartini modern dengan potongan yang longgar. Motif batik dengan warna pastel yang lembut menciptakan kesan feminin. Bagian kerah, lengan, dan ujung bawah ditambahkan renda yang semakin mempermanis.

Untuk acara formal, tambahkan bros pada bagian dada dan kamu bisa mengenakan rok ataupun kain batik sebagai bawahannya. Saat pergi ke kantor dan ingin lebih santai, padankan dengan denim berwarna cerah ataupun long pants warna krem.

2. Kebaya Batik Jumputan Model Kutubaru

shopee.co.id/meradelimawolu

Selanjutnya, jika ingin tampil fresh pilih kebaya berwarna cerah seperti kebaya kutubaru warna kuning. Motif batik jumputan yang fun membuat penampilan jadi ceria. Model kebaya ini anti ribet dengan angkin warna biru tua yang sudah menyatu dengan kebaya.

Kamu bisa memadukan dengan beragam jenis bawahan, seperti denim skirt, boot cut jeans, maupun kain batik. Lengkapi pakai anting mutiara atau subeng emas klasik sebagai look yang lebih rapih.

3. Kebaya Batik Kombinasi Motif

shopee.co.id/partofnonarara

Nggak hanya satu jenis motif, kreasi desain batik modern tabrak motif juga menarik dan unik. Memodifikasi dari model kebaya kutubaru, bagian depan kebaya dibuat asimetris dengan sisi sebelah kiri lebih panjang dan memiliki motif yang berbeda dari sisi kanan.

Kemudian, bagian bef atau bagian tengah kebaya diisi dengan patchwork yang menggabungkan pola dengan warna yang berbeda-beda.

Kebaya model ini mudah dipadankan dengan beragam warna bawahan yang senada dengan warna hijau, biru, pink, dan oranye pada bagian bef.

4. Kebaya Batik Model Kutubaru Modern

shopee.co.id/kartinis.label

Nggak hanya satu jenis kain, desain kebaya dengan bahan batik juga bisa diciptakan dengan memadukan beberapa bahan sehingga menghasilkan kombinasi tekstur yang memikat. Bahan transparan dengan renda ditambahkan pada sepanjang garis lipatan di dada, serta bagian belakang kebaya.

Selain itu, pada punggung dibuat tali yang berfungsi untuk mempertahankan potongan pinggang yang mempercantik siluet tubuh. Bagian bahu memiliki model puff yang modern. Kebaya desain ini cocok untuk acara semi formal hingga formal.

5. Kebaya Batik Model Encim Lengan Panjang

shopee.co.id/nonararabatik

Kebaya batik dengan warna hitam memberikan efek tegas yang elegan. Motif batik dengan warna putih terkesan minimalis dan modern. Aksen merah di bagian lengan, angkin, serta garis di dada memperhalus desain kebaya dengan warna hitam.

Kenakan celana putih atau tampil monokrom dengan bawahan hitam untuk ke kantor. Lengkapi dengan aksesori emas maupun kalung manik-manik untuk mempermanis penampilanmu.

6. Kebaya Batik Model Kartini

shopee.co.id/_binarbinar_

Kebaya dari kain batik berbahan katun yang adem cocok untuk dikenakan sehari-hari, apalagi di cuaca yang panas. Nggak perlu ribet, cukup pakai kebaya kartini modern yang longgar ini, kamu bisa tampil elegan dan modis. Pasangkan dengan jeans ataupun kain batik dengan boots untuk gaya yang trendi.

7. Kebaya Batik Modern

shopee.co.id/kartinis.label

Kebaya batik modern warna pastel dengan perpaduan dua motif ini kalem dan feminin. Di sekujur garis lipatan dada dan ujung lengan dihiasi dengan renda. Selain itu, aksen ruffle pada bagian bahu menambah kesan girly. Bagian bef ditambahkan kancing sebagai pemanis.

Padukan kebaya kutubaru ini dengan rok panjang maupun loose pants sesuai dengan kepribadian dan acara yang akan kamu hadiri. Kamu juga bisa mengenakan kain lilit batik sebagai bawahannya.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends