Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penyebab dan Cara Atasi Noda Hitam di Wajah Menurut Pakar, Catat Bela!

Coba pakai rangkaian produk ini

Asri Muspita Sari

Bela, suka bete nggak sih kalau ada dark spot atau noda hitam di wajah kita? Entah itu noda hitam bekas jerawat atau flek hitam yang disebabkan oleh hiperpigmentasi. Kondisi ini bisa bikin penampilan kita kurang menarik dan nggak percaya diri kalau keluar rumah, setuju?

Tapi tenang, Bela! Permasalahan kulit ini masih bisa diatasi kok. Kalau kamu masih bingung gimana cara menangani noda hitam di wajah, Popbela punya tips dan solusinya nih. Let’s check it out!

1. Apa itu noda hitam atau hiperpigmentasi?

Shutterstock/Doucefleur

Dermatolog sekaligus founder Nuriss Skincare & Wellness Clinics, Anita Sturnham, menuturkan bahwa hiperpigmentasi adalah kondisi kulit di area tertentu menjadi lebih gelap akibat produksi melanin (pigmen warna tubuh) yang berlebihan.

“Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit umum yang dapat memengaruhi semua jenis kulit dan usia. Kamu akan menemukan bercak atau warna kulit yang lebih gelap dari warna kulit normal. Hal ini sering ditandai dengan munculnya bercak berwarna cokelat," kata Sturnham, mengutip Byrdie.

Nah kalau di masyarakat umum, hiperpigmentasi ini sering kita sebut sebagai flek atau noda hitam, Bela.

2. Penyebab munculnya hiperpigmentasi

Shutterstock/Quality Stock Arts

Perlu Bela tahu, dark spot atau noda hitam yang muncul di area wajah nggak melulu terjadi karena bekas jerawat ya. Ada berbagai penyebab dan faktor lainnya lho. Menurut penjelasan yang Popbela rangkum dari American Academy of Dermatology (AAD), hiperpigmentasi dapat terjadi karena adanya faktor internal dan eksternal.

Beberapa di antaranya adalah akibat adanya bekas luka, inflamasi atau peradangan pada kulit, paparan sinar UV yang berlebihan, kehamilan, hingga penggunaan obat-obatan tertentu. Apapun yang menyebabkan kulit muncul bercak dan noda gelap, kondisi tersebut bisa jadi tanda-tanda hiperpigmentasi. Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Dermatolog Anita Sturnham.

"Apapun yang menyebabkan peradangan di kulit berpotensi mengirim sinyal ke melanosit (sel penghasil melanin) kita. Dan sel-sel yang memproduksi pigmen melanin coklat tersebut adalah sebagai bagian dari respons imun," jelasnya.

3. Mitos dan fakta seputar hiperpigmentasi atau noda hitam

Shutterstock/Doucefleur

Ada banyak artikel dan tips kecantikan yang membahas tentang hiperpigmentasi. Namun terkadang, informasi tersebut keliru dan berujung pada mitos. Sayangnya, banyak banget orang-orang yang percaya dengan mitos tersebut.

Ada yang bilang kalau hiperpigmentasi hanya muncul saat usia tua. Padahal, kondisi ini bisa muncul di usia berapapun lho, Bela. Bahkan nggak sedikit yang mengalaminya di usia muda karena paparan sinar matahari, iritasi kulit, atau perubahan hormon.

Ada juga mitos kalau hiperpigmentasi hanya terjadi di area wajah. Memang, dahi, hidung, pipi, dan dagu adalah area yang rentan terhadap hiperpigmentasi. Tapi, nggak menutup kemungkinan area tubuh lain seperti leher, punggung, dan upper hands juga mengalami masalah ini.

Banyak juga yang percaya kalau hiperpigmentasi dapat dihilangkan dengan air lemon. Faktanya, cara ini justru bisa memicu masalah kulit yang lebih parah. Bisa-bisa kulitmu iritasi kulit karena kandungan pH yang cukup tinggi pada lemon. Daripada pakai air lemon, lebih baik menggunakan produk skincare berkualitas yang sudah jelas-jelas aman untuk kulit.

4. Tips dan solusi menghilangkan noda hitam

Shutterstock/Liza888

Hiperpigmentasi tentu bisa disembuhkan, Bela. Hanya saja, butuh yang cukup lama dan kesabaran ekstra. Untuk mencegah dan mengurangi timbulnya noda hitam di wajah, kamu bisa mulai rutin menggunakan sunscreen. Bisa juga pergi ke klinik kecantikan atau pakai produk skincare di pasaran dengan kandungan yang tepat dan tentunya aman.

American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan Azelaic Acid, Glycolic Acid, Kojic Acid, Retinoid, dan Vitamin C. Tapi di antara kelimanya, Glycolic Acid dapat dikatakan sebagai salah satu kandungan yang terbaik. Kenapa ya? Nih, Popbela kasih penjelasannya.

Glycolic Acid merupakan salah satu asam dari golongan Alpha Hydroxy Acid (AHA). Dalam jurnal German Society of Dermatology yang diterbitkan pada 2012 lalu, mereka mengatakan bahwa AHA khususnya Glycolic Acid terbukti dapat membantu mempercepat regenerasi dan mencerahkan warna kulit.

Glycolic Acid mampu mengelupaskan kulit dan memecah sel kulit mati sehingga regenerasi kulit pun bisa terjadi lebih cepat dan efisien. Dalam studi tersebut, pasien menilai bahwa kulit mereka menjadi lebih kencang, halus, dan merasa lebih awet muda setelah memakai produk yang mengandung Glycolic Acid.

Nah, Popbela mau kasih tahu nih salah satu produk skincare yang mengandung Glycolic Acid adalah L’Oreal Paris Glycolic Bright. Skincare terbaru dari L’Oreal Paris ini mengandung 1% Clinical-Grade Brightening Glycolic Acid yang teruji secara klinis mampu memudarkan -57% noda hitam hanya dalam 4 minggu lho, Bela!

Dok. L’Oreal Paris

L’Oreal Paris Glycolic Bright ini hadir dalam serangkaian produk yang bisa kamu coba, mulai dari facial wash hingga sheet mask. Lengkap banget kan? Buat yang penasaran, simak penjelasan dari Popbela berikut ini ya. Keep reading!

Pertama ada Milky Foam Daily Cleanser, facial wash ini diklaim mampu mengangkat lapisan permukaan kulit yang menggelap. Kemudian ada pula Glowing Day Cream yang memiliki kandungan SPF 17 sehingga dapat mencerahkan dan mencegah penampakan bintik hitam.

Nggak cuma day cream, L’Oreal Paris Glycolic Bright juga punya krim malam, yaitu Glowing Overnight Cream. Krim malam ini mampu bekerja memperbaiki dan meratakan warna kulit saat kamu beristirahat di malam hari, Bela.

Dok. L’Oreal Paris

Eits, masih ada dua produk lagi nih. Kurang lengkap rasanya kalau sebuah produk skincare nggak punya produk serum. Untuk itu, L’Oreal Paris menghadirkan Instant Glowing Serum yang berfungsi mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi bintik hitam sampai ke akarnya.

And last but not least, Bela bisa melengkapi daily skincare routine dengan Glowing Serum Mask. Produk sheet mask ini diklaim mampu mencerahkan warna kulit hingga dua tingkat hanya dalam 15 menit. Wow!

Gimana Bela, tertarik untuk mencoba rangkaian produk terbaru dari L’Oreal Paris Glycolic Bright? Kalau menurut Popbela sih, rangkaian produk Glycolic Bright dari L'Oreal Paris ini worth it banget untuk dicoba! Yuk, langsung aja check out produknya di sini!

Okay Bela, itu tadi beberapa penyebab dan tips menangani hiperpigmentasi dari pakar. Mengingat proses penyembuhannya noda hitam itu nggak instan, Bela benar-benar harus sabar dan telaten ya. Asal dilakukan secara rutin, noda hitam di wajahmu akan pudar dan hilang kok. Semangat! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Skin