Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Menjaga Kulit Tetap Glowing Saat Puasa

Nggak keliatan kusam

Ajeng Dwi Damarasri

 

Saat berpuasa, kulit cenderung mengalami banyak masalah karena nggak mendapat asupan nutrisi dan cairan dalam waktu yang cukup lama. Kering, dehidrasi, kusam hingga kelupas menjadi persoalan yang paling banyak dihadapi sebagian orang. Kulit terlihat menjadi nggak sehat sehingga berpengaruh pada penampilanmu. Jangan khawatir Bela, kamu bisa meminimalisirnya dengan melakukan kebiasaan ini.

 1. Minum air sebanyak mungkin

 

Saat cairan tubuh berkurang akibat berpuasa, kulit cenderung menjadi cepat kering dan mudah keriput. Untuk mencegah dehidrasi, kamu bisa menyimpan cadangan air di malam hari setelah berbuka dan saat sahur. Selain mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas sehari, kamu juga perlu menghindari konsumsi minuman manis, soda, dan mengandung kafein karena dapat mengubah cairan dalam bentuk gas.

2. Jangan tinggalkan pelembap

 

Menghindari kulit kering dan kusam akibat berpuasa memang bukan hal yang mudah. Apalagi bila kamu berada diruangan yang dilengkapi pendingin ruangan sepanjang hari. Sebaiknya gunakan pelembap secara rutin untuk membuat kulit tetap terhidrasi. Jangan hanya digunakan setelah mandi, kamu bisa memulaskannya setiap kulit mulai terasa kering ya Bela.

3. Perhatikan juga pada area mata

 

Tubuh yang mengalami dehidrasi ternyata bisa membuat lingkaran hitam pada area mata kamu semakin jelas loh Bela. Sebaiknya jangan lupakan perawatan wajah secara keseluruhan untuk membuat tampilan kamu tetap segar. Menggunakan eye roller atau eye cream dapat membantu area mata lebih rileks dan nggak mudah lelah.

4. Hati-hati dalam mengonsumsi makanan

 

Menjelang waktu berbuka, hampir semua makanan akan terlihat enak untuk dikonsumsi. Tapi ingat, mengonsumsi sembarang makanan yang berlemak dan digoreng justru nggak baik untuk kesehatan tubuh dan kulitmu. Apalagi bila kamu meninggalkan air putih karena terlalu banyak minum-minuman manis yang dianggap lebih menyegarkan. Sebaiknya, konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Hindari makeup yang tebal

 

Pemilihan foundation dengan tekstur yang berat tentu dapat menutup pori-pori. Cuaca panas dan kulit yang kering dapat memicu masalah baru pada wajah kamu. Untuk menghindarinya, coba deh gunakan makeup yang berbahan dasar air atau menganttinya dengan BB Cream atau CC cream yang lebih ringan.

 

BACA JUGA: Biar Puasa Adem, Sejukkan Kepalamu dengan 5 Rahasia Ini

IDN Media Channels

Latest from Skin