Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak lho!

Apa saja yah kira-kira?

Vidya Nathania

Cahaya yang berasal dari alam dipercaya dapat berperan dalm mengatur hormon melatorin saat tidur. Menurut National Sleep Foundation, terpapar sinar matahari pada pagi hari dan berada di kegelapan malam hari dapat membantu dalam membangun siklus tidur yang lebih sehat. Jika Anda sibuk di depan komputer, sesekali coba untuk habiskan waktu di luar walau hanya beberapa menit.

1. Menghabiskan waktu di luar ruangan

Forbes.com

Cahaya yang berasal dari alam dipercaya dapat berperan dalm mengatur hormon melatorin saat tidur. Menurut National Sleep Foundation, terpapar sinar matahari pada pagi hari dan berada di kegelapan malam hari dapat membantu dalam membangun siklus tidur yang leboh sehat. Jika Anda sibuk di depan komputer, sesekali coba untuk menghabiskan waktu di luar walau hanya beberapa menit.

2. Kurangi porsi makan malam

besthealthmag.ca

Makan dengan porsi banyak sebelum tidur memang dapat membuatmu lebih mudah mengantuk. Namun, ketahuilah bahwa makan terlalu banyak membuat beberapa organ tubuhmu yang bekerja keras saat tubuh kalian tertidur dan inilah yang dapat membuatmu terbangun di malam hari menjadi sulit untuk tidur.

3. Hindari olahraga beberapa jam sebelum tidur

sleepadvisor.org

Beberapa orang mengira bahwa dengan melakukan olahraga beberapa jam sebelum tidur dapat membuat tubuh terlelah dan tidur pun semakin nyenyak. Namun faktanya, hal tersebut bisa membuat tubuhmu tetap terjaga sepanjang malam lho. Karena itu olahraga sebaiknya dilakukan sore atau pagi hari ya.

4. Stop bermain ponsel sebelum tidur

shutterstock.com

Cahaya dan radiasi yang dipancarkan dari ponsel dapat mengganggu kemampuan otak dalam menghasilkan melatonin kimia yang berfungsi untuk mendorong tidur. Sehingga hal inilah yang dapat mengganggu kualitas tidurmu, sebaiknya matikan ponselmu 1 atau 2 jam sebelum tidur dan ganti dengan kegiatan seperti membaca buku atau latihan pernapasan dalam.

5. Tetap jaga suhu tubuhmu

travelfashiongirl.com

Saat akan tidur, pastikan terlebih dahulu suhu ruanganmu sudah tepat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Hindari juga penyebab suhu tubuh meningkat seperti penggunaan pakaian ketat yang juga dapat menjadi tempat sempurna untuk berkembangnya bakteri penyebab ruam pada tubuh.

Semoga 5 tips ini dapat membantu tidurmu lebih nyenyak!.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health