Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Sepelekan Migrain! Ini 5 Fakta Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Pernah mengalaminya? Wajib baca!

Vidya Nathania

Sakit kepala sebelah atau yang biasa dikenal dengan sebutan migrain, menjadi salah satu penyakit yang dianggap tak terlalu serius. Tapi tahu nggak sih, kalau migrain ternyata tidak seperti yang kita bayangkan lho. Dalam beberapa kasus, banyak orang yang juga harus dirawat di rumah sakit karena migrain. Kok bisa? Berikut ulasannya ya.

1. Migrain cukup sulit untuk diatasi

refinery29.com

Banyak yang berpikir bahwa untuk mengatasi migrain cukup dengan meminum obat sakit kepala, namun nyatanya tak semudah itu. Beberapa dokter mengatakan bahwa saat mereka akan mengobati pasien yang terkena migrain, mereka sedikit kebingungan saat akan merekomendasikan obat tertentu. Pasalnya, setiap orang memiliki reaksi akan obat migrain dan juga efek samping, itulah yang menjadi suatu pertimbangan besar.

2. Perempuan lebih mudah diserang migrain

shutterstock.com

Walaupun migrain menyerang siapapun tanpa memandang usia dan gender, namun umumnya migrain lebih mudah terjadi pada perempuan. Perbandingan antara perempuan dan lelaki, 17% dibanding 6%. Hal itu terjadi karena salah satu pemicunya adalah menstruasi yang biasanya terjadi karena faktor genetik. Namun pemicu umum lainnya seperti minum alkohol, kurang tidur dan stres.

3. Bukan sakit kepala biasa

allure.com

Saat migrain menyerang, kebanyakan orang biasanya meminum obat dan langsung tidur. Faktanya, seorang ahli saraf, Michelle Molina, M.D. mengatakan bahwa kamu tak boleh menyepelekan sakit kepala yang satu ini. Karena ada beberapa kasus migrain yang dapat menyerang saraf lainnya dan sangat mengganggu aktivitas. Maka itu jika migrain menyerangmu, segera lakukan penanganan khusus.

4. Dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya

kineticedgpet.com

Walaupun migrain hanya dikategorikan sebagai sakit kepala, namun penyakit yang satu ini bisa mempengaruhi lebih dari sekedar kepala. Migrain yang berasal dari perubahan yang terjadi di otak, menyebabkan ketegangan pada otot, perut mual dan menurunnya sensitivitas suara dan cahaya.

5. Migrain tak dapat dihindari

rawstory.com

Nyatanya, sakit kepala yang satu ini terjadi secara biologis dan tak dapat dihindari dengan cara seperti itu. Namun, meminimalisirnya, kamu bisa mencoba gaya hidup sehat seperti olahraga teratur, tidur yang cukup, mengonsumsi makanan sehat juga selalu menjaga berat tubuh.

Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health