Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ikuti 7 Cara Menjaga Area Pernapasan yang Baik dan Benar

Penting banget untuk dilakukan.

Vidya Nathania

Di tengah meningkatnya perkembangan teknologi dan mesin pada era modern ini, tak dapat dipungkiri bahwa polusi pun juga semakin meningkat. Tentu peningkatan polusi udara seakan tak memberi ruang bagi mahluk hidup untuk bisa bernapas. 

Di samping cara mengatasinya dengan berupaya melakukan kegiatan yang mengurangi polusi udara, jangan lupa juga untuk melakukan cara menjaga area pernapasan agar dapat mempertahankan kesehatan area pernapasan seperti beberapa langkahnya yang bisa kamu lakukan!

1. Banyak minum air putih

DI tengah aktivitas yang padat dan mengonsumsi berbagai jenis makanan, tak dapat dipungkiri jika terdapat beberapa racun di dalam tubuh yang dapat memengaruhi kesehatan area pernapasan. Salah satu cara cara menjaga area pernapasan yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih sebagai bagian dari detoksifikasi tubuh.

2. Hindari mencium aroma yang tajam

Jangan sepelekan dengan berbagai macam aroma, jika kamu ingin melakukan cara menjaga area pernapasan, sebaiknya hindari untuk mencium jenis aroma tajam yang dapat merusak indra penciuman menjadi melemah dalam mendeteksi suatu bau. Aroma yang tajam tak hanya merupakan aroma yang tak sedap, tetapi aroma yang harum pun bisa disebut sebagai bentuk aroma yang tajam dan cara mudah untuk menetralkan kembali indra pernapasanmu yaitu dengan mencium aroma kopi.

Factinate.com

3. Selalu gunakan masker saat sedang beraktivitas di luar

Cara menjaga area pernapasan yang juga wajib kamu lakukan ketika hendak beraktivitas di luar ruangan ialah dengan selalu menggunakan masker yang dapat memfilter udara saat kamu hendak bernapas. Pilihlah jenis masker yang memiliki tekstur kain yang tebal agar debu dan polusi tak dapat menerobos hidung dan merusak area pernapasanmu.

4. Jangan lupa untuk selalu membersihkan ruangan di sekitarmu

Melakukan cara menjaga area pernapasan tak hanya ketika kamu hendak melakukan aktivitas di luar ruangan, tetapi juga dapat kamu lakukan saat sedang berada di dalam ruangan seperti di tempat kerja maupun di rumah. Caranya tentu kamu dapat selalu menjaga kebersihan ruangan sekitarmu dari debu dan kotoran yang menempel.

joshchow.com

5. Jagalah kebersihan udara

Pasti kamu cukup bingung saat melihat cara menjaga area pernapasan yang satu ini? Tak perlu bingung ya, Bela. Karena menjaga kebersihan udara yang dimaksud ialah dengan memperbanyak tumbuhan di sekitarmu agar dapat menciptakan udara yang segar sehingga pernapasanmu dapat menghirup udara yang sedikit lebih baik.

6. Rajin berolahraga

Langkah cara menjaga area pernapasan yang dapat dilakukan tak melulu soal menjaga indra penciuman dari bau, kotoran, debu, dan polusi, tetapi juga melakukan upaya dalam menjaga kesehatan paru-paru dengan rutin berolahraga. Jenis olahraga yang baik untuk area pernapasanmu yaitu seperti jogging, gym, yoga, dan beberapa jenis olahraga lainnya.

Goop.com

7. Hindari kebiasaan buruk yang merusak area pernapasan

Untuk melengkapi cara menjaga area pernapasan, sebaiknya kamu juga wajib untuk menghindari beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan area pernapasanmu menjadi lebih buruk. Beberapa kebiasaan buruk tersebut ialah seperti merokok, menggunakan vape, hobi mencium aroma parfum dalam jangka waktu yang lama, serta meminum alkohol.

Jadi, buat kamu yang ingin selalu memiliki area pernapasan yang sehat, jangan lupakan beberapa cara menjaga area pernapasan yang sudah diulas secara singkat di artikel yang satu ini. Semoga artikelnya bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health