Peran jantung untuk tubuh, sangatlah penting. Jantung yang merupakan organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh ini pun penting dijaga kesehatannya. Jika tidak, maka besar kemungkinan seseorang dapat terserang penyakit jantung yang dikenal sebagai salah satu penyakit yang cukup fatal dan bisa menyebakan kematian. 

Untuk menghindari hal tersebut, mulailah melakukan gaya hidup yang sehat seperti menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi, serta lakukan kegiatan olahraga secara rutin. Buat kamu yang ingin tahu jenis olahraga apa saja yang bekerja untuk menjaga kesehatan jantung, Popbela akan memilih beberapa olahraga yang terbaik untuk bisa kamu coba Bela.

1. Jalan cepat

Termasuk ke dalam jenis olahraga yang baik untuk jantung, jalan cepat sangatlah mudah untuk kamu lakukan. Tak melulu harus kamu lakukan di lapangan atau taman, kamu pun juga dapat melakukannya sembari melakukan aktivitas sehari-hari lho!

2. Jogging

Setelah jalan cepat, kamu dapat melanjutkannya dengan mengikuti jenis olahraga yang baik untuk jantung yaitu jogging. Perbanyak gerakan yang menggunakan kaki dapat memperkuat jantungmu karena saraf jantung paling banyak berada di area kaki.

Kenali 7 Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantunggood2grand.com.au

3. Bersepeda

Jika kamu tak begitu suka jalan atau jogging, mungkin kamu bisa melakukan jenis olahraga yang baik untuk jantung ini. Gerakan yang kamu lakukan saat bersepeda dapat mempercepat kerja jantungmu sehingga dapat memompa darah dengan sempurna. Selain itu, bersepeda pun merupakan salah satu jenis olahrga yang cukup menyenangkan untuk dilakukan.

4. Berenang

Tak hanya baik untuk kesehatan paru-paru, berenang juga termasuk ke dalam salah satu jenis olahraga yang baik untuk jantung. Gerakannya bermanfaat untuk memperkuat dinding jantung sehingga jantungmu menjadi lebih kuat.

Kenali 7 Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantungfashiongonerogue.com

5. Senam aerobik

Siapa bilang senam aerobik hanya untuk bersenang-senang saja? Walaupun kelihatannya senam aerobik adalah olahraga yang mirip seperti tarian, tetapi ternyata juga dapat bekerja untuk kesehatan jantungmu jika dilakukan dengan ruitn. Oleh sebab itu, senam aerobik pun disebut sebagai salah satu jenis olahraga yang baik untuk jantung.

6. Yoga

Tak melulu harus melakukan gerakan yang ekstra, jenis olahraga yang baik untuk jantung juga dapat dilakukan dengan gerakan olahraga yang ringan dan santai seperti yoga. Dengan manfaat yang segudang, yoga pun juga dapat membuat jantung lebih kuat dan nafas pun lebih segar.

Kenali 7 Jenis Olahraga yang Baik untuk JantungPopSugar.com

7. Push-up

Jangan diragukan lagi, push-up pun kerap disebut sebagai jenis olahraga yang baik untuk jantung. Hal tersebut dikarenakan gerakan push-up dapat memicu jantung untuk berdetak lebih cepat dari biasanya dan melatih otot jantung untuk bekerja lebih kuat.

Wah, jadi beberapa jenis olahraga yang baik untuk jantung yang sudah Popbela rekomendasikan ternyata baik sekali untuk menjaga kesehatan jantung ya, Bela. Yuk, dicoba!

Baca Juga: Nggak Nyangka, 5 Gerakan Olahraga Ini Bisa Bikin Tubuh Lebih Langsing