Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biar Nggak Mengganggu, Kenali Cara Mengatasi Flu dengan Cepat

Sembuh nggak pakai lama!

Vidya Nathania

Walau termasuk penyakit yang umum dan masih tergolong ringan, namun flu benar-benar dapat menggangggu aktivitas yang kamu lakukan. Rasa pusing yang disebabkan hidung tersumbat dan peradangan pada tenggorokan menjadi sesuatu yang sangat menyebalkan. Meminum obat seringkali menjadi cara satu-satunya yang dipilih kebanyakan orang. Padahal ada beberapa cara mengatasi flu dengan cepat tanpa melulu minum obat. Ingin tahu selengkapnya? Ikuti terus artikelnya sampai habis ya!

1. Hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih

findatopdoc.com

Satu-satunya kunci terbaik untuk mengeluarkan racun penyakit dalam tubuh adalah banyak minum air putih karena dapat menghidrasi tubuh dengan sempurna. Racun virus penyebab flu juga akan dikeluarkan melalui urin dan keringat, untuk itulah perlunya untuk banyak minum air putih sebagai pendorong cairan yang keluar dari dalam tubuh.

2. Tidur yang cukup

psu.edu

Saat kamu terserang flu, sebaiknya kamu harus memerhatikan jam tidurmu ya. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, tubuhmu akan semakin rileks dan meregenerasi sel-sel tertentu sehingga tubuhmu dapat pulih dengan cepat. Minimal waktu tidur yang baik berkisar 7-8 jam ya, kalau kurang dari itu jangan heran kalau flu-mu tak kunjung sembuh.

3. Mengonsumsi vitamin C

medicalnewstoday.com

Salah satu cara mengatasi flu dengan cepat adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Walau cara alami lebih sehat, namun terkadang jumlah vitamin C yang dibutuhkan masih kurang dalam menyembuhkan flu. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen yang tentunya aman dikonsumsi. Karena vitamin C dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan juga menghentikan virus penyebab flu sehingga flu dapat sembuh dengan cepat.

4. Perbanyak mengonsumsi makanan yang sehat

medicalnewstoday.com

Mesti terkesan sangat simple, namun makanan sehat yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dapat membantu tubuh semakin lebih sehat dan mengatasi berbagai virus yang terdapat dalam tubuh termasuk virus penyebab flu. Untuk itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan ya.

5. Hindari makanan yang mengandung gula

aameda.org

Tahu nggak sih, menurut beberapa peneliti, kalau makanan dengan kandungan gula dapat mengacaukan sistim kekebalan tubuh dan dapat membuat tubuh kita sangat rentang terhadap virus penyebab flu. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan yang manis dan tinggi gula saat flu ya Bela!

Ternyata cara mengatasi flu dengan cepat sangatlah sederhana dan mudah untuk dilakukan ya? Buat kamu yang sedang mengalami flu, coba ikuti 5 cara di atas secara perlahan ya. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Health