Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Air Rebusan Pare Bagi Kesehatan

Tak Sepahit Rasanya

Syarifah Noer Aulia

Rasanya yang pahit dan aroma yang kurang sedap membuat pare jarang diminati. Namun, beberapa mengungkapkan bahwa pare menambah kenikmatan dalam seporsi siomay. Sebagai sayuran yang tumbuh subur di Indonesia, Kandungan nutrisi, magnesium, mangan, potassium sang, vitamin A, B, dan C, pada pare kerap menjadi alternatif makanan maupun minuman yang berkhasiat.  

Ahli pengobatan asal Beijing, Tiongkok pernah mengungkapkan bahwa hasil rendaman pare di dalam air panas mengandung alkali yang baik untuk tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat air rebusan pare yang bisa kamu dapatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuhmu.

1. Meredakan asma

Freepik.com

Seseorang yang mengidap peradangan pada saluran pernapasan alias asma dianjurkan untuk mengonsumsi air rebusan pare. Karena sayuran pahit ini juga mengandung anti inflamasi, anti virus dan anti histamin yang membantu saluran pernapasan lebih luas sehingga penderita asma bisa bernapas lebih lega dan lancar. 

2. Mengobati diabetes

Diabetesaustralia.com

Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Tapi kamu tak perlu khawatir, demi menyeimbangkan kadar gula dalam darah cukup mengonsumsi air rebusan pare. Kandungan nutrisi pare bisa dijadikan sebagai insulin yang ampuh menurunkan kadar gula dalam tubuh. Air rebusan pare yang panas akan membentuk charantin untuk meningkatkan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen pada otot, hati dan jaringan lemak. 

3. Menurunkan kolesterol

Freepik.com

Air rebusan pare juga bisa membantu seseorang yang memiliki kolesterol tinggi. Rasa pahit pare berperan sebagai anti inflamasi yang akan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, hal ini perlu diimbangi dengan pola hidup yang sehat seperti, berhenti makan gorengan, rutin olahraga dan mengelola stres dengan baik. 

4. Bisa bikin kurus

Freepik.com

Siapa sangka pare termasuk dalam pilihan sayuran yang cocok dikonsumsi saat diet. Kandungan vitamin A, B6, B12, C, D, kalium, natrium, kalsium, zat besi, magnesium, serat dan protein mampu mempercepat dan melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, pare memiliki serat tinggi sehingga dapat menambah kebutuhan kalori rendah. Dengan begitu, pertumbuhan lemak baru sukar terjadi. 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pexels.com/Nathan Cowley

Di masa pandemi virus corona, air rebusan pare juga bisa diandalkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi mampu melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Sebaiknya kamu rutin minum air rebusan pare saat pagi hari. 

6. Melancarkan pencernaan

Freepik.com

Siapa yang suka mengalami sembelit? Bisa jadi kondisi ini disebabkan tubuh kekurangan serat. Air rebusan pare mengandung protein dan serat yang tinggi yang dapat merangsang pergerakan peristaltik pada saluran cerna. 

7. Memperlambat penuaan kulit

Freepik.com

Tak perlu melakukan perawatan dengan biaya tinggi demi mengencangkan kulit. Kamu hanya memerlukan segelas air rebusan pare yang diminum rutin setiap pagi. Rasa pahit pare menyimpan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas penyebab keriput. Dengan begitu, kamu bisa memperlambat proses penuaan dari sekarang. 

Itulah ragam macam manfaat air rebusan pare untuk kesehatan. Meskipun terkenal pahit, ternyata memiliki segudang manfaat ya Bela! Kamu tertarik mencobanya? 

IDN Media Channels

Latest from Health