Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Atasi Masalah Mulut Kering dengan 7 Makanan Ini Yuk!

Coba konsumsi no. 4 deh!

Rizkya Dian Maharani

Mulut yang sering terasa kering memang bikin nggak nyaman, ya. Mulut jadi berasa pahit bahkan bisa membuat bau mulut yang tidak sedap. Penyebab utama mulut terasa kering adalah kurangnya produksi air liur. Maka dari itu, memang sebaiknya mengonsumsi air putih hingga 8 gelas setiap hari. Nah, ternyata ada beberapa makanan yang juga bisa menambah produksi air liur supaya mulut kamu nggak terasa kering, nih. Coba simak yuk!

1. Apel

cnbc.com

Makan apel dapat merangsang aktivitas kelenjar yang memproduksi air liur dan melembapkan mulut kamu. Selain mengunyah buah apel, minum jus apel juga bisa jadi pilihan untuk melembabkan mulut. Tapi, kandungan asam dari apel bisa merusak gigi kamu. Jadi, jangan lupa minum air putih setelah mengonsumsi apel agar keseimbangan pH di mulut tetap terjaga.

2. Cuka apel

organicspamagazine.com

Ternyata cuka apel bisa berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Kamu bisa pakai cuka apel sebagai mouthwash alami yang bisa menyegarkan napas dan membuat area mulut jadi lebih lembap. Kamu bisa coba menuangkan satu sendok teh cuka apel ke dalam air, lalu kumur-kumur secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Keju

cliqq.co.uk

Apakah kamu pecinta keju, Bela? Kalau iya, kamu pasti senang karena keju memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mulut. Keju dapat menetralkan keasamaan air liur di mulut sekaligus bisa menambah produksi air liur. Keju juga mengandung mineral yang sangat baik untuk kesehatan gigi karena terdapat protein dan kalsium di dalam keju.

4. Sayuran yang kenyal

pinterest.com

Sayuran yang memiliki tekstur kenyal ternyata dapat merangsang produksi air liur, lho. Misalnya, sayuran seperti wortel, mentimun dan seledri yang punya banyak kandungan air untuk menjaga kelembapan mulut kamu.

5. Citrus

pinterest.com

Kandungan citrus atau zat asam dapat ditemukan di beberapa buah, seperti lemon, anggur, jeruk, dan kiwi. Tapi saat kamu mengonsumsi buah dengan kandungan citrus yang tinggi, mulut kamu bisa berasa berkerut. Kamu bisa minum susu setelahnya untuk menetralisir rasa asam tersebut.

6. Makanan pedas

picfair.com

Rasa pedas di mulut ternyata bisa merangsang kelenjar air liur dimana dapat mengatasi mulut yang terasa kering. Sebenarnya, kamu nggak perlu memakan cabai atau sambal secara langsung untuk menciptakan rasa pedas. Kamu bisa menambahkan jahe atau merica di hidangan kamu agar terasa pedas.

7. Endive

planasa.com

Endive adalah sejenis sayuran yang bentuknya mirip dengan daun selada. Sayuran ini mampu mengaktifkan kelenjar air liur kamu. Sayur endive memiliki rasa pahit dan bisa dikonsumsi matang ataupun mentah.

IDN Media Channels

Latest from Health