Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-Hati! Salah Memilih Bra Bisa Sebabkan 7 Hal Ini

Memiliki banyak dampak buruk, lho!

Jasmine Mentari Rizki

Bra tentu menjadi salah satu fashion item penting bagi para perempuan. Ketika memilih bra, biasanya banyak pertimbangan yang dilakukan. Mulai dari harga, bahan, hingga motif. Nah, bukan hanya tiga hal tersebut, pastikan kamu juga memilih ukuran yang tepat ya, Bela. Sebab, ukuran bra yang nggak pas bisa memberi dampak buruk pada kesehatan, lho. Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. Nyeri pada Bahu dan Leher

pixabay.com/@tumisu

Bra yang tidak pas akan meninggalkan jejak bekas bra di punggung dan di bawah payudara. Selain itu, ukuran yang nggak tepat memberikan tekanan bagi otot-otot tubuh yang menyebabkan rasa nyeri pada area sekitar bahu dan leher. Nggak hanya itu, ukuran yang nggak tepat, terlalu sempit misalnya, akan menghambat peredaran darah yang membuat kamu semakin tidak nyaman. 

2. Nyeri Pada Punggung

istockphoto.com

Sering mengalami nyeri pada bagian belakang tubuhmu? Ini bisa jadi ukuran bra yang kamu gunakan kurang sesuai. Menggunakan bra yang terlalu ketat akan menimbulkan tekanan pada tulang bagian belakang yang berakibat sakit punggung. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pada tulang rusuk dan otot punggung yang menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, otot-otot punggung harus kerja lebih keras untuk bisa menopang payudara yang membuat punggung menjadi sakit.

3. Nyeri Pada Tangan dan Lengan

istockphoto.com

Ukuran bra yang kurang tepat dan membuat aliran darah menjadi kurang lancar juga menimbulkan rasa nggak nyaman serta nyeri pada lengan dan juga tangan, lho. Pernah mengalaminya, Bela?

4. Payudara Menjadi Kendur

freepik.com

Menggunakan bra dengan ukuran yang nggak tepat mengakibatkan jaringan halus di area payudara meregang lebih cepat. Hal ini pun berakibat payudara menjadi mudah kendur dan tidak lagi kencang.

5. Sakit Kepala

istockphoto.com

Otot leher dan otot punggung bekerja dua kali lipat ketika menggunakan ukuran bra yang tidak tepat hasilnya. Hasilnya leher memiliki beban lebih banyak sehingga mengakibatkan sakit kepala pada bagian belakang.

6. Masalah Kulit

washingtonpost.com

Memilih ukuran bra yang tidak sesuai akan mengakibatkan lecet karena bra terus bergesekan dengan kulit. Nggak cuma itu, gesekan yang terjadi antara bra dan kulit juga menyebabkan keringan berlebih yang memicu iritasi yang bisa muncul akibat timbulnya jamur dan bakteri.

7. Penurunan Postur tubuh

istockphoto.com

Ukuran bra yang tidak sesuai juga cenderung membuat posisi tubuh lebih sering bungkuk ke depan. Hal ini tentunya membuat postur tubuh menjadi buruk. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih bra dengan ukuran yang tepat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health