Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Kenapa Payudara Terasa Nyeri dan Sakit

Hati-hati ladies!

Jasmine Mentari Rizki

Payudara terasa sakit bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya bisa jadi tanda terkena penyakit kanker. Akan tetapi, payudara yang nyeri ternyata tidak selalu berhubungan dengan penyakit tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab payudara terasa nyeri dan sakit selain kanker. Simak di bawah ini ya!

1. Ukuran bra tidak sesuai

nymag.com

Ukuran bra yang tidak sesuai bisa menyebabkan banyak dampak buruk lho. Ukuran yang terlalu kecil akan membuat punggung dan payudara terasa sakit karena adanya tekanan yang menyebabkan aliran darah kurang lancar. Sedangkan ukuran yang terlalu besar bisa menyebabkan nyeri dan payudara yang mengendur.

2. Perubahan hormon dan siklus menstruasi

freepik.com/atlascompany

Siklus menstruasi juga ikut memengaruhi keadaan payudara lho. Masih berhubungan dengan hormon, nggak jarang saat menstruasi payudara terasa bengkak atau jadi lebih besar. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri jadi ada. Tapi, nggak perlu khawatir, Bela, sebab ketika menstruasi berakhir, payudaramu juga akan kembali normal.

3. Cedera pada bagian dada

healthcentral.com

Olahraga yang berlebihan, apalagi tanpa melakukan pemanasan atau peregangan bisa jadi penyebab sakit pada payudara. Olahraga yeng berlebihan membuat otoot bekerja lebih keras sehingga bukan tidak mungkin ada otot yang tertarik terlalu kencang. Hal inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada payudara muncul.

4. Adanya peradangan pada payudara

istockphoto.com

Payudara juga bisa menjadi salah satu tempat terjadinya infeksi lho. Walaupun biasanya terjadi pada perempuan yang sedang menyusui (karena terjadinya reaksi terhadapa puting), namun kamu yang belum pernah menyusui pun bisa mengalaminya lho. Hal ini biasanya ditandai dengan kemerahan di sekitar puting. Nggak jarang beberapa orang juga mengalami demam seperti akan terkena flu. Segera periksakan ke dokter jika kamu mengalaminya ya.

5. Pola makan tak sehat

istockphoto.com

Pola makan yang kurang sehat juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara lho. Hal ini bisa terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula dan kafein yang tinggi. Agar hal ini tak terjadi, yuk atur pola makan dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

6. Mengonsumsi obat tertentu

istockphoto.com

Penggunaan obat-obatan seperti antidepresan dan pil KB hormonal juga bisa jadi penyebab payudara terasa sakit. Jika kamu merasakan payudara menjadi nyeri setiap mengonsumsi obat-obatan tersebut, ada baiknya segera perikasakan diri ke dokter ya, Bela!

7. Struktur Payudara

istockphoto.com

Biasanya rasa nyeri diawali dari area sekitar payudara, lalu kemudian baru menyebar ke payudara. Jika rasa nyeri semakin mengganggu, segera periksakan dirimu ya!

Itu tadi tujuh hal yang mungkin jadi penyebab payudara terasa nyeri, sakit dan kencang. Jika kamu kerap mengalami rasa sakit yang kian mengganggu, segera periksakan dirimu ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health