Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Walaupun Seram, Ini 4 Manfaat Menonton Film Horor

Ada penelitiannnya juga lho!

Ficca Ayu Saraswaty

Menonton film menjadi kegiatan yang menyenangkan terutama untuk pekan liburan atau menghabiskan weekend bersama keluarga dan teman-teman. Berbagai genre film pun cukup diminati mulai dari action, drama, komedi, fantasi, hingga horor. Film horor sendiri masih menuai pro dan kontra di masyrakat, ada yang suka dan ada pula yang takut. 

Alasan utama menolak menonton film horor yakni efek yang ditimbulkan setelah itu, menghabiskan malam kamu dengan perasaan takut. Namun, tahukah kamu Bela kalau film horor ternyata juga bermanfaat untuk kesehatanmu, lho. Penelitian menunjukkan bahwa film horor dapat memberikan 4 manfaat berikut ini. Apa saja manfaat menonton film horor? simak dibawah ini.

1. Meningkatkan imunitas / kekebalan tubuh

unsplash.com

Terdengar aneh, namun berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh Coventry University memang membuktikan demikian. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari penonoton sebelum, selama, dan setelah mereka menonton film horor. Temuan yang didapat yakni adanya peningkatan leukosit yang berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap penyakit menular. Ahli imunologi di University College London, Natalie Riddell, juga berpendapat bahwa film horor bisa memicu respon fight-or-flight dan mendorong pelepasan hormon adrenalin yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

2. Kalori yang ada di tubuh terbakar

unsplash.com

Good news buat kamu yang memiliki kelebihan berat badan nih. Penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster menunjukkan bahwa duduk selama 90 menit selama menonton film horor dapat membakar lebih banyak kalori sekitar 113 kalori daripada film dengan genre lainnya. Jumlah kalori yang dibakar tersebut sama halnya saat kamu berjalan selama 30 menit. Wah lumayan juga ya, Bela!

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

unsplash.com

Rasa takut saat menonton film horor akan berpengaruh ke denyut jantung. Hal ini dibernarkan oleh penelitian yang memantau denyut jantung, pasokan oksigen, dan keluaran karbon dioksida pada penonton film menunjukkan bahwa denyut jantung penonton terpantau meningkat saat menonton film menakutkan dan ini juga mengakibatkan hormon adrenalin meningkat. Hormon adrenalin inilah yang bisa meningkatkan tingkat metabolisme tubuh, sehingga energi yang tersimpan dalam tubuh kamu lebih cepat untuk terbakar atau digunakan.

4. Berfungsi sebagai katarsis

unsplash.com

Film horor juga dapat berperan sebagai katarsis, yakni sebagai penyalur kecemasan kamu. Dalam sesi wawancara dengan Broadly, Dr. Mathias Clasen menjelaskan tentang bagaimana film horor bisa membantu kamu mengatasi kekhawatiran atau kecemasan. Studi juga menunjukkan bahwa kecemasan yang disebabkan oleh film memiliki hubungan positif dengan beberapa bagian otak. 

Selain itu, katarsis berguna untuk memberikan pelepasan emosional karena frustasi atau rasa yang terpendam. Misalnya, saat kamu sedang stres, cara berfungsi untuk ‘pelampiasan stres’ kamu untuk menemukan kesenanganmu kembali. Emosi kamu yang terpendam mungkin bisa dikeluarkan dengan cara ini, Bela. 

Itulah beberapa manfaat menonton film horor yang harus kamu tau. Semoga bermanfaat ya, Bela!

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Health